Kategori: Leisure

Kuliner Murah Indonesia yang Dijual Mahal di Luar Negeri


Solopos.com/Newswire

Solopos.com, SOLO -- Indonesia punya beragam kuliner yang sudah terkenal enak. Tidak hanya diakui di dalam negeri, kuliner di Indonesia yang selama ini terkenal murah ketika dijual di luar negeri harganya bisa melonjak.

Tidak sedikit kuliner Indonesia baik makanan berat atau camilan dijual dengan harga cukup tinggi di mancanegara. Berikut beragam kuliner yang akrab di lidah orang Indonesia karena terkenal murah, namun dijual mahal di luar negeri.

Mi Instan

Mi instan menjadi salah satu makanan murah yang mudah ditemui di Indonesia. Hampir semua orang Indonesia pernah mencicipi mi instan. Di Indonesia harganya antara Rp2.000-Rp3.500 per bungkus.

Gosipnya Mahal, Ternyata Segini Biaya Tes DNA

Namun, di Tokyo, Jepang, mi instan dibandrol dengan harga 85 yen atau senilai dengan Rp11.000. Belum lagi di negara lain, seperti Australia dan sebagainya. Harganya mungkin jauh lebih mahal dibandingkan harga mi instan di Tokyo.

Sate

Ilustrasi sate (Freepik)

Di Indonesia, bila ingin makan sate tidak terlalu sulit. Banyak warung sate yang ada di pinggir jalan agar kita bisa menikmati sate sepuasnya. Tapi, hal ini menjadi peristiwa yang sangat langka di negara barat.

Jangankan mampir ke warung sate ketika tengah malam, mencari sate saja pun rasanya sangat sulit. Kalau pun Anda menemukan sate di tempat makan yang ada di luar negeri, harganya sudah pasti sangat mahal. Di Eropa misalnya, satu porsi satai bisa dibanderol seharga 10 euro atau setara dengan Rp150.000

Bakwan

Gorengan yang populer di semua kalangan ini biasanya dijual Rp500 sampai Rp2.000. Ini menjadikan gorengan termasuk kuliner murah yang ramah bagi semua orang. Namun, di New York, AS, satu potong bakwan dihargai Rp70.000. Menariknya, bakwan tetap laris manis dengan harga US$5.

Adalah Hendra, pria asli Indonesia yang membuka warung kaki lima di New York dalam festival kuliner. Kedai sederhana yang diberi nama Jancook ini menawarkan aneka makanan khas Indonesia, salah satunya ote-ote atau bakwan sayur.

Kisah Java Kapok, Kapuk Jawa Yang Pernah Menguasai Dunia

Hendra dan sang istri, Marcella mencoba menyajikan aneka makanan dari tanah kelahiran mereka termasuk bakwan yang dibanderol sekitar Rp70.000. Harga ini terbilang mahal bagi orang Indonesia tapi nyatanya peminat bakwan?di New York tak keberatan dengan harganya.

Ratusan orang setiap harinya mengantre untuk merasakan sensasi rasa bakwan dan aneka makanan khas Indonesia. ”Makanan ini enak sekali, saya vegetarian dan ini makanan yang bisa saya makan. Enak sekali," kata pengunjung wanita yang baru saja menyantap seporsi bakwan hangat sebagaimana dilansir dari Detikcom.

Bakso

Ilustrasi bakso (Freepik)

Siapa yang tidak kenal dengan jajanan gerobak jalan yang satu ini? Satu mangkuk bakso yang biasa dibanderol dengan harga Rp10.000sampai Rp25.000 di Tanah Air, bisa dibanderol seharga Rp100.000 di luar negeri.

Artinya, satu mangkuk bakso di luar negeri sudah bisa dapat 4-5 mangkuk bakso kalau di Indonesia. Kalau di Singapura, harga satu porsi bakso dihargai sebesar 5 dolar Singapura atau setara dengan Rp52.000.

Pecel Lele

Di warung pinggir jalan di Indonesia, pecak lele atau pecel lele rata-rata dibanderol dengan harga Rp10.000 per porsinya. Ini menjadikan pecel lele termasyuk kuliner murah yang akrab di masyarakat. Tapi di Eropa, pecel lele dibanderol dengan harga 15 euro alias Rp225.000 per porsi.

Jangan Suka Memanasi Ulang Sisa Makanan, Ini Dampak Negatifnya

Makanya, kalau lagi liburan ke luar negeri dan tiba-tiba ngidam pecel lele, lebih bagus ditunda dulu keinginannya. Soalnya harga per porsi makanan murah Indonesia ini tergolong kelewat mahal.

Tempe & Tahu

Olahan asli Indonesia yang terbuat dari kacang kedelai ini harganya bisa selangit bila dijual di luar negeri. Jika di Indonesia tempe?dijual dengan harga Rp 2.000/potong, berbeda jauh jika dijual di Eropa. Harga tempe Eropa bisa mencapai 1,8 euro atau setara dengan Rp30.500/potong kecilnya.

Sedangkan tahu yang di luar negeri dikenal dengan tofu harganya akan sangat murah di Indonesia. Kalau tahu di Indonesia dibanderol seharga Rp8.000 per plastik, di luar negeri malah dibanderol seharga Rp40.000.

Nasi Goreng

Ilustrasi nasi goreng (Freepik)

Nasi goreng di Indonesia sangat beragam dari jenis sampai harganya. Makanan ini ada yang murah seperti sekitar Rp10.000/porsi di beberapa daerah di Indonesia, namun ada pula yang harganya mencapai Rp25.000-Rp30.000/porsi.

Di luar negeri, harga nasi goreng akan berlipat-lipat sekitar Rp110.000. Itu untuk nasi goreng di kedai-kedai sederhana. Kalau di kafe atau restoran harganya makanan murah di Indonesia ini minimal bisa mencapai Rp200.000.

Bikin Awet Muda, Ini 5 Manfaat Jus Kentang

Itulah aneka kuliner murah di Indonesia yang dijual selangit di luar negeri. Saat berkunjung ke luar negeri mau mencoba?

Share
Dipublikasikan oleh
Danang Nur Ihsan