SOLOPOS.COM - Es klamoed aneka rasa (Shoqib Angriawan/JIBI/Solopos

Kuliner Solo menghadirkan cara baru minum es kelapa muda.

Solopos.com, SOLO – Siapa yang tidak tahu es kelapa muda? Minuman yang juga disebut es degan ini begitu akrab di telinga kita.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Minuman yang terbuat dari serutan kelapa dan air kelapa muda ini sangat mudah kita jumpai di pedagang kaki lima hingga restoran. Tak sekadar menjadi pengusir dahaga, air kelapa muda ini juga memiliki beragam khasiat.

Air kelapa muda mengandung elektrolit yang mampu mengganti cairan tubuh yang hilang karena berkeringat. Bahkan, air kelapa muda juga dipercaya mengatasi kerontokan rambut dan menghilangkan jerawat di kulit.

Biasanya, air kelapa muda diberi gula putih ataupun gula merah agar terasa lebih manis. Nah, tahukah kalau air kelapa muda ini bisa dikreasikan menjadi minuman berkelas dan lezat? Outlet yang ada di Cangwit Creative Space, Clamoed, menyediakan aneka minuman dari bahan kelapa muda.

Salah satu minuman yang paling laris adalah lychee coconut water. Cukup sederhana untuk membuat minuman ini. Air dan parutan kelapa muda dicampur dengan bongkahan es, lalu diblender hingga lembut.

Mereka tidak menggunakan gula sebagai pemanis. Namun, mereka menggantinya dengan susu kental manis dan sirup leci. Minuman tersebut disajikan dengan topping es krim vanilla yang ditaburi dengan choco chip ataupun jeli.

Tak sabar, Solopos.com pun langsung mencicipi minuman lychee coconut water tersebut. Meski telah dicampur dengan susu dan sirup leci, rasa khas kelapa muda masih tetap nendang. Serutan daging kelapa muda yang lembut dan legit terasa kenyal di mulut. Sementara, es krim dan choco chip pun semakin memperkaya rasa es degan tersebut.

Penasaran, Solopos.com juga mencicipi varian coconut milk. Rasa air degan yang dicampur susu sangat pas. Tak heran jika kuliner yang digagas tiga orang anak muda, Vevry Hari Saputro, Qholfi Anggi US, dan Rahmatul Husna ini berhasil merebut hati konsumen. Salah satu pemilik, Qholfi Anggi US, mengaku sangat berhati-hati dalam mengkombinasikan air kelapa muda dengan bahan lain. Hal itu dilakukan agar rasa khas kelapa muda masih tetap terjaga.

“Kami pernah mencoba dengan bahan lain, tetapi rasa es degannya menjadi hilang. Kami ingin agar rasa khas degannya ini tetap ada,” ujarnya saat ditemui Solopos.com di Cangwit Creative Space, Kamis (25/2/2016). Aneka menuman es degan tersebut dijual seharga Rp8.000/gelas hingga Rp10.000/gelas.

Selain rasa buah leci dan original, Clamoed memiliki tiga jenis varian es degan lainnya, yakni orange coconut water, strawberry coconut water, dan mocha coconut water. Saat ini, mereka ingin mengembangkan varian rasa dan aneka camilan dari kelapa lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya