SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

KULONPROGO—Meski pelabuhan Tanjung Adikarta Kulonprogo belum juga rampung, namun monumen peringatan pendirian pelabuhan tersebut kini sudah bisa dinikmati masyarakat.

Berada tepat di ujung timur Pantai Glagah, monumen yang bernama Monumen Bahari tersebut hari ini, (27/7), diresmikan oleh Bupati Kulonprogo, Toyo S. Dipo.

Promosi Championship Series, Format Aneh di Liga 1 2023/2024

Saat ditemui usai peresmian, Toyo mengatakan, monumen tersebut sebagai simbol kebanggan Kulonprogo dalam membangun pelabuhan Tanjung Adikarta yang ditargetkan selesai 2015 mendatang. ”Ini adalah simbol [pelabuhan] Tanjung Adikarta. Simbol Kulonprogo sebagai Kabupaten Bahari. Sebagai langkah awal, monumennya dulu ya,” ujarnya.

Pembangunan pelabuhan tersebut kini masih dalam tahap negosiasi alot dengan warga, terkait harga pembebasan tanah warga Karangwuni untuk keperluan akses jalan menuju pelabuhan.

Diakui Toyo, pemerintah kini masih fokus pada pembebasan lahan tersebut, mengingat jalan selebar 24 meter tersebut nantinya merupakan akses satu-satunya bagi kendaraan besar yang hendak menuju ke pelabuhan.(Harian Jogja/Arief Junianto)

Foto: Peresmia Monumen Bahari Kulonprogo (Harian Jogja/Arief Junianto)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya