SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Seusai memakan buah semangka yang manis dan segar, jangan buru-buru membuang daging putihnya. Pasalnya lapisan kulitnya ternyata dapat mengatasi kerontokan rambut secara alami.

Pakar kecantikan, Iwan Saputra menjelaskan, rambut  rontok biasanya menjadi kendala bagi kaum wanita. Meski demikian, tak jarang gangguan serupa terjadi pada laki-laki. Bahkan sebagian besar di antara mereka merasa khawatir jika sampai mengalami kebotakan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Ada banyak hal yang dapat menjadi penyebab kerontokan rambut, mulai dari stres, gizi tidak seimbang, faktor hormonal, hingga faktor keturunan. Namun tak perlu ketakutan karena banyak cara mengatasinya, salah satunya  menggunakan lapisan kulit semangka, ” jelasnya saat ditemui Harian Jogja, di Jl. Anggajaya II, No 17, Condongcatur, Depok, Sleman, Kamis (24/11).

Pria yang pernah sekolah kecantikan di China dan Thailand ini menjelaskan, semangka merupakan buah yang umum digunakan sebagai pencuci mulut. Semangka dapat tumbuh subur, terutama di lahan sawah yang baru dipanen, bahkan jerami yang tersisa di lahan persawahan kering amat bagus sebagai media tanamnya.

Namun jika ingin menanamnya sendiri di rumah, tumbuhan merambat ini juga tidak terlalu susah. Yang perlu diperhatikan adalah kontrol lahan agar tidak tergenang air dan juga tidak kekeringan pada musim kemarau.

“Semangka sangat mudah ditemukan, manfaatnya juga luar biasa. Daging semangka yang mengandung air ini ternyata memiliki kadar protein, karbohidrat, lemak, serat, abu, dan vitamin A,B dan C yang cukup baik untuk kesehatan rambut,” jelasnya.

Cara penggunaannya cukup mudah, mula-mula siapkan semangka yang telah dicuci bersih, lalu iris kecil-kecil dan hilangkan buah merahnya. Ambil lapisan kulit buah yang berwarna putih ini. Selanjutnya bersihkan rambut dengan sampo hingga bersih, lalu oleskan kulit semangka pada rambut.

Selain mengatasi rambut rontok, lapisan kulit semangka juga dapat menyuburkan rambut dan memperkuat akar rambut. Setelah dioleskan pada seluruh bagian rambut, lalu tunggu hingga kering, dan bilas dengan air tanpa sampo.

Pemilik salon S’car Spa & Salon ini menegaskan, kulit semangka sebaiknya rutin dipakai. “Selain dengan cara pengobatan alami, ada baiknya menjaga kesehatan rambut dengan makan makanan yang mengandung nutrisi seimbang,” pungkasnya.(Wartawan Harian Jogja/Kharisma Ayu Febriana)

HARJO CETAK

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya