SOLOPOS.COM - Infografis Hari Lahir Pancasila (Solopos/Khoirul Tri CP)

Solopos.com, SOLO — Dalam memperingati Hari Lahir Pancasila yang pada tahun ini jatuh pada Kamis, 1 Juni 2023, enggak afdal jika tidak menuliskan ucapan selamat di media sosial.

Hari Lahir Pancasila diperingati setiap 1 Juni. Pemerintah menjadikan 1 Juni sebagai hari libur nasional atau tanggal merah melalui Keputusan Presiden (Kepres) No 24 Tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Hari Lahir Pancasila mengacu pada sejarah dicetuskannya Pancasila 1 Juni 1945 lewat pidato Presiden pertama RI, Soekarno, dalam sidang Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) atau Dokuritsu Junbi Cosakai. Selain Soekarno, perumusan Pancasila juga disodorkan oleh Mohammad Yamin dan Soepomo dalam sidang pertama BPUPKI pada 29 Mei-1 Juni 1945.

Ekspedisi Mudik 2024

Pada tahun ini, pemerintah melalui Kemendikbud Ristek mengambil tema Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global dalam merayakan Hari Lahir Pancasila 2023.

Nah, untuk memperingati Hari Lahir Pancasila 2023, berikut ini terdapat kumpulan ucapan selamat yang bisa dipasang di media sosial (medsos).

Ucapan Selamat Hari Lahir Pancasila 2023

  1. Selamat Hari Lahir Pancasila, mari kita sesama Warga Negara Indonesia menjaga kebhinekaan, kerukunan, saling menghargai, menghormati, dan menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan Tanah Air.
  2. Hari Lahir Pancasila 2023 ini menajdi simbol persatuan dan kesatuan bangsa. Kita sebagai warga negara Indonesia senatiasa merawat keberagaman agama, budaya, suku, adat, dan bahasa dengan landasan Pancasila.
  3. Kuucapkan selamat Hari Lahir Pancasila 2023. Mari kita teruskan cita-cita pendiri bangsa, jangan sampai Pancasila hanya menjadi cerita sejarah saja. Semoga kita semuasenantiasa dapat mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
  4. Pancasila menjadikan perbedaan jadi persatuan. Pancasila merajut keragaman dan keindahan. Selamat Hari Lahir Pancasila 2023.
  5. Semoga kita semua selalu mengamalkan nilai-nilai Pancasila untuk Indonesia yang lebih maju dan sejahtera. Selamat Hari Lahir Pancasila 2023!
  6. Selamat Hari Lahir Pancasila. Mari memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa, untuk Indonesia yang lebih baik.
  7. Selamat memperingati hari lahirnya Pancasila 1 Juni 2023. Mari kita semua jaga semangat persatuan dan kesatuan dengan berlandaskan semangat Pancasila.
  8. Jangan hanya hafal Pancasila, pahami makna dan terapkan juga nilai-nilainya dalam kehidupan sehari-hari! Selamat Hari Lahir Pancasila 2023 untuk seluruh warga Indonesia.
  9. Selamat Hari Lahir Pancasila 2023, semoga seluruh masyarakat Indonesia bisa memaknai arti perbedaan. Bhinneka Tunggal Ika Indonesia.
  10. Selamat Hari Lahir Pancasila 2023. Semoga kita semua selalu menjunjung nilai-nilai Pancasila yang memiliki moral dan taat pada hukum dan agama.

Demikian ucapan selamat Hari Lahir Pancasila yang pada tahun ini diperingati pada Kamis, 1 Juni 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya