SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Akhir pekan ini Presiden SBY dijadwalkan mengadakan kunjungan kerja Korea dan Jepang.

Namun kepastian keberangkatannya sangat ditentukan perkembangan tanggap darurat musibah letusan Gunung Merapi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Sampai saat ini masih belum diputuskan apakah Bapak Presiden akan ke Korea atau Jepang,” kata Juru Bicara Kepresidenan, Julian Aldrin Pasha, di Kantor Presiden, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta, Senin (8/11).

Ekspedisi Mudik 2024

Agenda kunjungan kerja Presiden SBY ke Korea adalah mengikuti KTT G20 yang diselenggarakan di Seoul pada 12 November 2010. Sementara di Jepang untuk mengikuti KTT APEC yang diselenggarakan di Yokohama pada 15 November 2010.

Dua ajang tahunan Internasional tersebut, termasuk yang dinilai amat penting bagi peran ekonomi Indonesia. Maka selama ini Presiden SBY selalu menyempatkan bisa menghadirinya secara langsung.

Terkait tanggap darurat bencana letusan Gunung Merapa yang sedang berlangsung, maka ada kemungkinan tugas untuk menghadiri KTT G20 dan APEC didelegasikan kepada Wapres Boediono. Tapi sejauh ini belum ada keputusannya.

“Apakah akan didelegasikan kepada Wapres dengan menteri terkait atau mungkin akan dihadiri langsung oleh Presiden, kita masih menunggu perkembangan di Gunung Merapi,” ujar Julian.

Pada 27 Oktober 2010, Presiden SBY membatalkan agendanya mengikuti KTT ASEAN di Vietnam, menyusul terjadinya bencana tsunami yang menerjang Mentawai.

Presiden SBY yang saat itu sudah berada di Hanoi memutuskan terbang ke Padang, Sumatera Barat.

dtc/nad

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya