SOLOPOS.COM - Pengendara motor melintasi padang sabana Gunung Bromo, Probolinggo, Jawa Timur, medio November 2015. (JIBI/Solopos/Antara/ilustrasi)

Solopos.com, MALANG -- Kunjungan wisatawan ke Jawa Timur justru naik tipis di tengah merebaknya wabah corona. Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jatim mengklaim kunjungan wisatawan di provinsi ini tumbuh sekitar 5 persen.

Menurut Ketua PHRI Jatim, Dwi Cahyono, mengatakan kenaikan itu sejalan dengan menurunnya jumlah wisatawan ke Bali. Dampaknya, jumlah wisatawan di Bali saat ini tinggal 30% saja.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“[Jumlah wisatawan] di Jatim justru naik, meski sedikit. Itu antara lain limpahan dari Bali,” ujarnya Dwi Cahyono, di Malang, Senin (24/2/2020), seperti dilansir bisnis.com.

Ekspedisi Mudik 2024

Terkait Virus Corona, Asita Jatim Minta Pemerintah Lindungi Wisatawan Mancanegara

Gara-gara isu virus corona, menurutnya, wisatawan lebih memilih lokasi wisata terdekat. Selain itu, orang sekarang cenderung takut pergi berlibur ke luar negeri dan memilih lokasi wisata antarprovinsi. Pilihannya sebagain besar ke Jatim.

Ini karena selain lokasi dekat, mudah dijangkau, juga obyek destinasi lumayan komplet. Di Jatim, wisatawan mempunyai banyak pilihan objek wisatan.

Lebih jauh, Dwi mengakui jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke jatim menurun drastis. Namun jumlah wisman sebenarnya tidak tidak banyak. Beberapa destinasi favorit wisman antara lain Bromo, Kawah Ijen, dan pantai di Banyuwangi. "Ada juga wisman yang berkunjung ke makam wali, biasanya asal Malaysia," kata dia.

Kunjungan Wisatawan Mancanegara ke Jatim Pada 2019 Turun 22,54%

Menurunnya jumlah wisman tergantikan dengan wisatawan lokal dan kegiatan MICE dan korporasi. “Karena itulah, secara umum saat merebaknya virus corona justru kunjungan wisatawan ke Jatim naik, meski kecil. Sebenarnya, untuk bertahan saja dalam kondisi seperti ini sebenanrya sudah bagus,” ungkap Dwi Cahyono.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya