SOLOPOS.COM - Ilustrasi pasangan suami istri menunjukkan buku nikah. (JIBI/Solopos/Antara)

Harianjogja.com, KULONPROGO-Stok buku nikah di Kulonprogo lebih, sekalipun tahun ini tidak mendapat kiriman dari pemerintah pusat. Berdasarkan data yang dihimpun dari Kantor Kementrian Agama Kulonprogo, sampai dengan Oktober 2013 masih terdapat 4.700 pasang buku nikah.

Kepala Kantor Kemenag Kulonprogo, Edhi Gunawan, mengatakan, ia memantau dan mengevaluasi stok buku nikah di tiap KUA per tiga bulan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Dirjen juga mengadakan pemantauan secara berkala,” ujarnya, Rabu (30/10/2013). Tujuan dari pemantauan, supaya keluar masuk buku nikah tetap terpantau dan tidak disalahgunakan.

Ekspedisi Mudik 2024

Terkait berlebihnya stok buku nikah di Kulonprogo, Edi menilai, angka perkawinan di Kulonprogo yang stabil menjadi salah satu penyebabnya.

Ia menyebutkan, rata-rata dalam satu tahun terjadi 3.000-an perkawinan di Kulonprogo. Dari tahun ke tahun, angka tersebut relatif sama. “Tetapi jika dibandingkan dengan 2005, bisa dikatakan terjadi penurunan sebab saat itu dalam satu tahun tercatat 5.000 perkawinan,” urainya.

Ia berasumsi, urbanisasi menjadi salah satu penyebab menurunnya angka perkawinan di Kulonprogo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya