SOLOPOS.COM - Karyawati, Iin Ismawati, meracik minuman signature coffee kayu manis di Kayu Manis Coffee & Steak, Jumat (12/8/2016). (Shoqib Angriawan/JIBI/Solopos)

Kuliner Solo juga menawarkan aneka minuman kopi dengan rasa unik dan khas.

Solopos.com, SOLO – Istilah “ngopi” mungkin bukan lagi hal yang asing di telinga Anda. Dari kalangan bawah, menengah, hingga atas, ngopi sudah banyak menjadi bagian dari kehidupan masyarakat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sekarang kebiasaan meminum kopi sudah menjadi tren dan lifestyle. Tak heran jika di sejumlah kota, termasuk di Solo banyak tumbuh warung kopi modern. Coffee shop bahkan mulai menjadi destinasi wisata baru bagi kaum urban. Kopi pun dikembangkan dengan bermacam bahan lain agar menjadi menu yang unik dan elegan.

Nah, di Solo ada coffe shop yang menawarkan berbagai kopi unik, yaitu di Kayu Manis Coffee & Steak. Coffe shop yang beralamat di Jl Slamet Riyadi No. 158-162, Timuran, Solo itu memiliki menu andalan signature coffee kayu manis.

Minuman tersebut disajikan dalam dua gelas yang berbentuk unik. Satu gelas berisi tiga butir es batu yang terbuat dari campuran espreso dan kayu manis. Satu batang kayu manis juga disajikan sebagai garnis. Sementara botol lainnya berisi fresh milk atau susu segar.

Penasaran bagaimana rasa kopi tersebut, Solopos.com langsung menuangkan sedikit demi sedikit susu segar ke dalam gelas yang berisi espreso dan kayu manis yang telah dibekukan tersebut.

Setelah diaduk dan tercampur, Solopos.com segera mencicipi kopi dingin itu. Sensasi pertama yang terasa pada kopi tersebut adalah aroma kayu manis yang harum dan segarnya susu. Rasanya benar-benar unik karena espreso belum begitu terasa.

Namun, setelah es batu mencair, rasa yang muncul pada minuman ternyata berubah. Minuman tersebut didominasi rasa espreso dan harumnya kayu manis. Rasa pahit, manis, gurih dan harumnya kayu manis benar-benar membuat kopi itu terasa unik dan spesial. Signature coffee kayu manis dibanderol seharga Rp35.000.

Kopi Segala Usia

Barista Kayu Manis Coffee & Steak, Diki Wahyudin, mengaku beberapa jenis minuman tersebut diciptakan untuk memuaskan penggemar kopi. Biasanya, penggemar kopi akan penasaran bagaimana rasa kopi yang dipadukan dengan bahan-bahan lain. Selain itu, signature coffee kayu manis juga bisa dinikmati oleh siapapun.

Selain itu, Kayu Manis Coffee & Steak juga menyediakan menu kopi untuk anak-anak dan remaja, yaitu babycino. Sebenarnya, minuman tersebut sama sekali tidak menggunakan kopi.

Babycino menyajikan steam milk dan creme brulee. Pada bagian atas kemudian ditaburi dengan gula berwarna cokelat dan marshmallow.

Minuman tersebut juga memiliki dua rasa yang berbeda. Pada bagian atas terasa manis karena taburan gula, sedangkan bagian tengah dan bawah terasa gurih dan segarnya susu.Sementara, marshmallow atau manisan kenyal seperti busa ini terasa lembut di mulut. Minuman ini dijual seharga Rp9.000/gelas.

Coffe Shop yang buka setiap hari mulai pukul 10.00 WIB tersebut juga menawarkan menu nutella latte. Minuman ini merupakan perpaduan antara selai manis kacang cokelat dengan kopi.

Supaya semakin cantik, minuman ini juga diberi garnis sulai nutella dan frappe powder pada bibir gelas. Minuman yang cocok disajikan sebagai pencuci mulut ini dijual seharga Rp25.000/gelas.

Selain tiga menu tersebut, coffe shop setempat masih memiliki sekitar 27 jenis varian minuman kopi lain. Diki mengatakan Kayu Manis Coffe & Steak menyajikan kopi yang berkualitas dan spesial. Coffee shop setempat menggunakan dua jenis kopi dari Flores dan Sumatera.

“Kami ingin menyajikan kopi sebagai minuman yang spesial. Sebab, kopi ini kan juga sudah menjadi lifestyle. Dari bermacam minuman kopi ini, target kami bisa menyasar semua kalangan dari anak-anak hingga tua. Sebab kami memiliki banyak jenis minuman untuk segala usia,” katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya