Kunjungi Kampus Politeknik PU, Ini Pesan Menteri Basuki ke Mahasiswa

Saat ini Kementerian PUPR tengah mengembangkan pembangunan gedung baru kampus Politeknik PU di Jalan Soekarno Hatta, Kota Semarang.

Kunjungi Kampus Politeknik PU, Ini Pesan Menteri Basuki ke Mahasiswa

SOLOPOS.COM - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau Kampus Politeknik PU di kompleks Universitas Diponegoro, Kota Semarang, Jumat (11/6/2021). (Istimewa)

Solopos.com, SEMARANG -- Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau Kampus Politeknik PU di kompleks Universitas Diponegoro, Jalan Prof. Soedarto, SH, Tembalang, Kota Semarang, Jumat (11/6/2021).

Dalam kesempatan tersebut, Menteri Basuki menyaksikan kegiatan mahasiswa angkatan 2020 yang sedang melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) sekaligus memberikan semangat dan motivasi kepada mereka.

"Saya berharap setelah selesai pendidikan ini mahasiswa siap bekerja sesuai keterampilan yang dipelajari selama menimba ilmu di Kampus Politeknik PU ini," kata Menteri Basuki.

Baca Juga: Joss... Raja Kuliner Wong Solo Ditunjuk Siapkan 5 Juta Paket Makanan untuk PON 2021

Menteri Basuki berharap agar nantinya lulusan Politeknik PU dapat bekerja membantu percepatan pembangunan infrastruktur di Indonesia untuk mengejar daya saing bangsa di tingkat global.

Kepada Mahasiswa D3 Jurusan Teknologi Konstruksi Jalan dan Jembatan, Menteri Basuki juga menyampaikan pendidikan yang diterima mahasiswa diperlukan untuk proses konstruksi pembangunan jembatan-jembatan gantung di Indonesia.

Direktur Politeknik PU Prof. Indratmo Soekarno mengatakan, Politeknik PU merupakan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) rintisan baru di bawah Kementerian PUPR.

Tahun 2019 Politeknik PU telah memulai kegiatan belajar mengajar setelah diterbitkan Surat Keputusan Menristekdikti Nomor 1159/KPT/I/2018 tentang Izin Pembukaan Program Studi Dalam Rangka Pendirian Politeknik Pekerjaan Umum di Kota Semarang.

Baca Juga: Pemprov Jateng Pantau Prokes Perusahaan Padat Karya

“Politeknik PU merupakan salah satu bentuk terobosan Kementerian PUPR untuk memenuhi kebutuhan dunia industri akan Sumber Daya Manusia [SDM] bidang konstruksi yang terampil. SDM terampil ini sangat diperlukan dalam menghadapi persaingan global yang menuntut penggunaan teknologi tinggi dan standar kualitas pekerjaan yang semakin baik dalam pembangunan infrastruktur,” terang Indratmo.

3 Prodi Vokasi

Politeknik PU terdiri dari tiga program studi vokasi yakni D3 Teknologi Konstruksi Bangunan Air, D3 Teknologi Konstruksi Jalan dan Jembatan, dan D3 Teknologi Konstruksi Bangunan Gedung.

Tahun 2019 Politeknik PU telah menerima mahasiswa sebanyak 148 orang dan tahun 2020 sebanyak 145 orang."Diharapkan pada tahun 2021 ini Politeknik PU dapat menerima mahasiswa sebanyak 150 orang," terangnya.

Sejak berdiri tahun 2019, Kampus Politeknik PU berada di kompleks Universitas Diponegoro, Jalan Prof. Soedarto, SH, Tembalang, Kota Semarang. Bangunan kampus terdiri dari 2 gedung yang masing-masing memiliki tiga lantai. Gedung pertama berkapasitas 50 orang terdiri 5 ruang kelas dan 1 ruang perpustakaan dan gedung kedua berkapasitas 25 orang, terdiri dari 12 ruangan (1 ruangan untuk transit pengajar/ dosen).

Politeknik PU memiliki 6 laboratorium bekerja sama dengan Universitas Diponegoro yakni Laboratorium Komputer, Laboratorium Gambar, Laboratorium Mekanikal Tanah, Laboratorium Bahan dan Struktur, Laboratorium Hidrolika, dan Laboratorium Bahasa, serta 7 workshop.

Baca Juga: Ternyata Ada 29 Bule yang Menetap di Solo, dari Mana Asalnya?

Saat ini Kementerian PUPR melalui Direktorat Prasarana Strategis, Ditjen Cipta Karya tengah mengembangkan pembangunan gedung baru kampus Politeknik PU di Jalan Soekarno Hatta, Kota Semarang dengan memanfaatkan lahan Ditjen Bina Marga seluas 30 hektare.

Bangunan gedung baru terdiri dari ruang direktorat dengan 4 lantai seluas 4.520 m2 dilengkapi area parkir seluas 1700 m2 berkapasitas 47 mobil, gedung auditorium seluas 2.448 m2 dilengkapi lahan parkir berkapasitas 16 mobil, gedung UKM seluas 3.540 m2 dengan 5 lantai, Masjid 1 lantai, dan lapangan upacara serta sarana olahraga Gate Ball.

Di area kampus Politeknik PU tersebut juga dibangun Asrama Mahasiswa bertingkat 10 lantai dilengkapi parkir berkapasitas 165 mobil yang dikerjakan oleh Ditjen Perumahan.

Hadir pada kesempatan tersebut, Direktur Jenderal Bina Marga Hedy Rahadian, Jafung Perekayasa Utama Bidang SDA Arie Setiadi Moerwanto, Staf Ahli Bidang Teknologi, Industri, dan Lingkungan Endra S. Atmawidjaja, Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jawa Tengah - D.I Yogyakarta Satrio Sugeng Prayitno, dan Direktur Politeknik PU Prof. Indratmo Soekarno.

Berita Terkait

Berita Terkini

3 Wilayah di Jateng Ini Diprediksi Lebih Cepat Tenggelam daripada Jakarta, Ini Analisa Pakar ITB

Pakar dari ITB menyebut tiga wilayah di Jateng, Pekalongan, Demak, dan Semarang, lebih terancam tenggelam daripada Jakarta.

Mantap! Kampus di Salatiga Ini Beri Beasiswa Kuliah bagi Warga Terdampak Pandemi Covid-19

Beasiswa yang diberikan oleh Polibest adalah wujud kepedulian Polibest Salatiga di masa pandemi Covid-19 dalam upaya membantu lulusan SMA/SMK.

Pesisir Pantura Jateng Menolak Tenggelam, Ini Jurus Gubernur Ganjar

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, menyebut sudah melakukan kajian tentang ancaman wilayah pesisir pantura tenggelam akibat penurunan muka tanah.

Prediksi Guru Besar Undip: 50 Tahun Lagi Semarang Tenggelam

Guru Besar Undip memprediksi wilayah pesisir Semarang tenggelam dalam 50 tahun ke depan.

2 Bulan, 12 Dokter di Semarang Meninggal Akibat Covid-19

Sedikitnya 27 dokter di Kota Semarang meninggal terpapar Covid-19 selama pandemi ini.

Waduk Gembong, Tempat Alternatif Wisata Seusai PPKM

Lokasi Waduk Gembong sangat strategis dan sejuk serta suasananya sangat tenang dan teduh dan cocok bagi yang memang ingin mencari ketenangan.

Pusat Perbelanjaan Nonsembako di Kudus Akhirnya Buka

Sejumlah pusat perbelanjaan nonesensial atau nonsembako di Kabupaten Kudus, akhirnya mulai buka setelah ditutup sejak 3 Juni 2021.

Bukit Tenong, Wisata Panorama Sunrise Ala Pantura

Berada di jalur Pantura Jawa Tengah,  Kabupaten Pemalang dianugerahi dengan beragam macam keindahan alam, salah satunya adalah Bukit Tenong.

Inilah Benggolo, Nanas Jumbo dari Kawasan Candi Borobudur

Kawasan Borobudur rupanya punya buah nanas yang ukurannya sebesar bola sepak sehingga disebut sebagai nanas jumbo.

23 TPST di Banyumas Beroperasi Mandiri Cegah Problem Sampah

Banyumas punya 23 tempat pengolahan sampah mandiri yang mampu mengolah sampah dengan beragam metode menjadi sumber penghasilan.

40 Pekerja Bangunan Asal Jateng Telantar di Atambua, Disnakertrans Jateng: Kami akan Cek

40 Pekerja asal Jateng dikabarkan tidak mendapatkan upah sesuai kontrak setelah melakukan pekerjaan pembangunan Universitas Pertahanan Kabupaten Belu, NTT.

Pemkot Semarang Pasang Alat Pendingin di Traffic Light, Ini Tujuannya

Pemkot Semarang berencana memasang alat spayer pendingin otomatis di beberapa titik di dekat lampu lalu lintas atau traffic light.

Pakar ITB Sebut Pekalongan, Demak, & Semarang Bakal Tenggelam, Ini Penyebabnya Versi ESDM Jateng

ESDM Jateng membeberkan penyebab Semarang, Demak, dan Pekalongan, yang diprediksi tenggelam.

PPKM Level 4 Diperpanjang, Semarang Buka Akses 14 Ruas Jalan

Sebelumnya, ada 14 ruas jalan di Kota Semarang yang ditutup selama penerapan PPKM darurat, yang dilanjutkan dengan PPKM level 4.

Semarang, Demak, & Pekalongan Diprediksi Tenggelam, Ini Kata Pakar Tata Kota

Pakar tata kota menjelaskan tentang prediksi wilayah Semarang, Demak, dan Pekalongan, di pesisir pantai utara yang terancam tenggelam.

Kedung Londo, Pesona Wisata di Pegunungan Kendeng Utara

Sungai yang ada di Kedung Londo masih jernih berwarna hijau dan biru, pengunjung yang datang sudah pasti akan tergoda untuk mandi di sungai tersebut.

40 Pekerja Bangunan Asal Jateng Telantar di Atambua

Terdapat sebuah unggahan video yang menunjukan sekumpulan pekerja bangunan asal Jawa Tengah yang saat ini dalam penampungan di rumah salah satu warga setempat.

Polres se-Jateng Gelar Vaksinasi Covid-19 Massal, Daftar Harus Lewat Ini

Setiap polres di Jateng dikenai target melakukan vaksinasi 4.000 dosis per hari.

Pemanfaatan Yankestrad di Magelang Tertinggi di Jateng

Yankestrad adalah pengobatan dan/atau perawatan dengan cara dan obat berdasarkan pengalaman dan keterampilan turun temurun secara empiris.

Kasus Covid-19 Jateng Tertinggi Nasional, Sehari Tambah 4.331

Jateng kembali menjadi provinsi dengan penambahan kasus Covid-19 tertinggi nasional. Ganjar klaim ada data delay.

Ketimbang Jakarta, 3 Daerah di Jateng Ini Diprediksi Lebih Cepat Tenggelam

Tiga daerah di pesisir Jateng diprediksi ahli geologi bakal lebih cepat tenggelam ketimbang Jakarta karena eksploitasi air tanah besar-besaran.

Langgar Perda, Tempat Pelesir Hidung Belang di Pati Ini Bakal Dibongkar

Lokasi Lorong Indah (LI) yang ada di Kabupaten Pati akan dibongkar karena melanggar Perda Pati Nomor 2 tahun 2021 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW).

Polda Jateng Canangkan Vaksinasi Merdeka Candi, Ini Targetnya

Polda Jateng membuat gebrakan baru, program Vaksinasi Merdeka Candi untuk mempercepat terbentuknya herd immunity atau kekebalan kelompok.

Weladalah, Pencopet di Blora Beraksi Sambil Bawa Puluhan Jimat

Nasib seorang pencopet yang beraksi di Blora, Jawa Tengah sungguh sial kendati berbekal puluhan jimat tetap saja tertangkap saat beraksi.

PPKM, Organda Semarang Berharap Ada Bantuan ke Awak Angkutan

Akibat PPKM, banyak awak angkutan umum dalam kondisi terpuruk, organda Semarang berharap ada bantuan untuk awak angkutan yang terdampak.

Beda Aplikasi Jadi Pemicu Data Vaksin Daerah dan Pusat Berbeda

Di daerah input data vaksin setelah vaksinasi ke aplikasi Pcare, pemerintah pusat melihat data ketersediaan vaksin melalui aplkasi Smile.

Catat, Nakes di Jateng Terima Vaksin Booster Pekan Ini

Pemerintah Provinsi Jateng akan melakukan vaksinasi booster atau suntikan vaksin ketiga kepada tenaga kesehatan atau nakes mulai pekan ini.

Terapkan PPKM Level 3, Penyekat Jalan ke Pusat Kota Kudus Dibuka

Terapkan PPKM Level 3, penyekat jalan menuju Simpang Tujuh Kota Kudus, Jawa Tengah dibuka hingga pukul 6 sore setelah itu ditutup kembali.

Ganjar Sebut Belum Dapat Arahan Pasang Baliho Puan Maharani, Kenapa Ya?

Ganjar Pranowo mengaku belum mendapat arahan untuk memasang baliho bergambar Puan Maharani dari PDIP.

Gegara 1 Huruf Hilang, Pasar Gotong Royong Tuai Komentar

Pasar Gotong Royong itu menjadi perhatian para netizen dikarenakan huruf pada tugu nama pasar tersebut ada yang hilang sehingga mengubah makna kata tersebut.

Testing dan Tracing Jateng Tak Penuhi Target PPKM

Jumlah testing Covid-19 di Jateng sudah cukup tinggi, 150.000 orang per pekan, namun belum memenuhi target yang ditetapkan Inmendagri.

Tekan Kematian Covid-19, Dinkes Jateng Sarankan Isolasi Terpusat

Dinkes Jateng meminta pasien Covid-19 untuk melakukan karantina di tempat-tempat isolasi terpusat yang sudah disediakan pemerintah.

Vaksinasi Anak Belum Dimulai, Ini Penjelasan Kadinkes Grobogan

Kadinkes mengatakan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Grobogan jatah vaksinnya tidak banyak, sehingga target vaksinasi tidak bisa optimal.

Minta Pelonggaran PPKM, PKL Kudus dan Satpol PP Adu Mulut

Audensi Perwakilan PKL dan aktivis dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus terkait PPKM, diwarnai adu mulut dengan anggota Satpol PP.

Anak Usaha SG, PT SMOR Dukung Akselerasi Wirausaha BUMDes

PT Semen Gresik (SG) melalui perusahaan patungan, PT Sinergi Mitra Operasi Rembang (SMOR) menggelar program peningkatan SDM dan BUMDes.

Kasus Corona Jateng Dilaporkan Tertinggi Se-Indonesia, Ini Bantahan Gubernur Ganjar

Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, membantah kasus Corona di Jateng menjadi yang tertinggi secara nasional.

650 Kiai Meninggal karena Covid-19, Baznas Genjot Vaksinasi

Baznas bekerja sama dengan Kementerian Agama menggencarkan vaksinasi Covid-19 bagi para ulama atau kiai dan santri melalui Kita Jaga Kiai.

Salut! Mahasiswa UIN Walisongo Hibur Pasien Covid-19 Semarang

Puluhan pasien Covid-19 yang sedang menjalani isolasi di Rumah Dinas Wali Kota Semarang dikejutkan dengan kedatangan mahasiswa UIN Walisongo.

Ganjar Instruksikan Bupati Pemalang Perbaiki Jalan Rusak

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menginstruksikan kepada Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo untuk segera memperbaiki jalan antarkabupaten di Pemalang.

Sinergi PLN dan RS Bhayangkara Semarang Adakan 1.000 Vaksin

PLN menggandeng RS Bhayangkara Semarang melaksanakan 1.000 vaksin untuk pegawai dan tenaga alih daya di lingkungan unit induk PLN dan anak perusahaan di wilayah Jawa Tengah dan DIY.

Kabar Baik! 20.000 Nelayan di Jateng Bakal Peroleh Asuransi

Pemprov Jateng segera menggelar tender asuransi untuk nelayan di Jateng yang jumlahnya sekitar 20.000 orang.

Pisang Cavendish Dikembangkan di Cibangkong Banyumas

Pisang Cavendish dengan pangsa pasar luas jadi pilihan warga Desa Cibangkong, Kabupaten Banyumas untuk ditanam dan dikembangkan.

Berdiri di Kawasan Paling Bersejarah, Hotel Mexolie Primadona Pengunjung

Hotel Mexolie di Kabupaten Kebumen memiliki nilai sejarah yang tinggi karena berada di kawasan paling bersejarah di Indonesia.

Mbah Mad, Sosok Rohaniwan Karismatik Para Politisi Indonesia

Salah satu jiwa nasionalisme Mbah Mad adalah selalu aktif dalam kegiatan malam peringatan Dirgahayu Kemerdekaan Republik Indonesia atau malam tirakatan.

Awal Agustus, Penambahan Kasus Corona Jateng Tertinggi se-Indonesia

Penambahan kasus terkonfirmasi virus Corona di Jawa Tengah (Jateng) menjadi yang tertinggi di Indonesia pada Minggu (1/8/2021).

Geger! Teror Bra Gelantungan Bikin Heboh Warga Rembang

Teror bra bergelantungan di sejumlah lokasi menggegerkan warga di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah.

Kebakaran Kandang di Grobogan: 13.000 Ekor Ayam Hangus, Rugi hingga Rp1,2 Miliar

Kebakaran terjadi di kandang berisi 13.000 ekor ayam di Grobogan, Jawa Tengah, yang menimbulkan kerugian mencapai Rp1,2 miliar.

Kasus Kematian Covid-19 di Jateng Tinggi, 90% dari Pasien Usia 40 Tahun ke Atas

Kasus kematian atau crisis fatality rate (CFR) akibat Covid-19 di Jawa Tengah (Jateng) masih terbilang tinggi.

Baru Terpenuhi 41,9% Kebutuhan Oksigen Rumah Sakit di Jateng

Pasokan oksigen di sejumlah rumah sakit rujukan Covid-19 di Jateng selama sepekan terakhir baru terpenuhi sekitar 209 ton.

Pedagang Usul Bupati Kudus Instruksikan ASN Belanja di Pasar

Pedagang pasar tradisional di Kabupaten Kudus, usul agar bupati membuat instruksi supaya ASN berbelanja di pasar tradisional.

Rest Area di Kabupaten Brebes Ini Berikan Nuansa Klasik

Rest area KM 260 B merupakan hasil proses revitalisasi pabrik gula yang sekarang menjadi rest area kekinian.

5 Tempat Angker di Banyumas, Salah Satunya Gunung Slamet

Ibu Kota Kabupaten Banyumas Purwokerto, memiliki banyak sudut-sudut misteri yang bisa dikunjungi.

Nakes Magelang Terima Bantuan 1,05 Ton Telur

PPN Kabupaten Magelang membagikan teur pada tenaga kesehatan di Kbupaten dan Kota Magelang sebagai wujud perhatian secara khusus kepada para nakes.

Kadinas Dindagkop UKM Blora Jadi Tersangka Jual Beli Kios Pasar

Selain Kepala Dindagkop UKM, Kejari Blora juga menetapkan dua orang tersangka lainnya dalam kasus dugaan jual beli kios Pasar Induk Cepu.

Baznas Jateng Salurkan 60 Ton Oksigen ke 10 RS Rujukan Covid-19

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Jawa Tengah (Jateng) turut berkontribusi dalam penanganan Covid-19 di Jateng dengan membantu oksigen.

Stok Vaksin Menipis, Pelayanan Vaksinisasi Semarang Ditutup

Kota Semarang terpaksa menutup pelayanan vaksinisasi Covid-19 karena menurut Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi stok vaksin menipis.

69.840 Difabel di Jateng Bakal Terima Vaksin Sinopharm

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, mengaku sebenarnya sudah banyak penyandang disabilitas atau difabel di Jateng yang disuntik vaksin sinovac.

Kasus Kematian Covid-19 di Jateng Tinggi, Ganjar Minta Masyarakat Jujur

Kematian akibat Covid-19 di Jawa Tengah (Jateng) relatif tinggi dalam sepekan terakhir dan secara angka ada di rangking kedua di Indonesia.

Dukung Ali Sastroamidjojo Jadi Pahlawan Nasional, Ganjar: Pakai Perasaan Saja Cukup

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, setuju bila Ali Sastroamidjojo dianugerahi gelar pahlawan nasional karena jasa-jasanya.

Virtual Tour UKSW Berikan Sensasi Jelajah Kampus di Masa Pandemi

Bagi yang ingin mengetahui lingkungan UKSW menawarkan fasilitas baru yang dapat dinikmati melalui salah satu fitur pada website www.uksw.edu.

Cuekin Gubernur Ganjar Saat Kunjungan ke Kendal, Mendagri Minta Maaf

Mendagri Tito Karnavian mencuekin Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, yang mengenakan pakaian adat dan bermasker saat kunjungan ke Kendal.

Warga Disuruh Prokes, Belasan Camat di Tegal Ini Malah Kumpul dan Karaoke Bareng, Duh!

Belasan camat di Kabupaten Tegal kedapatan berkumpul dan berkaraoke bersama tanpa mengindahkan prokes.

Bupati Jepara Resmikan Anjungan Dukcapil Mandiri, Bisa Cetak KTP-el dalam Hitungan Menit

Penduduk Jepara yang wajib memiliki KTP-el berjumlah 919.957 orang hanya tersisa 812 orang di antaranya belum melakukan perekaman.

Pengadilan Kabulkan Gugatan Pekerja Koran Wawasan, Penerbit Dituntut Rp1,2 M

PT Sarana Pariwara, penerbit Koran Wawasan, diputuskan bersalah oleh Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) Semarang dan dituntut Rp1,2 miliar.

Kapolda Jateng Klarifikasi Video Viral Pisah Sambut Kapolres Rembang

Video yang diduga hajatan dalam acara pisah sambut kapolres Rembang viral di media sosial hingga Polda Jateng harus meluruskan.

BOR Isolasi Semarang Diklaim Wali Kota Klaim Turun Hingga 46,2%

Wali Kota Hendrar Prihadi mengklaim tingkat keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) isolasi Covid-19 di Semarang terus turun.

Jateng Jadi Provinsi Pelopor Layak Anak

Kementerian PPPA menganugerahkan penghargaan Provinsi Pelopor Layak Anak ke Jateng secara virtual, Kamis (29/7/2021).

Kebakaran Dua Rumah Di Grobogan Diduga Karena Korsleting

Kebakaran dua rumah di Grobogan tersebut terjadi di Kecamatan Pulokulon dan Kecamatan Toroh, pada pagi dan siang hari, Kamis (29/7/2021).

Keren! 6 Organisasi Mahasiswa Siap Bantu Penanganan Covid-19 Jateng

Mereka kemudian berdiskusi dengan Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, terkait keterlibatan mahasiswa dalam penanganan Covid-19 di masyarakat.

Jelang Alih Status Jadi UIN, IAIN Salatiga Buka Program Doktoral

Rektor IAIN Salatiga Prof. Dr. Zakiyuddin Baidhawy, M.Ag. menyebut kelak UIN Salatiga akan buka program vokasi sesuai kebutuhan masyarakat.

Suarakan Protes PPKM, Kelompok Pemuda Pati Gelar Pasar Gratis

Aksi ini merupakan bentuk protes para pemuda di Bumi Mina Tani atas kebijakan PPKM Darurat yang tidak memberikan solusi bagi pelaku usaha tradisional.

Datang ke Semarang, KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa Bawa Bantuan

KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa memberikan bantuan kepada para nakes di Semarang dan meminta mereka bersabar menangani pasien Covid-19.

Kupat Glabed, Pengganjal Perut Terpopuler di Tegal

Dinamakan glabed karena tekstur kuahnya yang kental. Glabed sendiri merupakan istilah lokal masyarakat Kota Bahari untuk menyebut kuah dengan tekstur kental.

Vaksinasi Pedagang di Kendal Terapkan One Gate System

Pemerintah Kabupaten Kendal melakukan percepatan program vaksinasi, salah satunya dengan menerapkan pelayanan vaksin di pasar-pasar tradisional.

Tak Bisa Jaga Jarak, Ribuan Napi LP Kedungpane Divaksin Covid-19

Napi di LP Kedungpane Semarang jumlahnya melebihi kapasitas LP sehingga sulit jaga jarak yang bisa menjadi penyebab penularan Covid-19. Karena itu mereka jadi prioritas vaksinasi.

Bersandar di Tanjung Emas Semarang, KRI dr Soeharso Bantu Oksigen

KRI dr Soeharso memiliki oksigen generator mampu memproduksi oksigen secara Mandiri, dengan kapasitas produksi 150.000 liter per hari,

Warga Kalisat Kidul Banjarnegara Lega, Jalan Mirip Kali Sat Segera Mulus

Pemkab Banjarnegara memulai pembangunan ruas jalan Rawapakis - Bakulan yang ada di Desa Kalisat Kidul, Kecamatan Kalibening.

Gegara Konsleting Listrik, Rumah Warga Grobogan Nyaris Ludes Terbakar

Kebakaran rumah terjadi di Dusun Plosonambangan, Desa Rejosari, Kecamatan Grobogan, penyebabnya diduga korsleting listrik di ruang depan.

Serapan Dana Covid-19 Jateng Rendah, TPP ASN Tidak Cair?

Lambatnya penyerapan dana penanganan Covid-19 di Jawa Tengah (Jateng) yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAU) bakal berbuntut panjang.

Berdalih Untuk Stamina, Pengguna Sabu-Sabu Di Grobogan Dikukut Polisi

Satuan Reserse Narkoba Polres Grobogan menangkap dua pengguna sabu-sabu, salah satunya mengaku menggunakan sabu untuk stamina saat kerja.

Reaksi Napi Rutan Salatiga saat Disuntik Vaksin, Ada yang Gemetar

141 Warga binaan alias narapidana Rutan Salatiga menjalani vaksinasi Covid-19.

Mbah Fanani, Sosok Pertapa Unik Dari Tanah Dieng

Mbah Fanani ini dikenal sebagai seorang pertapa dan dirinya sudah bertapa di Jalan Raya Dieng, Desa Dieng Kulon selama 19 tahun.

Stok Vaksin Menipis, Pemkot Semarang Kurangi Pelayanan Vaksinasi Covid-19

Pemkot Semarang mulai menghadapi kendala menipisnya stok vaksin di tengah upaya percepatan vaksinasi Covid-19.

Vaksinasi Desa di Kabupaten Magelang Digelar di Kolam Renang

Dipilihnya kolam renang sebagai lokasi vaksinasi karena jika diadakan di tempat layanan kesehatan seakan memberikan suasana yang menakutkan bagi para warga.

Rahasia Sukses Kudus Keluar dari Zona Merah dan Turunkan BOR Hingga 15%: Kolaborasi Semua Pihak

Kudus berhasil keluar dari zona merah persebaran Covid-19 berkat dukungan semua elemen mulai dari pemerintah, swasta hingga masyarakat.

Menengok Industri Batik di Kampung Batik Semarang, Lokasinya di Dekat Kota Lama

Kota Semarang memiliki kampung batik di Kelurahan Rejomulyo, Kecamatan Semarang Timur, dengan pengrajin batik yang mulai tumbuh.

Ada Kelonggaran di PPKM Kota Semarang

Wali Kota Hendrar Prihadi mengatakan Kota Semarang yang saat ini menjalankan PPKM dengan sedikit kelonggaran pada beberapa aturan pembatasan.

Penerimaan CPNS Pemprov Jateng Diikuti 7.456 Pelamar

Total ada sekitar 7.456 pelamar CPNS Jateng. Sementara untuk lowongan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) diikuti 958 pelamar.

Pandemi, Komunitas Tionghoa Semarang Beri Sembako ke Jurnalis

Komunitas Tionghoa Semarang memberikan bantuan sembako kepada kalangan insan media atau jurnalis yang terdampak pandemi Covid-19.

Jateng Geser Sentra Vaksinasi Covid-19 ke Desa, Ini Penyebabnya

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah (Jateng) terus berupaya mempercepat vaksinasi Covid-19 karena baru 2,5 juta orang tervaksin.

Awasi Seleksi Penerimaan Calon Taruna Akpol, Ini Pesan Ombudsman Jateng

Ombudsman mengingatkan masyarakat berani menyampaikan pengaduan apabila mendapatkan pelanggaran dalam proses seleksi penerimaaan catar Akpol.

18.936 Keluarga di Salatiga Terima Bansos Beras Medium

Total ada sekitar 189.360 kg beras kelas medium untuk bantuan sosial (bansos) yang diberikan kepada belasan ribu keluarga di Kota Salatiga.

CPNS Grobogan, 3 Formasi Dokter Spesialis Tak Ada Pendaftar

Hingga penutupan pendaftaran CPNS Kabupaten Grobogan secara online pada 26 Juli 2021, tiga formasi dokter spesialis tidak ada pendaftar

Intensitas Cahaya Tinggi, Aturan PPKM Industri di Jepara Diperketat

Aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di wilayah industri se-Jawa dan Bali diperketat selama penerapan PPKM Level 4.

Bentuk Terima Kasih, Pemkot Salatiga Hibahkan 1 Ambulans ke NU

Pemkot Salatiga menghibahkan satu mobil ambulans kepada NU Salatiga yang sudah ikut membantu menangani pandemi Covid-19.

PMI Pekalongan Ajak Penyintas Covid Jadi Donor Plasma Konvalesen

Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Pekalongan terus mengajak masyarakat penyintas Covid-19 untuk melakukan donor darah konvalesen.

Positivity Rate di Jateng Masih 30%, Ganjar Klaim Testing Lampaui Standar WHO

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, menyebut testing hingga di pekan ke-28 sudah di angka 103.674. Positivity rate masih 30%, jauh di bawah standar WHO yang dipatok 5%.

Serapan Dana Covid-19 Jateng Capai 17% Lebih, DPRD Sebut Masih Rendah

Wakil Ketua Komisi C DPRD Jawa Tengah, Sriyanto Saputro, meminta Pemprov Jateng mempercepat penyerapan dana penanganan Covid-19.

Ada Pegawai Terpapar Covid-19, Disnakertrans Grobogan Lockdown

Penutupan Kantor Disnakertrans Grobogan dilakukan selama tiga hari mulai Senin (26/7) dan pada Kamis (29/7/2021) kantor sudah buka kembali.

Serapan Dana Desa di Jateng Diklaim Lampaui Nasional

Dari 7.809 desa di Jateng untuk Dana Desa [tahun 2021] serapannya sudah mencapai 54,54 persen. Tataran nasional itu baru sekitar 42 persen.