Kulonprogo Minim Kelengkapan Jalan

 Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Antara)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Harianjogja.com, KULONPROGO-Kabupaten Kulonprogo kekurangan sarana dan prasarana kelengkapan jalan, seperti rambu-rambu lalu lintas, marka jalan, pagar pengaman jalan, penunjuk arah, serta lampu traffic light. Minimnya anggaran menjadi penyebab pemasangan sarana dan prasanana kelengkapan jalan tidak bisa maksimal.

Data yang dihimpun dari Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi Kulonprogo menyebutkan, kebutuhan rambu-rambu lalu lintas sebanyak 2.748 unit, marka jalan sepanjang 41.625 meter persegi, pagar pengaman jalan sepanjang 25.121 meter, rambu penunjuk jalan sejumlah 186 unit, dan traffic light sebanyak 16 unit. Sementara, sampai dengan 2013 terealisasi rambu-rambu lalu lintas sebanyak 1.195 unit, marka jalan sepanjang 32.568 meter persegi, pagar pengaman sepanjang 1.171 meter, penunjuk jalan 52 unit, serta traffic light 13 unit.

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

Kasi Manajemen Lalu Lintas Dishubkominfo Kulonprogo, Hermawan, menyebutkan, pengadaan sarana dan prasarana terkendala keterbatasan anggaran. Dari APBD murni dianggarkan 10%, sementara sisanya kami mengandalkan Dana Alokasi Khusus (DAK),” ujarnya saat dihubungi Harian Jogja, Minggu (17/11/2013). Sepanjang 2013, anggaran yang diberikan untuk pengadaan sarana dan prasarana jalan kabupaten berkisar Rp500 jutaan.

Menurut Hermawan, di Kulonprogo perlu pengadaan sarana dan prasarana jalan terlebih untuk wilayah pegunungan dengan topografi yang curam dan berkelok-kelok. Sementara, keterbatasan dana membuat pengadaan sarana dan prasarana kelengkapan jalan hanya bisa diterapkan di seputar Kota Wates.

Kendati demikian, pada 2014 Dishubkomifo berencana untuk menyasar daerah pegunungan, seperti Girimulyo, Samigaluh, dan Kokap. “Tapi jumlah yang bisa kami adakan juga belum maksimal karena anggaran minim,” tegasnya.

Ia berharap, pemerintah dapat menganggarkan kegiatan ini dalam APBD murni sehingga tidak hanya bergantung dengan DAK. Bagaimana pun, imbuhnya, persoalan pengadaan sarana dan prasarana kelengkapan jalan kabupaten juga mencakup pemeliharaannya. “Sejauh ini belum ada anggaran untuk pemeliharaan,” tukas dia.

Wakil Ketua Komisi III DPRD Kulonprogo, Hamam Cahyadi, menuturkan, prioritas pertama di Kulonprogo adalah pemantapan infrastruktur jalan. “Harapan kami 70 persen jalan kabupaten mantap,” ungkapnya.

Jika hal itu sudah terealisasi, kata dia, akan diikuti dengan pengadaan sarana dan prasarana kelengkapan jalan. Ia tidak menampik, jika solusinya Dishubkominfo harus mencari pendanaan di luar APBD sampai kondisi infrastruktur jalan terpenuhi.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Espos Plus

      Indonesia Butuh Cetak Biru Pedagogi Digital

      + PLUS Indonesia Butuh Cetak Biru Pedagogi Digital

      Indonesia membutuhkan cetak biru pedagogi digital. Kebutuhan ini urgen berdasarkan pengalaman penyelenggaraan pendidikan pada masa pandemi Covid-19. Pandemi kini telah masuk tahun ketiga.

      Berita Terkini

      Seorang Lansia di Grobogan Ditemukan Meninggal di Pinggir Sungai

      Seorang pria lansia ditemukan meninggal di pinggir sungai di Dusun Buduran, Desa Mojorebo, Kecamatan Wirosari, Grobogan.

      Bawaslu Jateng Surati Gubernur, Pangdam, dan Kapolda, Ada Apa?

      Bawaslu Jateng menyurati Gubernur Jateng, Kapolda Jateng, dan Pangdam IV Diponegoro agar mengingatkan jajarannya untuk menjaga netralitas dalam Pemilu 2024.

      Solo Batik Carnival Bakal Kembali Digelar, Kali Ini di 2 Dunia

      Solo Batik Carnival (SBC) akan kembali digelar di Kota Solo setelah dua tahun terhenti. SBC kali ke-13 ini akan digelar pula di dunia maya melalui aplikasi Kotamaya.

      Terancam Penjara 4 Tahun, Ini Pasal yang Bisa Menjerat Putri Sambo

      Jika terbukti memberikan laporan palsu, Putri Candrawathi dan Ferdy Sambo terancam hukuman empat tahun penjara.

      Toyota Hadirkan Mobil Konsel LF-Z Electrified di Ajang GIIAS 2022

      Ajang GIIAS 2022, Toyota membawa kendaraan konsep LF-Z Electrified Concept dan Asia Premiere of The All New Lexus RX.

      Gol Throw In Dewangga Dianulir, Persib Bandung Raih Kemenangan Perdana

      Persib Bandung akhirnya meraih kemenangan perdana pada Liga 1 musim 2022/2023 setelah menundukkan PSIS Semarang dengan skor 2-1.

      Saat Dituduh Melecehkan, Brigadir J Berada di Luar Rumah Ferdy Sambo

      Semua saksi yang diperiksa Bareskrim menyatakan Brigadir J tidak berada di dalam rumah Ferdy Sambo di Kompleks Duren Tiga, Jakarta Selatan, sebelum kejadian.

      Persis Solo Vs Persita: (Masih) Menanti Pembuktian Jacksen Tiago

      Pelatih Persis Solo, Jacksen Fereirra Tiago, sebelum laga menyampaikan dengan kehadiran dua pemain asing baru yakni Fernando Rodriguez dan Ryo Matsumura diharapkan dapat membantu persiapan tim.

      Jessica Iskandar Kenang Momen Beli Mobil Mewah

      Jessica Iskandar mengenang momen saat dirinya membeli mobil mewah.

      Sejarah Wonorejo Sukoharjo, Desa Pelosok Kediaman Guru Ngaji PB IV

      Desa Wonorejo, Kecamatan Polokarto, Kabupaten Sukoharjo, konon kabarnya telah ada sejak masa pemerintahan Raja Ketiga Keraton Kasunanan Surakarta, Sri Susuhunan Paku Buwana (PB) IV atau yang kerap disapa Sunan Bagus.

      Meriah! Begini Suasana Pawai Jolen Tradisi Merti Desa di Semarang

      Acara merti desa berupa pawai Jolen di Desa Kemetul, Kecamatan Susukan, Kabupaten Semarang, berlangsung cukup meriah.

      Kejar Momen Akhir Tahun, Proyek TSTJ Digeber Agar Bisa Buka 23 Desember

      Pengelola Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) Solo berupaya agar sudah bisa kembali beroperasi sebelum Natal tahun ini. TSTJ Solo mulai ditutup pada September 2022.

      Catat! Aturan Wajib Nonton Padi Reborn di Alun-Alun Wonogiri Malam Ini

      Penyelenggara konser Padi Reborn di Alun-alun Wonogiri merilis aturan menonton konser melalui akun instagram resmi mereka @Seven.co.pro.

      Kontak Telepon di Handphone Terhapus? Begini Cara Mengembalikannya

      Anda kini tidak perlu khawatir jika kehilangan kontak telepon dari daftar kontak di HP. Karena bisa menggembalikannya dengan beberapa cara.

      Babak Pertama: Persib Dapat Penalti, PSIS Membalas lewat Taisei

      Laga babak pertama Persib Bandung kontra PSIS Semarang dalam laga lanjutan Liga 1 di Stadion GBLA berakhir dengan skor 1-1.

      BPBD Sragen Imbau Warga Waspadai Cuaca Ekstrem

      Cuaca ekstrem berupa hujan lebat disertai angin kencang dan petir diprediksi terjadi merata di semu wiayah di Sragen. BPBD mengimbau warga untuk waspada.