Kunjungi Edupark, Menteri Desa Apresiasi Sinergi Semen Gresik dengan BUMDes

Menteri Abdul Halim Iskandar mengapresiasi sinergi yang dibangun PT Semen Gresik (PTSG) terhadap enam BUMDes di area dekat perusahaan.

 Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar beserta rombongan berkeliling area Edupark untuk melihat hasil pengelolaan sistem integrated farming yang telah dilakukan oleh Semen Gresik bersinergi bersama Bumdes Kajar.(Istimewa)

SOLOPOS.COM - Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar beserta rombongan berkeliling area Edupark untuk melihat hasil pengelolaan sistem integrated farming yang telah dilakukan oleh Semen Gresik bersinergi bersama Bumdes Kajar.(Istimewa)

Solopos.com, REMBANG – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar menyatakan apresiasi atas sinergi yang dibangun PT Semen Gresik (PTSG) terhadap enam Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang berada di area dekat perusahaan.

Apresiasi tersebut diberikan Menteri Desa saat mengunjungi Desa Wisata yang dikelola BUMDes Desa Kajar, Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang, Jumat (17/9/2021) lalu. Halim yang didampingi Bupati Rembang Abdul Hafidz serta Direktur Keuangan dan SDM PTSG Muchamad Supriyadi juga menaruh perhatian pada BUMDes Kajar dalam inovasi tata kelola Desa Wisata yang memiliki taman edukasi integrasi pertanian, perkebunan dan peternakan.

“Saya belajar tentang model integrasi di sini. Ada ternak sapi, kambing, ayam arab, puyuh, lele, lalu pembuatan biogas, pupuk sampai aneka tanaman sayuran yang ujungnya untuk ketahanan pangan warga. Edupark bakal saya jadikan model dan kita replikasi ke perusahaan swasta, BUMN-BUMN lain yang berada di desa,” tandas Gus Menteri, sapaan akrab Halim.

Keberadaan Edupark ini, lanjut Halim, bisa menjadi prototype untuk menggagas terbentuknya integrated farming atau pertanian terpadu berskala besar yang bisa dilakukan desa-desa di Indonesia. Dia juga berpesan, agar tak mengganggu perputaran ekonomi warga desa, BUMDes harus mengambil core bussines (bisnis utama) yang belum dipilih oleh warga.

Baca Juga: AS Izinkan Masuk Wisatawan dari 33 Negara, Indonesia Masuk Enggak Ya?

Menggerakkan Produk Khas

Berbagi cinderamata, Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar (tengah) memberikan kenang-kenangan dari Kementrian Desa PDTT kepada Direktur Keuangan dan SDM PTSG Muchamad Supriyadi (kiri). (Istimewa)
Berbagi cinderamata, Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar (tengah) memberikan kenang-kenangan dari Kementrian Desa PDTT kepada Direktur Keuangan dan SDM PTSG Muchamad Supriyadi (kiri). (Istimewa)

Di bagian lain, Bupati Abdul Hafidz yang hadir bersama forkopimda Dandim 0720/Rembang Letkol Kav Donan Wahyu Sejati dan Kapolres AKBP Dandy Ario Yustiawan, berharap agar BUMDes di Rembang mengembangkan program unggulan untuk memberdayakan masyarakat, serta mendukung program Pemerintah one village one product.

Ini merupakan gerakan masyarakat dengan melibatkan pemerintah untuk menggerakkan produk khas dari kreativitas masyarakat lokal di daerah bisa tingkat desa atau kabupaten.

Direktur Keuangan dan SDM PTSG Muchamad Supriyadi menegaskan, pihaknya berkomitmen untuk berkontribusi positif membangun kemandirian pangan, energi dan ekonomi warga sekitar perusahaan.

“Edupark adalah bagian dari progam Perkebunan, Pertanian, Perikanan dan Peternakan Terpadu yang digulirkan SG. Selain sebagai transfer ilmu pengetahuan, Edupark juga menggenjot ekonomi masyarakat,” kata Supriyadi dalam siaran persnya, Senin (20/9/2021).

Baca Juga: Jumlah Unikorn Indonesia Kalah Jauh Dibanding China dan Amerika, Apa Penyebabnya?

Selain Edupark, lanjut Supriyadi, program lain untuk mendorong BUMDes sebagai pusat ekonomi kreatif adalah pengelolaan air bersih, warung binaan, Kebun Bibit Desa, pemberdayaan UMKM lewat Rumah BUMN Rembang dan mendirikan perusahaan patungan PT Sinergi Mitra Operasi Rembang (SMOR) dengan variasi unit usaha.

SMOR adalah model community development yang sahamnya 52 persen dimiliki SG dan 48 persen milik enam PT BUMDes (Desa Kajar, Timbrangan, Pasucen, Tegaldowo, Kadiwono dan Ngampel).

“Kami akan terus melakukan pendampingan, penguatan pelatihan kepada pengelola BUMDes agar mereka mampu dalam manajerial dan mencetuskan inovasi. Harapan kami, BUMDes ikut menjadi motor percepatan pemulihan ekonomi nasional,” tambahnya.


Berita Terkait

Espos Premium

Berita Terkini

EMI Bergabung, PLN Targetkan Dekarbonisasi 117 Juta Ton CO2 hingga 2025

Usai bergabung dengan PLN, pendapatan EMI ditargetkan mencapai lebih dari Rp8 triliun pada 2025.

Tingkat Kepuasan Tamu Best Western Premier Solo Baru Terbaik di Asia

Best Western Premier Solo Baru menerapkan prokes ketat, vaksinasi lengkap seluruh karyawan, serta adanya aplikasi PeduliLindungi yang sekarang menjadi syarat wajib untuk memasuki hotel.

Ekspedisi Energi 2021 Berikan 9 Rekomendasi Ini untuk Pemerintah

Bila berbicara ekonomi, dua hal utamanya yaitu pangan dan energi dan ekspedisi dilakukan untuk memotret peta energi di Jateng.

Kemenkeu Beri Keringanan Utang 1.292 Debitur Kecil Senilai Rp20,48 M

Kemenkeu memberikan keringanan utang kepada 1.292 debitur kecil senilai Rp20,48 miliar dengan nilai outstanding sebesar Rp80,42 miliar per 15 Oktober 2021.

Inilah Capaian Pemerintah dalam Upaya Pemulihan Ekonomi Saat Pandemi

Terkait program pemulihan ekonomi nasional, Airlangga menjabarkan per 15 Oktober 2021 anggaran PEN telah terealisasi sebesar Rp428,21 triliun atau 57,5 persen dari pagu Rp744,77 triliun. 

Insan Perhotelan Suarakan Aspirasi Soal CHSE kepada Pemprov Jateng

Kali ini sertifikasi CHSE tidak lagi difasilitasi pemerintah, sehingga masing-masing hotel harus mengupayakan secara mandiri dan berbiaya.

Sambut Investasi, Keandalan Listrik di Papua Terus Berlanjut Pasca PON

Berakhirnya PON XX Papua bukan berarti pembangunan selesai. PLN Berkomitmen untuk terus meningkatkan keandalan suplai listrik Tanah Papua.

Astra Life Luncurkan Kampanye #BetterSandwichGen

BPS menyebutkan bahwa 78.27% sumber pembiayaan rumah tangga lansia ditopang oleh anggota rumah tangga yang bekerja.

Naik Lagi Nih! Simak Harga Emas Pegadaian, Jumat 22 Oktober 2021 

Harga emas hari ini di Pegadaian, Jumat (22/10/2021) untuk logam mulia Antam ukuran 2 gram mencapai Rp1.853.000.

Banting Setir, Atlet Bulutangkis Ini jadi Pengusaha Warung Gongso Solo

Warung Gongso merupakan usaha yang ide Dhaka Yudha Sakti datang dari kegemaran keluarga terhadap resep menu makanan yang dimasak dengan cara digongso.

Krisis Energi Melanda Dunia, Ini Pengaruhnya untuk Indonesia

Tingginya permintaan energi seiring dengan pemulihan ekonomi tapi tak dibarengi dengan ketersediaan pasokan memadai, membuat harga gas alam dan batu bara melonjak.

Dipesan Tamu World Superbike, Hotel di Mataram Hampir Fully Booked

sejumlah hotel di Mataram sudah menerima reservasi atau pesanan kamar dari tamu kegiatan World Superbike (WSBK) yang akan digelar di Sirkuit Mandalika, 19-21 November 2021.

Pertashop Dorong Bangkitnya Ekonomi di Tengah Pandemi

Pertashop Pertamina diharapkan bisa jadi upaya mendorong pemerataan akses energi dengan tujuan membangkitkan kembali ekonomi di tengah pandemi.

Dukung Percepatan Digitalisasi Daerah, Grab & OVO Rilis Patriot di Solo

Program Akselerasi Transaksi Online Pemerintah (Patriot) diresmikan di Solo, Kamis (21/10/2021). Patriot merupakan program yang diluncurkan Grab bekerja sama dengan OVO.

Jumlah Wisatawan Meningkat, Pemkot Jogja Batasi Pengunjung

Pada PPKM Level 2 di DIY, Pemerintah Kota (Pemkot) Jogja mengantisipasi kemungkinan meningkatkan jumlah wisatawan.

Aturan Baru: Anak di Bawah 12 Tahun Boleh Naik Pesawat dan Kereta

Anak usia di bawah 12 tahun bisa diajak naik pesawat hingga kereta api antarkota namun ada syarat-syarat yang harus dipenuhi.