SOLOPOS.COM - Kawasan Gemolong Sragen (Moh. Khodiq Duhri/JIBI/Solopos)

Kuliner Soloraya, inilah tempat makan di kawasan Gemolong Sragen.

Solopos.com, SRAGEN — Kawasan Gemolong yang masuk wilayah Kabupaten Sragen sehari-hari ramai dilintasi pengguna jalan. Tak hanya lalu lintasnya yang sibuk, wilayah tersebut juga diramaikan dengan aneka tempat makan yang menyuguhkan aneka menu.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Anda bisa menemukan berbagai macam sajian kuliner yang hadir dari pagi hingga malam hari di Gemolong, terutama di ruas jalan Solo-Purwodadi. Mulai dari ayam goreng, soto, bakso, dan steak, bisa Anda nikmati di wilayah ini. Berikut daftar tempat makan di Gemolong yang dihimpun Solopos.com, Kamis (23/3/2017).

1. Mie Ayam & Bakso Podomoro Mas Agus Sangiran

Mie Ayam & Bakso Podomoro Mas Agus Sangiran (Vega Della Septyanti/JIBI/Solopos.com)

Mie Ayam & Bakso Podomoro Mas Agus Sangiran (Vega Della Septyanti/JIBI/Solopos.com)

Warung Mie Ayam & Bakso Podomoro Mas Agus Sangiran terletak di jalan raya Solo-Purwodadi Km 18, tepatnya di kawasan industri mebel Karangjati, Kalijambe, Sragen. Warung ini buka pukul 09.00 WIB sampai 21.00 WIB.

Warung milik Agus Salim, yang merupakan penduduk asli Sangiran, menyediakan mi ayam yang dijual dengan harga Rp3.000. Tak hanya mi ayam, warung yang buka sejak tahun 2014 juga menyediakan bakso atau mi bakso yang dijual Rp6.000 sampai Rp7.000.

Jumali, salah satu pegawai Warung Mie Ayam & Bakso Podomoro Mas Agus Sangiran, mengungkapkan mi untuk mi ayam diproduksi sendiri di warung milik bosnya.

Tersedia minuman seperti es teh, es jeruk, es susu, dan es lemon tea. Dia menambahkan ada pula tahu dan kerupuk untuk pelengkap makan bakso maupun mi ayam di warung itu.

2. Ayam Geprek Spesial Sambel Korek

Ayam Geprek Spesial Sambel Korek Gemolong (Vega Della Septyanti/JIBI/Solopos.com)

Ayam Geprek Spesial Sambel Korek Gemolong (Vega Della Septyanti/JIBI/Solopos.com)

Tempat makan kedua adalah Warung Ayam Geprek Spesial Sambel Korek. Sesuai namanya, warung yang terletak di Distrikan RT 03A, Gemolong, Sragen, tepatnya di depan SBI Gemolong, menawarkan olahan ayam dan bebek geprek dengan sambal korek. Warung ini buka dari pukul 09.00 WIB hingga 21.00 WIB.

Warung bersistem franchise milik Dodok Sartono ini menyediakan ayam geprek utuh matang dengan harga Rp54.000 dan bebek geprek utuh matang Rp74.000. Tersedia juga ayam atau bebek geprek matang per potong yang dijual mulai Rp14.000 sampai Rp20.000.

Indah, salah satu pegawai menuturkan jika ada pengunjung yang memesan ayam atau bebek geprek utuh, Rp1.000 dari harga akan diambil untuk dizakatkan.

 

3. GSM Resto

GSM Resto Gemolong (Vega Della Septyanti/JIBI/Solopos.com)

GSM Resto Gemolong (Vega Della Septyanti/JIBI/Solopos.com)

GSM (Gemolong Steak Mania) Resto terletak di sebelah utara Ayam Geprek. GSM buka pukul 09.00 WIB sampai 21.00 WIB.

Resto milik Aminan Rosidin menyediakan banyak menu mulai dari steak, ayam goreng/bakar, penyetan, satai ayam, dll. Buka sejak tahun 2005, GSM sudah mempunyai dua cabang yang sama-sama terletak di Gemolong.

Nita, salah satu karyawan GSM, menuturkan menu di GSM cabang pertama yang terletak di selatan Swalayan Lestari Baru lebih bervariasi. Sedangkan menu di GSM cabang kedua yang terletak di dekat SMA Muh 2 Gemolong hampir sama dengan GSM pusat.

Nita juga menuturkan ada menu spesial today, menu yang tidak setiap hari ada seperti pepes patin dan ayam betutu. Menu spesial today ditulis tersendiri di papan tulis yang terletak di dekat kasir.

4. Warung Hik Sakmadyo

Soto Seger Sakmadyo Gemolong (Vega Della Septyanti/JIBI/Solopos.com)

Soto Seger Sakmadyo Gemolong (Vega Della Septyanti/JIBI/Solopos.com)

Warung Hik Sakmadyo terletak di Joyorejan RT 006 RW 001, Gemolong, Sragen, tepatnya di timur jalan Solo-Purwodadi Km 21. Meskipun dalam spanduk warungnya tertulis soto seger, bukan berarti warung ini hanya menjual soto.

Buka sejak tahun 2005, warung hik ini banyak dikunjungi oleh pegawai swasta di kawasan tersebut. Sesuai namanya, sakmadyo dalam bahasa Jawa yang berarti seadanya, warung hik ini menjual makanan dengan harga mulai dari Rp500. Warung hik milik Mulyati, menyediakan makanan ala hik seperti nasi bungkus, gorengan, lauk pauk, dan lain-lain.

Temok, suami Mulyati, menuturkan nasi bungkus dijual seharga Rp1.000, sedangkan untuk nasi soto dijual seharga Rp3.000, dan gorengan dijual Rp500 per biji. Temok menambahkan warung hik yang dikelola oleh istrinya ini buka dari jam 07.00 WIB hingga jam 20.00 WIB.

5. Warung Karyo Kimpul 2

Warung Karyo Kimpul 2 Gemolong (Vega Della Septyanti/JIBI/Solopos.com)

Warung Karyo Kimpul 2 Gemolong (Vega Della Septyanti/JIBI/Solopos.com)

Warung Karyo Kimpul 2 yang menjual bakso, mi ayam, dan soto ini terletak berseberangan pas dengan Warung Hik Sakmadyo. Warung ini buka pukul 07.00 WIB hingga 21.00 WIB.

Warung milik Wijatno Kimpul ini merupakan cabang dari Warung Soto Kimpul yang terletak di sebelah selatan Pos Lantas Perempatan Gemolong.

Berbeda dengan Warung Soto Kimpul yang hanya menjual soto, istri Kimpul, menuturkan Warung Kimpul 2 menghadirkan mi ayam dan bakso.

Semangkuk mi ayam dihargai Rp3.500 dan semangkuk bakso dihargai dengan Rp6.000, sedangkan soto Rp2.000.

6. Sambel Ayu Spesial



Sambel Ayu Spesial Gemolong (Vega Della Septyanti/JIBI/Solopos.com)

Sambel Ayu Spesial Gemolong (Vega Della Septyanti/JIBI/Solopos.com)

Warung Sambel Ayu Spesial, tempat memanjakan lidah ini terletak di jalan Sukowati, Gemolong Km 1. Warung ini buka dari pukul 10.00 WIB hingga 21.00 WIB.

Warung Sambel Ayu Spesial menyediakan banyak menu mulai dari ayam goreng/bakar, lele goreng/bakar, sayuran, dan camilan. Sesuai dengan namanya yang menyertakan kata sambel, tentu saja Anda dapat menemukan sekitar 18 macam sambal di warung ini.

Warung milik Muhammad Yusuf Atmaja, buka sejak 1,5 tahun lalu dan dikelola oleh Niswatun Mubarokah, yang merupakan ibunda Yusuf. Niswatun menjelaskan nama Ayu pada warung Sambel Ayu Spesial diambil dari nama panggilannya sewaktu muda.

7. Soto Kwali Daging Sapi Barokah

Soto Kwali Barokah Gemolong (Vega Della Septyanti/JIBI/Solopos.com)

Soto Kwali Barokah Gemolong (Vega Della Septyanti/JIBI/Solopos.com)

Arena kuliner berikutnya yakni Warung Soto Kwali Daging Sapi Barokah. Warung soto ini terletak di pinggir jalan Gemolong-Sragen, tepatnya di Dukuh Klenthang RT 008, Gemolong, Sragen.

Terletak di pinggir jojrogan (turunan) jalan, kata barokah pada nama warung soto ini diambil dari nama pemiliknya, yaitu Niswatun Mubarokah. Warung soto yang sudah buka sejak tahun 2008 ini dikelola oleh ibu kandung pemilik warung Sambel Ayu Spesial.

Niswatun menuturkan semangkuk kecil soto yang dimasak dengan kuali dijual dengan harga Rp2.000. Ia juga menuturkan banyak sundukan (lauk yang disajikan dengan ditusuk seperti satai) yang dijual dengan harga mulai dari Rp4.000 dan gorengan Rp500 untuk menemani makan penikmat soto di warungnya.



8. Treend Steak & Sambal

Treend Steak & Sambal Gemolong (Vega Della Septyanti/JIBI/Solopos.com)

Treend Steak & Sambal Gemolong (Vega Della Septyanti/JIBI/Solopos.com)

Treend Steak & Sambal terletak di Jl. Gatot Subroto, tepatnya sebelah barat Luwes Gemolong. Lokasinya tak jauh dari rel kereta api. Suwarno, pemilik resto Treend Steak & Sambal menghadirkan menu spesial steak dan sambal.

Suwarno menuturkan resto yang buka pada Desember 2016, sudah mempunyai empat cabang, baik di dalam kota maupun di luar kota. Suwarno juga mengatakan jargon dalam restonya adalah murah harganya mantap rasanya.

Resto yang buka pukul 10.00 WIB hingga 21.00 WIB ini menyediakan steak, spageti, nasi goreng, ayam goreng, dan masih banyak lagi.

Seporsi chicken steak crispy dihargai dengan Rp11.500, dan untuk chicken steak original (tanpa tepung) dihargai dengan Rp16.500. (Vega Della Septyanti/JIBI/Solopos.com)





Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya