SOLOPOS.COM - Tampilan tahu gimbal khas Semarang. (Negerikuindonesia.com)

Kuliner khas Semarang bernama tahu gimbal mempunyai cita rasa yang nikmat.

Semaragpos.com, SEMARANG — Mendengar kata gimbal, pasti langsung terpikir dengan rambut lebat panjang dan tidak teratur. Berbeda dengan rambut gimbal, tahu gimbal adalah karya kuliner nikmat khas Kota Semarang. Makanan ini terdiri atas potongan tahu goreng, rajangan kol mentah, lontong, taoge, telur, dan udang yang kemudian dicampur dengan bumbu kacang yang khas.

Promosi BRI Siapkan Uang Tunai Rp34 Triliun pada Periode Libur Lebaran 2024

Kata gimbal adalah sebutan untuk udang yang digoreng dengan tepung dan terlihat seperti bakwan udang. Dikutip Semarangpos.com dari Negerikuindonesia.com, tahu gimbal ini sekilas hampir seperti pecel, namun yang membedakan adalah bahan yang digunakan.

Pada tahu gimbal tidak digunakan sayuran lengkap seperti pecel, namun hanya taoge dan rajangan kol. Selain itu, yang menjadi ciri khas Tahu Gimbal ini adalah gimbalnya.

Meskipun sama-sama menggunakan bumbu kacang, namun bumbu kacang pada tahu gimbal ini lebih encer. Saus kacang pada tahu gimbal juga mempunyai ciri khas tersendiri karena menggunakan petis udang. Berbeda dengan saus kacang untuk pecel Madiun yang agak kental, saus kacang pada tahu gimbal sedikit lebih encer.

Dilansir Ensiklopediaindonesia.com, tahu gimbal sangat mudah ditemukan di setiap sudut Kota Semarang, Untuk menikmati satu porsi tahu gimbal, penikmat hanya cukup membayar sekitar Rp10.000 hingga Rp15.000 untuk setiap porsinya.

Sementara itu, Cakrawalatour.com mengabarkan bahwa warung tahu gimbal yang patut dicoba berada di Taman KB atau yang kini disebut dengan Taman Menteri Supeno, Jl. Menteri Soepeno, Mugassari, Semarang Selatan, Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng).

Namun warung tahu gimbal yang terkenal berada di Jl. Plampitan, Bangunharjo, Semarang Tengah, Kota Semarang. Warung yang menyajikan karya kuliner khas Semarang itu buka pada siang hari dan tutup pukul 21.00 WIB. Hanya saja, warung ini sering tutup cepat karena ramai diserbu pelanggan. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya