SOLOPOS.COM - Ilustrasi teh poci yang menjadi tradisi masyarakat Tegal. (Shoqib Angriawan/JIBI/Solopos)

Kuliner Solo semakin marak dengan hadirnya Solo Tea yang menyajikan beragam minuman teh.

Solopos.com, SOLO – Meminum teh setiap hari bukanlah kebiasaan yang aneh bagi masyarakat Indonesia. Minuman ini bisa diminum kapanpun kita mau. Minuman yang satu ini juga tidak mengenal golongan dan kelas sosial karena semua orang bisa menikmati teh.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dahulu, teh sering kali diseduh terlebih dahulu dengan poci. Seiring perkembangan zaman, poci ini mulai ditinggalkan. Masyarakat mulai menggantinya dengan wadah yang lebih modern yang terbuat dari logam maupun gelas.

Sekarang, kita pun sulit menemukan kedai ataupun warung yang menyediakan teh yang diseduh dengan poci. Nah, di Solo ada tempat nongkrong yang menyediakan minuman teh yang diseduh dengan poci, yaitu di Solo Tea.

Ekspedisi Mudik 2024

Di tempat yang beralamat di Jl Mojo, Karangasem, Laweyan ini kita bisa menjumpai beragam varian rasa teh yang unik. Salah satu minuman unggulannya yakni solo tea. Minuman ini merupakan teh dengan rasa original. Espos kemudian memesan menu tersebut yang berukuran small.

Tak berselang lama, menu tersebut diantar oleh pekerja dengan membawa nampan yang terbuat dari gerabah. Di atas nampan tersebut terdapat poci, dua buah cangkir dari tembikar, sendok, dan gula. Aroma harum teh yang khas tercium saat tutup poci dibuka.

Tidak lupa sebelumnya dituangkan terlebih dahulu gula pasir ke dalam cangkir. Gula ini sengaja dipisahkan agar pengunjung bisa menyesuaikan sendiri tingkat kemanisan teh yang dikehendaki.

Rasa teh original yang sedikit pahit dan disajikan di atas cangkir tembikar begitu nikmat. Teh panas tersebut sangat cocok untuk menghangatkan tubuh di tengah dinginnya angin malam itu. Selain gula pasir, penikmat teh juga bisa memilh menggunakan pemanis dari gula batu. Hal itu tentu menambah kenikmatan untuk menikmati teh. Solo tea small dijual seharga Rp9.000. Pelanggan juga bisa memesan teh dengan porsi besar.

Selain teh rasa original, Solo Tea juga memiliki bermacam varian rasa, seperti jasmine tea, coffee tea, milk tea, chocolate tea, dan rasa buah. Espos pun memesan teh dengan rasa apel. Kali ini, solopos.com menjajal teh yang disajikan dingin dengan es batu.

Ternyata, penyajiannya juga tidak jauh berbeda dengan yang hangat. Teh tetap diseduh dengan menggunakan poci, sedangkan es batu disajikan dalam wadah tersendiri. Saat meminumnya, aroma teh dan rasa apel terpadu sempurna dalam minuman. Minuman apple tea ini dijual seharga Rp12.000.

Pemilik Solo Tea, Abadi Bobot, mengatakan tongkrongan tersebut didirikan karena selama ini masih jarang tempat kuliner yang menyediakan khusus teh.

“Selama ini pasar paling tinggi masih pada kopi, sedangkan teh masih jarang. Padahal, orang Jawa sangat suka terhadap tradisi ngeteh ini. Jadi saya mencoba mendirikan tempat khusus ngeteh ini,” ujarnya saat dihubungi solopos.com, Kamis (9/6/2016).

Hingga saat ini dia telah memiliki 16 varian rasa teh. Harga yang ditawarkan mulai Rp6.000 hingga Rp14.000.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya