SOLOPOS.COM - Rumah Makan Sumringah, Jl Adi Sucipto Solo (Bayu P/JIBI/Solopos.com)

Kuliner Solo menyajikan kawasan aneka kuliner di Jl Adi Sucipto Solo.

Solopos.com, SOLO —  Sejumlah rumah makan di Jl. Adi Sucipto menyediakan makanan dengan tema masakan jawa. Rumah makan tersebut antara lain, Rumah Makan Pawon Omahkoe dan Rumah Makan Sumringah.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Rumah Makan Pawon Omahkoe
Rumah makan ini terdapat di sebelah barat Hotel Lor In. Di sebelah kanan terdapat pematang sawah hijau yang memanjakan mata. Dulunya, seperti yang di ceritakan Ismiyati selaku pengelola, rumah makan ini bernama Bengawan Solo yang makanan spesialnya adalah olahan bebek. Kemudian berganti nama menjadi Pawon Omahkoe yang menjajakan makanan khas Jawa.

Rumah makan ini dibagi menjadi dua tempat. Pertama, bagian depan yang dipakai untuk khusus untuk rumah makan yang menjajakan soto di pagi hari. Kedua, bagian belakang dari rumah makan soto dipakai menjadi rumah makan aneka masakan di siang hari.

Untuk rumah makan yang beroperasi di pagi hari, makanan yang disajikan adalah soto dengan bumbu spesial milik pemilik rumah makan tersebut. Lalu, untuk bagian rumah makan aneka masakan menyediakan makanan khas jawa.

“Disini kalau siang yang menjadi andalan ya spesial rawon bakar, iga bakar, gurame goreng dan bakar, rawon penyet, sama gulai ceker,” terang pengelola Rumah Makan Pawon Omahkoe Ismiyati kepada Solopos.com, Sabtu (11/7/2015).

Untuk minuman yang ditawarkan ada minuman spesial Pawon Omahkoe, yaitu es campur pawon dan es kelapa muda jeruk. Selain itu juga ada minuman biasa seperti es teh, es jeruk, teh anget, jeruk anget, juga air es.

Ismiyati menambahkan untuk harga dari paket makanan dan minuman di menu berkisar antara Rp30.000 hingga Rp50.000. Untuk soto harga berkisar antara Rp9.000 sampai Rp10.000.

Selain pematang sawah di sisi kanan rumah makan, di Pawon Omahkoe juga menyediakan musala, toilet, serta tempat parkir yang luas.

“Kalau jam buka disini ada dua Mas. Pertama kan dipakai untuk yang soto, itu biasanya buka pukul 06.30 WIB sampai jam 10.00 WIB. Kedua, yang masakan jawa buka pukul 07.00 WIB sampai 17.00 WIB. Khusus untuk bulan puasa buka pukul 11.00 WIB sampai 21.00 WIB. Lalu untuk hari H Lebaran, kami tutup tanggal  17 Juli. Selanjutnya buka seperti biasa,” terang Ismiyati.

Rumah Makan Sumringah
Rumah makan yang terletak di Jl. Adi Sucipto ini diapit oleh sawah di kedua sisinya. Sehingga dapat memanjakan mata pembeli dengan hijaunya tanaman padi.

Rumah makan ini terdapat berbagai macam makanan. Akan tetapi, makanan yang menjadi andalan disini adalah gurame asam manis dan iga bakar. Dengan budget Rp30.000 sampai Rp40.000, paket makanan dan minuman dapat dinikmati.

Untuk minuman, di Sumringah menyediakan beberapa sajian yang biasa maupun yang spesial. Minuman biasa antara lain es teh, es jeruk, teh anget, jeruk anget, dan air putih. Sedangkan minuman speisal terdapat Wedang Sumringah dan Es Sumringah.

“Wedang Sumringah itu adalah wedang jahe herbal yang disajikan di kondisi yang panas. Lalu, kalau Es Sumringah itu campuran dari jus sirsak, cimcau, dan rumput laut,” terang Eko Santoso selaku karyawan di Rumah Makan Sumringah kepada Solopos.com, (11/7/2015).

Selain menyajikan pemandangan persawahan yang hijau, di tempat ini juga menawarkan beberapa fasilitas untuk para pembeli. Fasilitas-fasilitas tersebut antara lain toilet, musala, taman, halaman luas, dan ruang pertemuan.

Untuk waktu buka rumah makan ini, Eko menjelaskan jika pada hari biasa Sumringah buka pukul 08.00 WIB sampai 22.00. Lalu untuk bulan puasa, buka untuk tamu pukul 16.00 WIB sampai 22.00 WIB. Khusus untuk hari H Lebaran, Sumringah libur satu hari tanggal 17 Juli. Setelah itu buka seperti biasa.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya