SOLOPOS.COM - Menu-menu di Kheng House (Eni Widiastuti/Solopos/JIBI)

Kuliner Solo kali ini tentang menu-menu spesial yang disajikan restoran Kheng House.

Solopos.com, SOLO-Beberapa restoran di Kota Solo, ada yang menawarkan aneka menu ala negara lain. Salah satunya Kheng House yang beralamat di Jl. Teuku Umar No. 12 Keprabon, Solo. Restoran yang berdiri sejak 17 Agustus 2015 ini menawarkan aneka menu ala negeri tetangga, Singapura dan Malaysia.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ketika solopos.com, mendatangi restoran bernuansa hijau dengan aneka tanaman ditanam di dalam restoran, Rabu (2/12/2015), chef Kheng House, Noni Ruli, menyambut dengan ramah.

Menu pertama yang disajikan adalah iga bakar small seharga Rp70.000/porsi. Dalam satu porsi, terdapat dua iga sapi yang ukurannya cukup besar dengan daging cukup tebal yang menutupi tulang iga, sambal iga dan kuah pindang serani. Ada juga salad berisi daun selada, irisan tomat, mentimun, dan salad dressing.

Daging iga berwarna cokelat tua dengan tekstur agak basah. Ketika dimakan, dagingnya terasa empuk, legit dan gurih. Iga bakar ini terasa lebih nikmat ketika dicelupkan ke dalam sambal khusus.

“Sambal ini berisi 14 macam bumbu yang saya ramu sendiri,” katanya saat ditemui solopos.com, Rabu.

Ada juga menu ala Singapura, yakni nasi bakmoy seharga Rp14.000/porsi. Nasi bakmoy adalah paket menu berisi nasi putih dengan lauk bakmoy yang isinya tahu, kembang tahu, daging ayam kampung dengan kuah dari kaldu ayam kampung yang dimasak dengan bawang bombay. Kuahnya yang masih hangat, terasa segar dan gurih.

Irisan daun bawang berwarna hijau dan taburan bawang goreng menambah kesegaran menu itu. Mak nyus rasanya. Menu berikutnya yang saya cicipi adalah nasi lemak spesial seharga Rp35.000. Dalam satu porsi terdapat nasi gurih yang dimasak dengan santan, telur ayam kampung rebus, kacang tanah goreng, teri goreng, sambal sotong, irisan mentimun, rempeyek dan ayam bakar.

Meskipun terbuat dari daging ayam kampung, ayam bakar yang disajikan terasa empuk dan pas manis gurihnya. Karena dimasak dengan santan, nasi yang disajikan terasa gurih. Teri dan rempeyeknya juga terasa gurih dan renyah.

“Kebetulan ada saudara asal Malaysia, jadi kami tawarkan menu ala Malaysia dan Singapura, tapi saya masak sendiri,” jelasnya.

Nasi orang aring khas Kheng House seharga Rp35.000/porsi juga tak kalah nikmat. Satu porsi menu berisi nasi putih, ayam kampung goreng yang empuk dan gurih, campuran bandeng asin, pedas, telur dan irisan cabai yang dioseng, rempeyek, irisan mentimun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya