SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

WISATAWAN ASING -- Sejumlah wisatawan asing berkunjung ke Pura Mangkunegaran, Solo, Selasa (27/9/2011). (dok Solopos)

SOLO–Kunjungan turis asing ke sejumlah objek wisata di Solo turun antara 10%-17%.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sekretaris Komite Museum Radya Pustaka, Djoko Darjata, mengatakan kunjungan turis asing ke museum sepanjang 2011 hanya 1.000-an orang. Jumlah tersebut lebih rendah hampir 17% daripada kondisi 2010, di mana kunjungan turis asing mencapai 1.200 orang.

Ya, agak berkurang, terutama turis Malaysia,” kata Djoko, saat dijumpai wartawan, di ruang kerjanya, Kamis (26/1/2012).

Konflik perbatasan Indonesia dan Malaysia,serta sejumlah ketegangan lain diduga menjadi salah satu pemicu turis Malaysia urung mengunjungi objek wisata Solo. Selain itu kondisi ekonomi global ikut berpengaruh, khususnya bagi turis asal Eropa. Jumlah turis Jepang juga berkurang lantaran dampak gempa dan tsunami awal 2011. Untuk mendongkrak jumlah kunjungan, Djoko menambahkan, tahun ini pihaknya akan merubah tampilan museum.

Anjloknya kunjungan turis asing juga diakui pengelola Pura Mangkunegaran. Staf pariwisata Pura Mangkunegaran, Joko Pramudyo, menyebut jumlah kunjungan turis asing turun dari 21.241 orang tahun 2010 menjadi 19.579 orang di 2011. Sama seperti Djoko, dia juga melihat penurunan kunjungan turis asing adalah imbas situasi ekonomi global.

Khusus turis asal Malaysia, anjloknya kunjungan, menurut dia, dipicu upaya pemerintah negara tersebut menggenjot sektor pariwisata di negaranya sendiri.

JIBI/SOLOPOS/Tika Sekar Arum

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya