SOLOPOS.COM - Rawon Iga Bakar Sawunggalih. (Shoqib Angriawan/JIBI/Solopos)

Kuliner Soloraya berupa Rawon Iga Bakar Sawunggalih dan Es Tapak Suci hadir untuk menyambut Hari Kartini.

Solopos.com, SOLO — Kusuma Sahid Prince Hotel (KSPH) Solo meluncurkan sajian kuliner tradisional untuk menyambut Hari Kartini. Menu baru yang bakal menjadi sajian andalan pada April itu yakni Rawon Iga Bakar Sawunggalih dan Es Tapak Suci.

Promosi Kuliner Legend Sate Klathak Pak Pong Yogyakarta Kian Moncer Berkat KUR BRI

Executive Chef KSPH Solo, Topan Noerrudin, mengatakan dua menu baru tersebut dipilih untuk mengangkat masakan Nusantara. “Kami ingin memperdalam masakan Nusantara. Sebab, selama ini masih jarang, kebanyakan malah masakan western, japanese maupun chinese,” jelasnya kepada wartawan di hotel tersebut, Jumat (20/3/2015).

Menurutnya, menu Rawon Iga Bakar Sawunggalih tidak berbeda jauh daripada rawon umumnya. Namun, dia sedikit melakukan modifikasi pada daging dan kuah.

Daging yang digunakan adalah daging iga sapi impor. Daging iga dipilih karena memiliki kandungan protein dan omega tiga yang lebih tinggi. Dagingnya juga lebih enak dan empuk.

Sementara, kuah rawon yang digunakan dimodifikasi dengan menggunakan asam jawa. Dengan demikian, kuah rawon ini terasa lebih segar dengan sensasi rasa pedas dan gurih.

Sedangkan, Es Tapak Suci merupakan kependekan dari es tape ketan sirup leci. Dengan campuran kuah sirup leci, jus sirsat, dan air kelapa muda, minuman ini bisa menjadi desert yang menyegarkan. Minuman ini diklaim bisa menghancurkan sisa lemak dan racun yang ada di dalam tubuh.

Satu porsi Rawon Iga Bakar Sawunggalih dibanderol dengan harga Rp55.000. Sedangkan, untuk Es Tapak Suci dijual seharga Rp25.000 per porsi. Dengan diluncurkannya menu baru tersebut diharapkan bisa menggairahkan kuliner Indonesia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya