SOLOPOS.COM - ilustrasi

ilustrasi

KULONPROGO—Pasokan air bersih minum dan irigasi di Kulonprogo hampir kritis. Jika debit air di Waduk Sermo, Hargowilis, Kokap turun sampai lima meter, kabupaten ini memasuki siaga kekeringan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ditemui di kawasan Waduk Sermo, Senin (25/6) siang, petugas instrumentasi, Novika Prabowo Andrianto menginformasikan, sepekan terakhir ini, debit air sudah turun sekitar dua meter. Sebelumnya ketinggian air terhitung mencapai 136,77 meter, kemudian turun menjadi 134,27 meter.

Ekspedisi Mudik 2024

Meski demikian, menurut dia pasokan air untuk irigasi dan air minum di Kulonprogo masih dalam status normal. ”Walau turun dua meter tapi masih dalam wilayah normal,” ungkapnya.

Akan tetapi, ke depan pasokan air untuk irigasi dan air minum akan memasuki masa kritis jika debit air kembali turun. Menurut Prabowo, jika ketinggian air semakin menurun dan mencapai titik 128,53 meter Kulonprogo bisa memasuki masa siaga kekeringan.

”Masih agak jauh bedanya sekitar enam meter dari debit air saat ini. Ke depan kami belum bisa memperkirakan laju penurunan debit karena cuaca juga belum menentu,” lanjut dia.(ali)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya