Calon penumpang menunggu bus di Terminal Tirtonadi, Solo, Rabu (20/6/2018). (Solopos-NIcolous Irawan)

Solopos.com, SOLO - Peningkatan jumlah pemudik yang datang menggunakan moda transportasi bus di Terminal Tipe A Tirtonadi Solo mulai terihat sejak Rabu (29/5/2019). Kenaikan jumlah bus dan pemudik tercatat sebanyak 32 persen ketimbang hari biasa.

Koordinator Terminal Tipe A Tirtonadi Solo, Joko Sutriyanto, mengungkapkan terdapat lonjakan jumlah pengunjung di Terminal Tipe A Tirtonadi, Solo. Menurutnya, beberapa pemudik yang datang di antaranya adalah pengguna jasa mudik gratis yang dilayani oleh perusahaan swasta.

“Sudah ada pemudik yang datang. Beberapa adalah pemudik yang ikut program mudik gratis dari pihak swasta. Ada yang dari program Alfamart, Telkom dan lainnya yang sifatnya tidak melaporkan jumlah pemudik ke kami tidak masalah. Tapi dari data yang kami miliki memang ada peningkatan dibandingkan hari-hari biasa. Sudah terlihat tapi tidak terlalu banyak,” beber Joko Sutriyanto ketika ditemui Solopos.com di ruangannya Kamis (30/5/2019).

Menurutnya, peningkatan kedatangan pemudik secara besar-besaran akan terjadi pada H-2 dan H-1 Lebaran. Hal ini lantaran efek libur panjang, sehingga, lonjakan jumlah pemudik tidak terlalu terlihat sebelum H-2 Lebaran.

“Kemungkinan kami prediksi tertinggi ya di sejak H-2 Lebaran. Karena kan tahun ini libur Lebarannya lebih panjang. Jadi kemungkinan peningkatan jumlah pengunjung di Terminal Tirtonadi sekitar 30 persen sampai 50 persen. Nanti mendekati hari H bakalan telihat gruduk-gruduk datang ke Solo. Kalau sampai hari ini [Kamis, 30/5/2019] belum terlihat banyak,” imbuh dia.

Sementara itu, dari data yang diperoleh Solopos.com pada Kamis (30/5/2019), sejak Rabu (29/5/2019), kedatangan bus AKAP pada hari itu sebanyak 667 unit. Selain itu, kedatangan bus jenis AKDP di Terminal Tirtonadi sebanyak 522 unit. Selain data kedatangan bus AKAP dan AKDP, terdapat penambahan kedatangan bus tambahan dan pariwisata sebanyak 222 unit bus.

Total kedatangan bus di Rabu (29/5/2019) sebanyak 2.667 unit bus dengan membawa penumpang sebanyak 34.254 orang. 


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten