SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

KULONPROGO—Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kulonprogo tengah menyiapkan sebanyak 250.000 batang bibit pohon untuk program Kebun Bibibt Rakyat (KBR).

Menurut Kasie Konservasi Bidang Kehutanan Dinas Pertanian dan Kehutanan (Dispertahut) Kulonprogo, Basir Amri, KBR merupakan langkah dari Pemkab Kulonprogo untuk melakukan konservasi dan penghijauan di Kulonprogo.

Promosi Isra Mikraj, Mukjizat Nabi yang Tak Dipercayai Kaum Empiris Sekuler

“Bibit tanaman tersebut nantinya akan dibagikan kepada 25 unit KBR yang ada di 12 kecamatan dan saat ini baru mulai tahap pengolahan tanah,” katanya, Rabu (10/8).

Selain tengah menyiapkan bibit tanaman untuk KBR, Balai Besar Daerah Aliran Sungai (BBDAS) juga memiliki program penanaman cemara laut dan udang seluas 101 hektare.

“Program 101 hektare penanaman cemara laut dan cemara udang itu meliputi tiga kecamatan yaitu Galur, Wates, dan Panjatan,” ujarnya.

Kepala Bidang Kehutanan Dispertahut Kulonprogo, Herismoyo meminta masyarakat untuk waspada akan potensi terjadinya kebakaran hutan dengan tidak membakar sampah sembarangan mengingat saat ini adalah musim kemarau.

Menurut Herismoyo, banyak dedaunan di hutan yang mengering dan rawan terjadi kebakaran jika masyarakat teledor saat membakar sampah terutama di lahan yang dekat dengan hutan. “Dikhawatirkan api bisa merembet dan membakar pepohonan di hutan,” katanya.(Harian Jogja/Dasa Saputra)

Foto Ilustrasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya