SOLOPOS.COM - Martabak Black Forest (Dok/JIBI/Solopos)

Kuliner Solo kali ini mengekspos aneka variasi terang bulan atau martabak manis di Kota Bengawan.

Solopos.com, SOLO — Kue terang bulan dengan topping cokelat, keju, kacang, dan pisang, mudah ditemukan di kawasan Soloraya, terutama di kawasan perkotaan. Bagaimana dengan terang bulan dengan topping durian, cokelat silverqueen, jagung manis, dan beberapa jenis topping lainnya, ya? Tentu jadi lebih istimewa.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Nah, terkait dengan variasi kue terang bulan tersebut, ada satu gerai di Solo yang menjual penganan manis tersebut. Gerai itu adalah Terang Boelan 99, yang berada di Jl. Gajah Mada No. 244, Solo.

Menyempatkan bertandang ke gerai Terang Boelan 99, Jumat (10/7/2015) lalu, ternyata pemilik gerai tersebut menawarkan aneka rasa, yaitu terang bulan orisinal berwarna kuning kecokelatan, terang bulan red velvet berwarna merah dengan cita rasa cokelat, terang bulan pandan berwarna hijau dengan aroma daun pandan yang harum sehingga rasanya lebih gurih, terang bulan green tea berwarna hijau, terang bulan black forest berwarna hitam yang cocok bagi pencinta cokelat, dan terang bulan blueberry berwarna biru.

Sinergi Travel and Event Management
Graha Solo Raya Lantai 1
Jl. Slamet Riyadi No. 1 Solo, Jateng
Telp. 0271-5843678 atau 0271-2144388
HP. 085702686068
Fax. 0271 635936
www.solocitytravelguide.com
www.sinergievent.com
e-mail: sinergi_solo@yahoo.com
Marketing: www.solocitytravelguide.com

Aroma durian yang sangat kuat langsung tercium ketika salah satu pemilik Terang Boelan 99, Gani Cahyadi, menyajikan satu porsi rasa manis orisinal dengan selai durian dan kurma.

Kepulan asap terang bulan yang baru saja matang juga menguarkan  aroma khas. Bagi penggemar durian, hmmm…. aroma duriannya sangat menggoda.

Kelembutan daging buah durian berpadu dengan gurih terang bulan. Untuk menikmati satu porsi terang bulan berdiameter 28 sentimeter dengan selai durian dan kurma, pembeli harus membayar Rp85.000.

Satu porsi terang bulan diiris menjadi 16-20 bagian. Porsinya cukup besar sehingga cocok dinikmati ramai-ramai, dengan teman atau keluarga. Kalau hanya dimakan sendiri, dijamin akan kekenyangan dan mungkin tidak akan habis.

Di gerai Terang Boelan 99 ini, kue terang bulan disajikan dalam nampan besar dilengkapi sendok garpu kecil-kecil. Namun, bagi Anda yang ingin membawa pulang kue terang bulan, maka kue tersebut akan dikemas dalam kotak karton berwarna merah.

Selain mencicipi terang bulan dengan topping durian dan kurma, tampaknya Anda juga wajib mencicipi terang bulan red velvet dengan topping cream cheese dan roti oreo yang dicincang.

Warnanya yang merah membuat kue ini terlihat beda dari terang bulan pada umumnya yang biasa berwarna kuning kecokelatan. Adonan red velvet ditambah cokelat menghasilkan rasa sangat manis.

Rasa manis semakin kuat ketika menggigit bagian yang berisi cream cheese dan roti oreo cincang. Saat masih hangat, bagian dalamnya yang terdapat roti oreo terasa lebih renyah. Kres…kres…, yummi sekali rasanya.

Terkenal

Satu porsi martabak red velvet dengan topping cream cheese dan oreo berharga Rp80.000. Selain tiga jenis topping tersebut, Terang Boelan 99 juga menawarkan aneka topping lain.

Topping lainnya yaitu cokelat meses, keju, cokelat, kacang cair, pisang, dan jagung manis. Jika hanya memilih satu topping, harganya Rp29.900, dua topping Rp34.999, dan tiga topping harganya Rp39.999.

Pilihan topping lainnya, yaitu gula kombinasi kacang dan cokelat silverqueen dengan harga Rp60.000; topping ovomaltine, tobleron, dan nutella dengan harga Rp70.000; dan topping kitkat greentea dengan harga Rp80.000. Jika pembeli menginginkan terang bulan dengan gula spesial yang lebih manis, harganya ditambah Rp20.000.

Menurut pemilik gerai Terang Boelan 99 lainnya, Nikky Tiffany, ada pula terang bulan khusus yang bisa digunakan sebagai kue ulang tahun.

Terang bulan adalah makanan yang memasyarakat. Hampir di setiap kota atau kawasan perkotaan ada pedagang terang bulan. Kue ini disebut pula martabak manis.

Selain disebut martabak manis (Jakarta) atau terang bulan (Bandung),  kue ini juga disebut apam pulau pinang (Pontianak), apam balik (Malaysia), kue bulan (daerah timur Indonesia).

Adonan kulitnya terbuat dari campuran tepung terigu, soda kue, telur, santan, air, dan ragi yang dipanggang di penggorengan besi tebal khusus hingga adonan menjadi matang dan bersarang. Untuk menambah cita rasanya, terang bulan umumnya diberi topping cokelat, keju, kacang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya