Sup durian (Dok/JIBI/Solopos)

Kuliner Solo kali ini mengekspos minuman segar berbahan dasar buah durian.

Solopos.com, KARANGANYAR — Selain dimakan langsung, buah durian bisa dijadikan bahan minuman es buah, bahan membuat aneka kue, atau  bahan membuat sup buah. Kedai Bos Duren di Kompleks Cakrawala Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) Colomadu, Karanganyar, menawarkan menu sup durian dan pancake durian.

Pada Kamis (6/8/2015) lalu, Espos berkesempatan mendatangi kedai itu. Pemilik kedai, Indah Setyoningsih, ketika itu sedang sibuk melayani setiap pembeli yang datang. Espos memerhatikan Indah menyusun aneka bahan untuk membuat sup durian.

Sinergi Travel and Event Management
Graha Solo Raya Lantai 1
Jl. Slamet Riyadi No. 1 Solo, Jateng
Telp. 0271-5843678 atau 0271-2144388
HP. 085702686068
Fax. 0271 635936
www.solocitytravelguide.com
www.sinergievent.com
e-mail: sinergi_solo@yahoo.com
Marketing: www.solocitytravelguide.com

Ia menaruh potongan es batu di dalam gelas kemudian memasukkan susu kental manis dan air gula pasir ke dalam gelas tersebut. Satu takaran daging durian ia letakkan di tumpukan es batu tersebut.

Selanjutnya Indah memasukkan potongan nata de coco dan tapai ketan berwarna hijau. Bagian atasnya diberi parutan keju. Setelah menunggu sekitar lima menit, satu gelas besar sup durian disajikan di hadapan saya.

Aroma durian langsung tercium hidung. Cuaca yang panas mendorong peminatnya bersegera menikmati sup durian itu. Mulanya, aduk-aduk isi gelas itu hingga tercampur rata. Satu sendok sup durian pada siang yang panas itu benar-benar terasa enak dan segar.

Rasa manis gula dan susu kental manis berpadu dengan gurihnya keju. Daging durian terasa agak mengeras karena sebelumnya disimpan di dalam frezer. Rasanya manis dan legit. Untuk menikmati satu porsi sup durian itu penikmatnya harus siap membayar Rp10.000.

“Saya hanya menggunakan durian dari Medan untuk membuat sup durian dan pancake durian. Rasanya lebih legit dibandingkan durian lainnya,” kata Indah.

Selain menjual sup durian, Kedai Bos Duren juga menjual pancake durian. Indah menjual pancake durian seharga Rp10.000/biji. Jika ada yang membeli 10 biji sekaligus, Indah memberi diskon sehingga harganya hanya Rp90.000.

Indah memiliki cukup banyak stok pancake durian di rumahnya. Ia membuat pancake aneka warna untuk menarik perhatian pembeli. Ada pancake berwarna hijau, merah muda, kuning, biru, putih, ungu.

Saat mencicipi dua pancake berwarna hijau dan kuning, kulit pancake itu sangat tipis. Mudah memotong pancake dengan sendok. Kulit pancake terbuat dari adonan tepung terigu dan telur yang dimasak dengan pan khusus di atas api kecil. Indah tidak menambahkan gula pasir pada adonan pancake karena rasa manis dari wipe cream dan daging durian yang menjadi isiannya sudah cukup.

Pancake itu terasa lembut di mulut. Selain daging durian, di dalam pancake itu juga ada wipe cream yang lembut. Perpaduan yang pas dan tidak terasa eneg.

Indah menceritakan awalnya ia menjual sup durian di dekat kampus Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). Ia kemudian sibuk mengurus anaknya dan memindahkan lokasi berjualan di halaman rumahnya.

Pada hari-hari biasa, omzet penjualan Indah mencapai ratusan ribu rupiah. Jika sedang ramai atau banyak pesanan, omzetnya bisa sampai jutaan rupiah.

“Beberapa lembaga jadi langganan saya, sering memesan sup durian. Pesanan minimal 30 porsi akan saya antarkan,” kata Indah.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten