SOLOPOS.COM - Jokowi lepas tukik di Cilacap (Detik.com-dok. Agus Suparto)

Solopos.com, CILACAP — Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Cilacap, Jawa Tengah. Selain sejumlah agenda kegiatan, Jokowi menyempatkan diri melepas tukik atau anak penyu di Pantai Kemiren, Cilacap.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi melepas 1.500 tukik penyu lekang dan penyu hijau. Kegiatan ini dalam rangka melestarikan satwa penyu yang semakin menurun populasinya.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Dan kita harapkan agar tidak punah,” kata Jokowi dalam sebuah video yang diunggah akun Sekretariat Presiden, seperti dikutip dari CNBCIndonesia.com Kamis (23/9/2021).

Baca juga: Dari Teman, Kini SBY dan Yusril Saling Berhadapan

Penyu memang masuk dalam daftar satwa dilindungi, sesuai dengan Undang-Undang (UU) 5/1990 dan Peraturan Pemerintah (PP) 7/1999 tentang Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa.

Meski demikian, satwa yang menghabiskan sebagian besar hidupnya di laut itu terancam punah. Sejak masih berupa telur, penyu memang diburu pemburu liar untuk diperjual-belikan.

Hal ini disebabkan karena adanya mitos di sebagian masyarakat yang menganggap jika mengkonsumsi telur penyu dipercaya dapat menjadi obat.

Baca juga: Beruntung Sekali! Jawab Pertanyaan Ganjar, Siswi SMP Boyolali Ini Dapat Beasiswa Kuliah

Jokowi berharap, pelepasan tukik penyu dapat menciptakan ekosistem laut yang sehat. Juga dapat menjaga keseimbangan lingkungan pesisir pantai dan pesisir laut di sejumlah wilayah.

“Diharapkan dengan kegiatan ini ada kesadaran, ada kepedulian, ada partisipasi dari masyarakat untuk menjaga dan melestarikan penyu agar penyu semakin banyak dan semakin meningkat,” jelasnya dikutip dari Detik.com.

Selain melepas tukik, Jokowi juga melakukan penanaman mangrove di Desa Tritih Lor. Kegiatan penanaman mangrove ini juga dilakukan Jokowi bersama dengan warga sekitar.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya