SOLOPOS.COM - Wisatawan di Candi Prambanan (JIBI/Dok)

Harianjogja.com, SLEMAN—Selama libur Natal dan perayaan Tahun Baru 2014, sejumlah objek wisata unggulan di Sleman dikunjungi sekitar 631.074 wisatawan.

Menurut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman, Ayu Laksmidewi, target 300.000 wisatawan dapat terlampaui hingga 210%. Dibanding tahun sebelumnya yang hanya 187.185 wisatawan, tingkat kunjungan juga meningkat lebih dari tiga kali lipat.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ayu Laksmidewi menyatakan, pencapaian tersebut dicatat pada 21 Desember 2013 hingga 5 Januari 2014. Libur Natal dan perayaan Tahun Baru yang berbarengan dengan libur sekolah dan cuti bersama para karyawan, menurutnya menjadi faktor pendukung banyaknya wisatawan yang datang.

Selama libur Natal dan Tahun Baru, memang terdapat peningkatan jumlah pengunjung yang signifikan, misalnya Monumen Jogja Kembali (Monjali) yang rata-rata per hari dikunjungi 3.000 wisatawan. Bahkan di kawasan wisata Kaliurang, tercatat 8.866 wisatawan berkunjung pada 1 Januari 2014 lalu.

Secara umum, ternyata Candi Prambanan masih menjadi destinasi unggulan. Sebanyak 414.053 wisatawan domestik maupun asing membanjiri Candi Prambanan pada musim liburan kemarin.

Desa wisata juga sudah menjadi alternatif pilihan lokasi liburan. Sebanyak 11.624 wisatawan datang berkunjung, diantaranya ke desa wisata Pulesari Tunggularum, Sidoakur, Pentingsari, Tanjung, Brajan, Gamplong, dan Grogol.

“Ke depannya diharapkan desa wisata akan lebih banyak lagi menarik wisatawan baik untuk aktivitas live-in, outbond maupun aktivitas belajar seni dan budaya lokal setempat,” ujar Ayu Laksmidewi, Selasa (7/1/2014).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya