SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, SEMARANG – Wakil Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Taj Yasin, berkesempatan mempromosikan berbagai potensi Jawa Tengah (Jateng) saat melakoni kunjungan ke Queensland Australia, Senin (8/7/2019). Salah satu potensi yang dipromosikan itu, adalah sektor agrobisnis atau pertanian.

Dikutip dari laman Internet resmi Pemprov Jateng, pemaparan potensi tersebut diiakukan Taj Yasin kepada sekitar 50 pelaku usaha Negara Bagian Queensland Australia.

Promosi Kisah Inspiratif Ibru, Desa BRILian Paling Inovatif dan Digitalisasi Terbaik

Turut hadir dalam acara tersebut perwakilan dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, serta Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata.

Yasin menjelaskan Jateng memiliki sejumlah potensi unggulan investasi di bidang pengolahan limbah atau sampah industri dan rumah sakit. Di samping itu, ada juga potensi sektor agrobisnis, seperti penggemukan sapi di Kabupaten Grobogan, dan peternakan sapi ongole di Kabupaten Kebumen.

Selanjutnya, kawasan peternakan sapi terpadu Kabupaten Boyolali, pembibitan ikan nila Kabupaten Pati, serta industri ikan dan udang terpadu Kabupaten Cilacap.

“Jateng menyumbang 9% pangan nasional dan memberikan 14% kontribusi terhadap produk domestik bruto (PDB),” ujar putra ulama asal Rembang, Kiai Maimoen Zubair itu.

Paparan itu pun menarik perhatian pengusaha Integreted Farming, Walter Bailey. Walter memberikan sinyal ingin bekerja sama untuk mengembangkan produk pertanian dan peternakan di Jateng.

Pada kesempatan itu juga dilakukan penandatangan nota kesepahaman (MoU) bisnis antara Jateng yang diwakili PT Pinako Rotari Permai Jateng dengan Australis Leisure PTY Ltd Brisbane.

“Kami berharap, semoga kerja sama ini bisa langgeng demi kepentingan bersama,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kepemudaan, Pariwisata, dan Olahraga (Disporapar) Jateng, Sinoeng Nugroho Rachmadi, mengatakan potensi kerja sama di bidang pariwisata juga turut dipromosikan di Australia. Salah satunya adalah event akbar bertaraf internasional Borobudur Marathon, yang digelar November nanti.

“Borobudur Marathon ini sangat menarik bagi negara sahabat. Semoga dari acara ini, ada banyak potensi kerja sama yang bisa digali,” terangnya.

Sejumlah objek wisata di sejumlah daerah di Jateng pun ikut dipromosikan, seperti Wisata Pulau Panjang di Jepara, Wisata Sigandu di Batang, kawasan Agro Edu Ecotourism Tlogo di Kabupaten Semarang, dan Menoreh Resort di Kabupaten Magelang.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya