Kunjungan Mal di Jogja Masih Jauh dari Kondisi Sebelum Pandemi 

Kunjungan mal mulai membaik, setelah hampir dua tahun tahun terdampak pandemi Covid-19. Meski begitu, kondisi saat ini masih jauh dari kondisi saat normal sebelum pandemi.

 ilustrasi mal atau pusat perbelanjaan (freepik)

SOLOPOS.COM - ilustrasi mal atau pusat perbelanjaan (freepik)

Solopos.com, JOGJA — Kunjungan mal mulai membaik, setelah hampir dua tahun tahun terdampak pandemi Covid-19. Meski begitu, kondisi saat ini masih jauh dari kondisi saat normal sebelum pandemi.

PromosiPBNU dan KND Sepakati Gerakan Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas

Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DIY, Surya Ananta mengatakan harus dibedakan antara peningkatan kunjungan orang ke mal di masa pandemi dan sebelum pandemi. “Pengunjung mal lebih ramai di masa pandemi, iya ada momen tertentu. Namun, tidak setiap saat terjadi. Namun, kenaikan dibandingkan sebelum pandemi belum normal,” ucap Ananta, Jumat (14/1/2022) seperti dilansir Harian Jogja.

Ananta mengungkapkan setelah masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat dan PPKM level 4 selesai, memang secara perlahan menunjukan perbaikan kunjungan. “Kemudian Natal dan Tahun Baru kemarin ramai, namun sekali lagi kalau dibandingkan Nataru sebelum pandemi masih jauh,” ujarnya.

Ananta mengatakan saat momen PPKM Darurat dan PPKM Level 4, dan mal terpaksa harus ditutup, merupakan titik terberat bagi mal. Pasalnya tidak ada income sama sekali, sementara biaya operasional terus berjalan.

Baca Juga: Presiden Jokowi Resmikan Proyek Bendungan Senilai Rp1,4 triliun di NTB

“Jujur 2021 secara makro rangking pencapaian secara ekonomi di bawah 2020 di Mal. 2020 walaupun sudah pademi, tetapi tidak pernah tutup Mal. Tutup meski sekitar tiga Minggu itu, dampaknya berbulan-bulan, recovery berat sekali,” ucapnya.

Tahun ini menjadi harapan Mal untuk dapat kembali bangkit kembali. Ananta juga mengharapkan kesehatan dapat terus terjaga, munculnya varian Omicron, diharapkan tidak berdampak banyak pada kesehatan masyarakat.

“Kesehatan tetap nomor satu, harus dijaga. Sehingga tidak menghantam dunia perekonomian juga. Kalau ada himbauan jangan ke luar negeri dulu harus diikuti, justru spending bisa dimaksimalkan di dalam negeri,” ujar Ananta.

Ananta juga mengatakan dari pihak mal sendiri, komitmen untuk terus menjaga prokes dengan ketat. Berbagai fasilitas untuk menunjang prokes disediakan. Ia menghimbau kepada semua calon pengunjung juga untuk bisa patuh terhadap prokes, agar semua aman dan nyaman berkunjung ke mal.

Baca Juga: Seperti Ghozali, Ridwan Kamil Jual Lukisan Seniman Bandung Lewat NFT

Ananta menambahkan jika berbicara secara makro di Mal, kondisinya beragam. Namun, menurut Ananta secara umum pengunjung mal yang datang tetap membelanjakan uangnya.

“Segmentasi mall yang di masyarakat menengah atas kan kondisinya sudah cenderung stabil. Artinya perilaku konsumen tidak ada perubahan drastis di pandemi ini. Jadi ya jalan, nongkrong, meningkmati hiburan, belanja tetap,” ucap Ananta.

Alhasil, dengan kunjungan customer tersebut, tenant juga mulai menerima dampak positif. Dia juga mengatakan untuk mal yang ada tenant brand premium, justru mengalami peningkatan, karena orang yang biasa berbelanja ke luar negeri, jadi membelanjakan uangnya di dalam negeri.

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Data dan Fakta Risiko Bencana Jakarta dan Kaltim

+ PLUS Data dan Fakta Risiko Bencana Jakarta dan Kaltim

Pulau Jawa memiliki paparan risiko bencana tinggi dibanding pulau lain, namun indeks risiko bencana lebuh tinggi dimiliki Kalimantan Timur dibanding DKI Jakarta.

Berita Terkini

+ PLUS Pemerintah Yakin Nasib Restrukturisasi Garuda akan Berakhir Baik

Pemerintah yakin proses restrukturisasi PT Garuda Indonesia Tbk. lewat payung hukum perpanjangan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) akan berakhir baik seperti Philippine Airlines.

Kasus Meningkat, Varian Omicron akan Pengaruhi Ekonomi Indonesia?

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mewaspadai peningkatan kasus Covid-19 varian Omicron yang berpotensi memengaruhi kinerja ekonomi kuartal I-2022.

Embrio, Strategi BRI Ciptakan Talenta Digital Inovatif dan Tangguh

Melalui program Embrio ini, diharapkan muncul ide-ide ‘radikal’ dari Insan BRIlian yang dapat menjadi solusi untuk pertumbuhan bisnis BRI. 

Utang RI Paling Terkendali, Ini Perbandingannya dengan Negara Lain

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan defisit fiskal dan utang Indonesia selama pandemi termasuk yang paling terkendali dan produktif.

Demi Fokus ke Lima Unit Bisnis, Unilever akan PHK 1.500 Karyawan

Unilever akan merampingkan model usahanya menjadi 5 unit bisnis. Hal ini berimbas pada pengurangan atau pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap 1.500 karyawan secara global.

Naik Lagi Nih! Cek Harga Emas di Pegadaian 27 Januari 2022

Harga emas batangan 24 karat yang dijual di Pegadaian pada Kamis (27/1/2022) ini terpantau naik untuk emas Antam dan UBS ukuran tertentu.

Tren WFH Meningkat, Omzet Perusahaan Parkir Anjok

Terdapat kendala pemulihan omzet dan volume parkir lantaran perilaku masyarakat yang sudah terbiasa bekerja dari rumah selama pandemi ini.

Indonesia Punya Potensi Logam Paling Langka di Dunia!

Potensi logam tanah jarang di Indonesia terbilang menjanjikan jika melihat potensi yang masih tersimpan dan belum tereksplorasi.

Dikukut Polisi, Ruko di Jakut Jalankan 14 Aplikasi Pinjol Ilegal

Zulpan juga mengungkapkan perusahaan operator pinjol ilegal tersebut juga melakukan penagihan kepada nasabahnya dengan cara-cara yang melanggar hukum.

Persaingan Live Shopping Kian Sengit, E-Commerce Mana Paling Diminati?

Pendekatan live shopping menggunakan paltform media sosial diprediksi mengalami peningkatan ke depan dan akan makin banyak diadopsi oleh penyedia platform media sosial.

Buka 6 Cabang, Burjo Ambucuy Raih Omzet Puluhan Juta Rupiah Per Bulan

Warung makan yang buka 24 jam ini juga sering menjadi tempat mahasiswa atau pelajar untuk mengerjakan tugas. Oleh karena itu, burjo sering ditemui di kawasan sekitar sekolah dan kampus.

Live Shopping Tingkatkan Kunjungan Toko Online 200 Kali Lipat Lebih

Strategi live shopping yang diadopsi oleh para e-commerce, diklaim mampu tingkatkan kunjungan toko para mitra.

Tanoto Foundation Kukuhkan 172 Mahasiswa Penerima Beasiswa TELADAN

Tanoto Foundation sangat peduli dengan upaya peningkatan kapasitas kepemimpinan di kalangan generasi muda melalui program Beasiswa TELADAN.

Mantap! BRI Berikan Beasiswa Kuliah S2 untuk 36 Wartawan

Sebanyak 972 wartawan dari seluruh Indonesia mendaftarkan diri dalam ajang BRI Fellowship Journalism yaitu beasiswa kuliah S2 di PTN.

Jalan Putus Seusai Longsor, PLN Cepat Pulihkan Listrik di Pekalongan

Pascabencana longsor di Lebakbarang, Kabupaten Pekalongan, PLN segera berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat dan BPBD untuk mempercepat pemulihan aliran listrik.