SOLOPOS.COM - Nasi Kebuli Kambing. (Eni Widiastuti/JIBI/Solopos)

Kuliner Solo kali ini menampilkan makanan khas Timur Tengah, Nasi Kebuli, yang disajikan Kedai Mbah Soleh Nru-Q.

Solopos.com, SOLO – Nasi Kebuli adalah salah satu kuliner khas Timur Tengah yang sudah cukup populer di Tanah Air. Meski bumbu yang digunakan mudah didapat, mengolah nasi kebuli yang sempurna bukan perkara mudah.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pemilik kedai nasi kebuli Mbah Soleh di Laweyan, Muhammad Rodhi, membagikan racikan masakan Timur Tengah ini yang disajikan di warungnya. Rodhi mengungkapkan nasi kebuli yang ia tawarkan menggunakan aneka bumbu rempah perpaduan bumbu Timur Tengah dan Jawa.

Ketika membuat nasi kebuli, terangnya, ada 15 jenis bumbu yang ia gunakan. Antara lain kapulaga Arab, kapulaga Jawa, kayu manis, cengkeh, merica, bawang merah, bawang putih dan lainnya.

Rodhi juga menggunakan susu bubuk ketika membuat nasi kebuli sehingga rasanya lebih gurih. Bumbu-bumbu itu dimasukan dalam air yang digunakan untuk merebus daging kambing hingga daging kambing menjadi halus dan empuk. Kaldu rebusan kambing itu kemudian digunakan untuk memasak beras menjadi nasi kebuli.

Di kedai miliknya, Rodhi juga memakai ayam sebagai pengganti kambing. Sama dengan nasi kebuli daging kambing, nasi kebuli daging ayam juga dimasak menggunakan 15 jenis bumbu rempah. “Bumbu dan cara masaknya sama, dagingnya saja yang berbeda,” jelasnya saat ditemu Solopos.com, Selasa.

Kebuli umumnya disajikan dengan warna kecoklatan. Seperti umumnya makanan Timur Tengah, nasi kebuli juga dikenal dengan rasa bumbunya yang kuat. Lezat gurihnya terasa pada sendok pertama yang mendarat di lidah. Karena diolah dengan cita rasa Jawa, masakan nasi kebuli Mbah Soleh jauh dari rasa enek.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya