SOLOPOS.COM - Brambang asem yang dijual Bu Sum di Pasar Gede, Solo, Selasa (22/7/2014). (A. Nindya Paramita/JIBI/Solopos.com)

Solopos.com, SOLO – Nama brambang asem mungkin cukup asing di telinga kebanyakan pengakses Solopos.com. Tetapi tentu tidak demikian halnya bagi warga Soloraya. Bahkan, terlalu lama tak bertemu brambang asem bisa-bisa bikin warga Soloraya di perantauan menanggung rindu. Brambang asem memang makanan khas dalam khazanah kuliner Soloraya.

Hidangan ini sejatinya sederhana, hanya terbuat dari daun ubi jalar atau jeglor—demikian warga Solo biasa menyebutnya. Meskipun jeglor adalah bagian utama olahan ini, namun cita rasa makanan khas Soloraya ini sejatinya berada pada sambal brambang asem. Bahan dasar sambal inilah yang menentukan keberhasilan olahan ini memikat lidah .

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Belakangan ini, brambang asem termasuk kategori makanan yang sulit ditemui, bahkan di Soloraya sekali pun. Namun, tak perlu khawatir. Jika Anda ingin melepas rindu atau ingin memuaskan kerinduan lidah Anda dengan menyantap kuliner khas Soloraya ini, Solopos.com berhasil membujuk Bu Sum, 50, salah seorang pedagang brambang asem di Pasar Gede, Solo membocorkan resep andalannya.

Ekspedisi Mudik 2024

Berikut ini resep brambang asem sebagaimana dituturkan Bu Sum, Selasa (22/7/2014):

Bahan Brambang Asem:
1 ikat daun ubi jalar

Bahan Sambal Brambang Asem:
6 siung bawang merah
3 cabai rawit/ secukupnya
2 biji asam jawa
gula jawa secukupnya
garam secukupnya
terasi secukupnya

Cara membuat brambang asem:

1. Cuci bersih daun ubi jalar, buang tangkainya lalu rebus dengan air yang diberi sedikit garam.
Setelah daun tersebut matang, angkat dan bilas dengan air dingin lalu letakkan dalam wadah.
2. Pembuatan sambal brambang asem: bawang merah dan terasi dibakar, sesudah itu haluskan cabai, bawang merah, terasi, asam jawa, gula jawa, dan garam.
Campurkan ulekan sambal dengan sedikit air. (A.Nindya Paramita/JIBI/Solopos.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya