SOLOPOS.COM - Pancake Durian (Bolumeranti.co.id)

Kuliner nusantara yang populer menjadi oleh-oleh khas Sumatera Utara ternyata mudah membuatnya.

Solopos.com, SOLO – Belakangan kuliner nusantara pancake durian menjadi salah satu makanan paling dicari. Terbukti sebagaimana terpantau Solopos.com, Kamis (15/1/2015), Google Trends menempatkan makanan itu di posisi lima besar.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Langkah-langkah pada resep membuat kuliner nusantara pancake durian terbilang mudah. Pada dasarnya resep pancake durian terbagi dalam dua tahap. Tahap pertama adalah membuat adonan pancake. Sedangkan pada tahapan kedua menggabungkan adonan itu dengan daging buah durian yang lezat.

Ekspedisi Mudik 2024

Dikutip dari Cakedurian, inilah resep mudah membuat kuliner nusantara pancake durian lezat:

Bahan-Bahan Pancake Durian
Tepung terigu setengah kilogram.
Telur ayam 4 butir
Santan kelapa 750 cc
Pasta pandan 4-6 tetes
Garam secukupnya

Cara Membuat
Pertama­-tama campurkan tepung terigu, telur, dan garam, aduk hingga rata. Teteskan empat hingga enam tetes pasta pandan dan campur hingga rata. Selanjutnya tuangkan santan ke dalam adonan tersebut pelan-pelan dan aduk hingga rata.

Untuk membuat pancake durian lezat, Anda dapat beberapa bahan lain pada adonan tersebut. Anda dapat menambahkan pewarna makanan yang cantik dan aroma khusus (essence) pada adonan sebagai resep rahasia agar memiliki ciri khas tertentu dan memiliki rasa yang berbeda.

Dari adonan tadi, buatlah dadar dengan api berukuran kecil. Angkat dan biarkan hingga dingin namun jangan masukkan dalam lemari pendingin.

Tahap Akhir Pancake Durian
Pada hahapan akhir dalam resep pancake durian lezat ini Anda memerlukan bahan utama, yakni daging buah durian yang telah dipisahkan dari bijinya dan whip cream.

Setelah bahan utama disiapkan, ambillah dadar pancake yang sudah dibuat, lalu olesi dengan whipcream. Masukkan daging buah durian secukupnya pada dadar tersebut, kemudian dilipat.

Dinginkan pancake durian lezat itu dalam lemari pendingin, namun jangan letakkan pada bagian freezer agar tidak membeku. Setelah dua jam, Anda dapat menghidangkan pancake durian ini sebagai kudapan sore hari dan menikmatinya bersama keluarga.

Selamat mencoba kuliner nusantara pancake durian di rumah…

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya