SOLOPOS.COM - Berbagai produk jenang yang merupakan jajanan khas Ponorogo ditawarkan di Pusat Oleh-Oleh Jenang Murni Ponorogo. (Abdul Jalil/JIBI/Madiunpos.com)

Kuliner Ponorogo, sejumlah pusat oleh-oleh di Ponorogo kebanjiran pembeli.

Madiunpos.com, PONOROGO — Sejumlah pusat penjualan oleh-oleh di Ponorogo kebanjiran pembeli pada saat musim mudik Lebaran saat ini.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Para pengusaha oleh-oleh tersebut pun jauh-jauh hari telah mempersiapkan dengan menambah stok jajanan khas Ponorogo.

Pemilik Pusat Oleh-Oleh Jenang Murni Ponorogo, Erwin, 42, mengatakan saat Lebaran memang jumlah pengunjung atau pencari oleh-oleh meningkat tajam.

Pada musim mudik Lebaran, biasanya banyak pemudik dan wisatawan yang mencari oleh-oleh untuk dibawa sebagai buah tangan.

Dia mengatakan peningkatan pembeli terjadi pada saat H+1 Lebaran, karena pada saat itu biasanya banyak pemudik dan wisatawan mencari oleh-oleh.

“Sebenarnya mulai ada peningkatan pembeli itu pada saat H-1 Lebaran, dan sampai Lebaran biasanya akan terus mengalami kenaikan pembeli,” kata dia saat dihubungi Madiunpos.com, Sabtu (9/7/2016).

Salah satu oleh-oleh khas Ponorogo yang banyak diburu wisatawan atau pemudik yaitu jenang beras khas Kota Reog. Jenang beras merupakan salah satu oleh-oleh khas yang sangat digemari wisatawan.

Erwin menuturkan peningkatan jumlah pembeli oleh-oleh meningkat pada saat Lebaran rutin terjadi setiap tahun. Untuk itu, pihaknya sudah mempersiapkan stok untuk berbagai oleh-oleh tersebut sebelum Lebaran.

Dia menambahkan pada saat hari biasa hanya memproduksi 25 kg jenang beras, tetapi saat menjelang Lebaran produksi ditingkatkan menjadi 75 kg atau tiga kali lipat.

“Kalau saat Lebaran, produksi kan tutup dan karyawan libur, jadi harus menyediakan barang sebelum hari Lebaran,” jelas dia.

Ia menyebut harga jenang beras di pusat oleh-oleh Jenang Murni mulai dari Rp7.500/kotak hingga Rp9.000/kotak. Selain jenang beras, jajanan khas Ponorogo yang sering dicari wisatawan yaitu jenang ketan dan sambel pecel serta madumongso.

Kondisi serupa juga terjadi di Pusat Oleh-oleh Teguh Raharjo yang berada di Jl. Wibisono, Ponorogo. Pemilik pusat oleh-oleh itu, Sri Hartati, mengatakan pada saat Lebaran ada peningkatan pembeli oleh-oleh. Biasanya yang membeli adalah pemudik dan wisawatan yang berkunjung ke Kota Reog.

“Saat ini kami menyediakan berbagai varian rasa jenang, seperti jenang rasa kentang, kacang hijau, labu kuning, tape singkong, cokelat kurma, pisang, mangga, dan durian. Pengunjung memang banyak mengincar jajanan jenang ini untuk oleh-oleh,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya