SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLO—Lorin Solo Hotel kembali meluncurkan menu baru untuk memuaskan hasrat para pencinta kuliner. Menu baru yang diusung memasuki bulan Mei ini adalah sate bebek dan kakap merah bakar bambu.

Eksekutif Co Chef, Budi Prasetyo, mengatakan kali ini Lorin Solo Hotel memang menyajikan dua menu yang berbeda.

Promosi Wealth Management BRI Prioritas Raih Penghargaan Asia Trailblazer Awards 2024

Daging bebek selama ini lebih banyak disajikan dalam bentuk bebek goreng maupun soto bebek. Jarang sekali restoran yang mengolah daging bebek menjadi sate.

Apalagi, mengolah daging bebek yang banyak kandungan lemaknya itu juga tidak mudah. Dibutuhkan perlakuan khusus dan bumbu yang komplet supaya daging spesies unggas tersebut tidak amis.

Ekspedisi Mudik 2024

“Kami mengolah sate bebek ini dari daging Peking Duck. Bebek jenis itu lebih empuk dan mudah diolah menjadi sate,” ujarnya kepada wartawan di Restoran Sasono Bujono, Selasa (30/4/2013).

Budi menuturkan daging bebek yang sudah dihilangkan tulangnya itu dibumbui dengan olesan perpabudan bumbu di antaranya jahe, ketumbar dan kunyit.

Daging yang sudah dioles bumbu itu dibakar sekitar 10 menit-15 menit sampai matang dan berwarna kecokelatan. Sate yang sudah matang itu dilengkapi dengan cocolan bumbu kacang dan kecap.

Menu sate bebek ini disediakan di Restoran Sasono Bujono dengan harga Rp55.000 ++. Satu porsi berisi delapan tusuk sate lengkap dengan nasi dan sambal.

Selain menawarkan sate bebek, Kampoeng Ikan juga menawarkan menu masakan kakap merah dalam bumbung.

Ikan kakap yang dimasak dalam bamboo ini adalah jenis mahi-mahi. Ikan mahi-mahi dipilih karena kadar air yang tidak terlalu tinggi. Secara umum, konsep masakan ini adalah kembali ke tradisional.

“Kami memilih media bamboo karena aroma ikan ditutup dan tidak keluar. Sehingga cita rasanya lebih gurih dan enak,” jelasnya.

Bumbu yang dipakai saat mengolah ikan mahi-mahi ini adalah bumbu jangkep di antarnya bawang merah, bawang putih, kemiri, daun jeruk, serai, cabai hijau, cabai merah, kunyit dan kencur.

Bumbu yang diiris dan dihaluskan itu dimasukkan ke dalam media bamboo bersama ikan. Setelah itu, ikan dibakar selama 20-30 menit. Satu porsi kakap merah masak bumbung ini dibanderol harga Rp55.000++. Dengan harga tersebut pengunjung dapat menikmati dua bumbung iklan plus nasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya