SOLOPOS.COM - Karyawan outlet Tahu Tuna Pake Ran yang beralamat di Jl. Pacitan-Solo menunjukkan salah satu produk unggulan yaitu tahu tuna, Senin (20/6/2016). (Abdul Jalil/JIBI/Madiunpos.com)

Kuliner Pacitan, inilah jajanan khas Pacitan yang wajib dibawa untuk oleh-oleh keluarga dan kolega.

Madiunpos.com, PACITAN — Kabupaten Pacitan merupakan salah satu wilayah yang terkenal akan keindahan alamnya, khususnya di sektor laut dan pantai.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Ada belasan lokasi wisata pantai dan goa yang bisa dikunjungi wisatawan. Setelah selesai melakukan perjalanan wisata, tentu yang dicari adalah oleh-oleh khas dari tempat wisata itu.

Di beberapa tempat wisata yang ada di Pacitan sudah tersedia berbagai toko penjaja oleh-oleh khas Pacitan dan suvenir menarik yang bisa dijadikan buah tangan untuk keluarga dan kolega.

Di wilayah kecamatan kota, wisatawan juga dengan mudah menemukan outlet-outlet yang menjual berbagai jajanan khas Pacitan.

Berikut ini daftar jajanan khas Kota 1.001 Goa, yang dihimpun Madiunpos.com, Senin (20/6/2016):

1. Tahu tuna, yaitu salah satu makanan khas Pacitan yang terbuat dari tahu dan ikan tuna. Tahu tuna ini dijual dengan harga antara Rp7.000/bungkus hingga Rp10.000/bungkus isi 10 biji.
2. Berbagai olahan dari ikan tuna, seperti bakso tuna, sosis tuna, otak-otak tuna, nugget tuna, siomay tuna, risol tuna, kaki naga tuna, lumpia tuna, dan bakpao tuna. Seluruh oleh-oleh khas yang terbuat dari olahan ikan tuna ini bisa diborong dengan harga mulai Rp7.000/bungkus hingga Rp10.000/bungkus.
3. Jenang dodol Pacitan, jenang menjadi salah satu jajanan khas di Pacitan. Jajanan legit ini bisa menjadi alternatif oleh-oleh saat berkunjung ke Pacitan.

Jenang dodol Pacitan (pacitantourism.net)

Jenang dodol Pacitan (pacitantourism.net)

4. Berbagai olahan kerupuk dari ikan, seperti kerupuk ikan tengiri, kerupuk ikan tuna, dan kerupuk udang.
5. Berbagai olahan kerupuk dari rumput laut, rumput laut menjadi salah satu bahan baku yang banyak terdapat di Pacitan. Warga sekitar mengkreasikan rumput laut itu ke berbagai olahan seperti kerupuk lumput laut dengan berbagai rasa.

Kerupuk Laut Pacitan (pacitanku.com)

Kerupuk Laut Pacitan (pacitanku.com)

6. Sale pisang, jajanan ini juga menjadi salah satu jajanan khas Pacitan. Ada berbagai jenis sale pisang yang ditawarkan seperti sale pisang goreng dan sale pisang oven.
7. Terasi ikan dan udang, Pacitan merupakan salah satu wilayah yang berada di pesisir pantai selatan. Hasil ikan yang begitu melimpah dimanfaatkan warga untuk membikin berbagai produk, salah satunya terasi. Terasi yang bisa dibawa untuk oleh-oleh ada terasi kering dan ada terasi basah.
8. Kecap khas Pacitan, kecap manis yang dibuat secara tradisional itu menjadi salah satu ikon oleh-oleh Pacitan. Harga kecap dengan ukuran 600 ml Rp12.000, 330 ml Rp7.000, 140 ml Rp4.000, 300 ml Rp8.500, dan 620 ml Rp13.500.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya