SOLOPOS.COM - Ilustrasi bursa kerja (JIBI/Solopos/Dok.)

Kulonprogo merencanakan SMS gateway untuk para pencari kerja

Harianjogja.com, KULONPROGO-Pemkab Kulonprogo menargetkan adanya sistem sms gateaway untuk para pencari kerja di Kulonprogo. Sistem ini dianggap jauh lebih efektif dibandingkan informasi kerja melalui web atau papan pengumuman manual.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Eko Wisnu Wardhana, Kepala Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Kulonprogo mengatakan masyarakat Kulonprogo membutuhkan sistem informasi lowongan pekerjaan via sms karena jauh lebih cepat dan praktis.

“Jika sms gateaway kan tersebarnya cepat,” ujarnya pada Senin (6/2/2017).

Maksudnya, warga yang nomornya terdaftar akan mendapatkan sms pemberitahuan setiap kali ada pekerjaan yang tersedia.

Bahkan, apabila warga terkait sudah mendapatkan pekerjaan pun tetap bisa menerima SMStersebut. Harapannya, warga tersebut bisa menyampaikan informasi kepada sekelilingnya.

Eko mengatakan selama ini lowongan pekerjaan banyak tersebar di sosial media namun validitasnya masih dipertanyakan. Karena itu, info via SMS dari Pemkab Kulonprogo ini sekaligus menjamin ketersedian dan keabsahan kesempatan kerja tersebut.

Eko sebenarnya menyarakan jika masyarakat Kulonprogo getol mencari informasi kesempatan kerja di bursa kerja online yang sudah tersedia. Namun, diakuinya kebanyakan warga masih belum awam dengan sistem online ini. Sementara sistem manual dengan pengumuman di dinas sendiri masih kurang diminati.

Dikatakan jika kesempatan kerja yang tersedia sebenarnya sangat terbuka lebar. Itulah kenapa tingginya jumlah pengangguran di Kulonprogo sebenarnya sangat disayangkan.

Namun, seringkali ketersediaan lowongan pekerjaan juga tidak terpenuhi karena pendaftar kurang memenuhi persyaratan yang diminta perusahaan terkait. Terakhir, hanya ada ada 44 orang lolos bekerja di perusahaan di Batam meskipun kebutuhan mencapai 200 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya