Ikan gindara bakar (Farid Syafrodhi/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SOLO —Ikan gindara disebut-sebut berkhasiat menurunkan kolesterol. Menu olahan ikan gindara itu ditawarkan beberapa warung makan dan restoran dengan harga yang berkisar antara Rp10.000 per porsi hingga Rp20.000 per porsi, melengkapi khazanah kuliner Solo.

Salah satu penyedia olahan ikan gindara itu adalah Warung Ikan Laut di Jl. Slamet Riyadi No. 159, Kartasura, Sukoharjo. Kala Solopos.com bertandang ke tempat itu, seorang lelaki tua tampak duduk di salah satu kursi. Di samping kursinya berdiri sebuah alat bantu berdiri berkaki tiga bagi lansia. Sementara itu, menu olahan ikan gindara bakar tersaji di hadapannya, lengkap dengan nasi dan lalapan.

Tak berselang lama, ikan itu ludes dimakan pria yang sudah beruban tersebut. Hal semacam itu sering kali terjadi di warung yang menyajikan aneka olahan ikan laut tersebut. Pemilik warung, Willy Mardhanis, 22, mengatakan ikan gindara memang menjadi primadona di warungnya.

Ikan itu, kata Willy, memiliki khasiat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh orang dewasa. “Dulu ada orang yang minta ikan gindara untuk diteliti. Setelah hasilnya keluar, kami diberi tahu bahwa ikan gindara mengandung Omega 9 yang mampu menurunkan kadar kolesterol. Di Internet juga bisa dijumpai banyak artikel penelitian yang menyatakan bahwa ikan gindara berkhasiat bagi kesehatan,” ujar Willy, saat ditemui Solopos.com di warungnya, Kamis (16/10/2014).

Menurut Willy, Beberapa pelanggannya yang makan ikan gindara ada yang bilang ikan laut tersebut berkhasiat melancarkan pencernaan. Mayoritas pelanggannya berkomentar setelah makan ikan gindara efeknya langsung terasa. Misalnya, saat buang air besar banyak minyak yang keluar, kondisi badan jadi lebih enak, kolesterolnya menurun, dan sebagainya.

“Bahkan ada ibu-ibu yang setiap hari membeli ikan gindara untuk suaminya yang mengalami penyempitan pembuluh darah. Suaminya itu tidak mau minum obat dari dokter, tapi hanya mau terapi dan makan ikan gindara. Katanya kolesterolnya langsung turun dari kadar 200 menjadi 113,” papar Willy.

Karena khasiatnya untuk kesehatan itulah, ikan gindara banyak dicari orang. Willy yang baru setahun membuka Warung Ikan Laut, ini menjadikan menu ikan gindara sebagai menu spesial.

3 Jenis Olahan
Di warungnya, Willy menawarkan tiga macam olahan ikan gindara, yakni ikan gindara bakar sambal lalap, ikan gindara goreng, dan asem-asem ikan gindara. Satu porsi ikan gindara dengan tebal sekira 1 sentimeter (cm) dengan bobot antara 2-3 ons dijual seharga Rp20.000.

Karena sudah dibumbui dengan resep khusus, ikan ini sudah tidak berbau amis. Paling enak disantap saat masih hangat. Dagingnya yang berserat menjadi ciri khas ikan ini.

Dengan bobot 2-3 ons per porsi, kata Willy, sudah mencukupi kebutuhan Omega-9 bagi orang dewasa. Willy tidak merekomendasikan ikan gindara goreng untuk disantap, sebab dengan pengolahan goreng, kadar Omega-9 bisa hilang.

“Orang makan gindara kan biar kolesterolnya hilang. Kalau digoreng ada minyaknya, nanti kolesterolnya malah naik,” ujar Willy.

Dulu Warung Ikan Laut tersebut menempati kios rumah di Nusukan, Banjarsari. Tapi sejak tiga bulan yang lalu, warung tersebut pindah ke Jl. Slamet Riyadi No. 159 Kartasura.  Warung yang sama juga buka cabang di jalan raya Telukan, Sukoharjo, tak jauh dari Pasar Telukan.

Menu ikan gindara juga bisa ditemukan di seluruh outlet SFA Steak & Resto. Ikan laut ini disajikan dalam bentuk steik dengan garnis buncis, wortel, dan kentang. Penggunaan hot plate membuat kondisi ikan berkulit hitam ini semakin empuk kala disantap.

Satu porsi steik ikan gindara dengan bobot sekitar 1 ons dihargai Rp10.900 per porsi. “Ikan gindara ini melengkapi menu steik ikan lainnya, seperti steik hiu dan tuna. Baru beberapa hari kami kenalkan ikan gindara, ada pelanggan yang setiap hari membeli menu ikan gindara untuk dibawa pulang. Katanya untuk pengobatan,” ungkap Manajer Operasional SFA Steak & Resto, Didik Rahmadi, saat ditemui Solopos.com di SFA Steak & Resto Klodran, Colomadu, Kamis. Selain baik untuk orang dewasa, menurut Didik, ikan gindara juga baik untuk perkembangan otak anak-anak.

 


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten