Kumpulan Foto Aksi Demo di Bundaran Kartasura: Berawal Damai, Berakhir Ricuh
Massa memadati Bundaran Tugu Kartasura, Sukoharjo, untuk aksi unjuk rasa menolak pengesahan Omnibus Law UU Cipta Kerja, Kamis (8/10/2020). (Solopos/Burhan Aris N)

Solopos.com, SUKOHARJO -- Aksi unjuk rasa ribuan orang dari aliansi Solo Raya Menggugat di Bundaran Tugu Kartasura, Sukoharjo, yang tadinya berlangsung damai berakhir dengan kericuhan, Kamis (8/10/2020).

Polisi berkali-kali harus menembakkan gas air mata saat massa mulai bertindak anarkistis dengan melempari petugas menggunakan botol bekas air minum dan batu.

Tak hanya itu, satu unit truk milik Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Sukoharjo yang berada di lokasi untuk membantu pengamanan jalannya demo juga dibakar massa.

Begitu pula sejumlah sepeda motor milik warga yang terparkir di depan pertokoan tak jauh dari lokasi unjuk rasa. Hingga hari gelap sekitar pukul 18.00 WIB, sebagian massa belum juga mau membubarkan diri.

Mereka tetap berkerumun di beberapa titik bahkan berusaha kembali ke titik awal kumpul untuk aksi. Sampai akhirnya polisi kembali menembakkan gas air mata untuk menghalau mereka.

Polisi juga melakukan patroli ke gang-gang kampung untuk menyisir peserta aksi yang bersembunyi. Mereka dikhawatirkan kembali ke Bundaran Kartasura untuk demo lagi ketika situasi sudah terkendali.

Jalannya aksi unjuk rasa itu diabadikan oleh jurnalis Solopos.com, Indah Septiyaning Wardhani, dan jurnalis foto Solopos, Burhan Aris Nugroho, berikut ini:

Massa aksi demo tolak Omnibus Law melakukan longmarch ke Bundaran Tugu Kartasura, Sukoharjo, Kamis (8/10/2020). (Solopos/Burhan Aris N)

 

Massa mendengarkan orasi di Bundaran Tugu Kartasura, Sukoharjo, Kamis (8/10/2020). (Solopos/Burhan Aris N)

 

Massa mulai berlarian menghindari tembakan gas air mata saat aksi berubah ricuh di Bundaran Kartasura, Sukoharjo, Kamis (8/10/2020). (Solopos/Burhan Aris N)

 

Jurnalis foto Solopos, Burhan Aris Nugraha, terkena gas air mata saat meliput aksi unjuk rasa di Bundaran Kartasura, Solo, Kamis (8/10/2020). (Istimewa)

 

Situasi saat satu unit truk Satpol PP Sukoharjo dibakar massa pengunjuk rasa di Bundaran Kartasura, Kamis (8/10/2020). (Solopos/Burhan Aris N)

 

Truk water canon milik kepolisian menyemprotkan air ke truk milik Satpol PP yang dibakar massa saat aksi unjuk rasa di Bundaran Tugu Kartasura, Sukoharjo, Kamis (8/10/2020). (Solopos/Indah Septiyaning W)

 

Sisa-sisa truk Satpol PP Sukoharjo yang dibakar massa pengunjuk rasa di Bundaran Kartasura, Sukoharjo, Kamis (8/10/2020). (Solopos/Burhan Aris N)

 

Aparat keamanan membubarkan massa di Bundaran Kartasura, Sukoharjo, dengan tembakan gas air mata dan bersiap patroli gang-gang kampung untuk mencari pengunjuk rasa yang bersembunyi, Kamis (8/10/2020). (Solopos/Burhan Aris N)



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom