SOLOPOS.COM - Kue brownies brem lokomotif kereta api atau Chokoloko yang diciptakan para chef di Hotel Aston Madiun dipajang di lobi hotel tersebut, Kamis (23/3/2017) malam. (Abdul Jalil/JIBI/Madiunpos.com)

Kuliner Madiun, chef Hotel Aston Madiun membuat kue brownies brem dengan ukuran jumbo.

Madiunpos.com, MADIUN — Hotel Aston Madiun menciptakan inovasi makanan berupa kue brownies brem berbentuk lokomotif kereta api yang diberi nama Chokoloko. Kue brownies brem ini berukuran panjang 1,5 meter, lebar 0,6 meter, dan tinggi 0,8 meter.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Kur brownies brem ini dipajang di lobi Hotel Aston Madiun mulai Kamis hingga Minggu (23-29/3/2017). Pengunjung bisa mencicipi potongan kue brownies brem yang telah disediakan di meja oleh pengelola hotel.

Ekspedisi Mudik 2024

General Manager Hotel Aston Madiun, Agus Setyo Purnomo, mengatakan ide pembuatan kue brownies brem ini dari jajanan khas Madiun yang saat ini sudah semakin terpinggirkan yaitu brem. Untuk mengangkat jajanan khas ini maka diciptakan dengan konsep lain yani dengan memadukan kue brownies nan manis.

Selain menginovasikan kue brownies dan brem, bentuk kue ini juga dibentuk seperti lokomotif kereta api. Kereta api juga menjadi salah satu ciri khas Madiun karena di kota ini ada industri kereta api terbesar di Asia Tenggara yaitu PT Inka.

“Madiun tidak hanya dikenal dengan kota perdagangan dan perindustrian, juga ada industri kereta api. Selain itu, Madiun juga memiliki jajanan khas yaitu brem. Namun akhir-akhir ini eksistensi brem sudah mulai pudar tergantikan oleh makanan dan jajanan yang baru dan modern,” jelas dia kepada wartawan saat launching brownies brem, Kamis (24/3/2017).

Agus menuturkan untuk mengangkat makanan tradisional ini, Hotel Aston Madiun menciptakan brownies brem berbentuk lokomotif kereta api atau Chokoloko. Kue Chokoloko ini memiliki berat sekitar 180 kg.

Bahan dasar pembuatan kue Chokoloko ini berupa gula pasir 60 kg, mentega 25 kg, telur 20 kg, susu 25 liter kacang 10 kg, dan brem 40 kg. Seluruh bahan ini dicampur dan diolah menjadi Chokoloko.

“Chokoloko ini akan ditampilkan di lobi hotel mulai Kamis hingga Minggu (23-29/3/2017). Para tamu bisa mencicipi kue ini di outlet The Lounge dan H&E Restaurant,” jelas dia.

Lebih lanjut, seluruh tamu hotel bisa mengikuti kontes foto My Aston Madiun Chokoloko yang dapat diposting di akun media sosial Hotel Aston Madiun. Lomba foto ini berhadiah tiket pulang pergi Madiun-Yogyakarta dan voucher menginap di hotel berbintang dari grup Archipelago International, voucher menginap di Hotel Aston Madiun, dan voucher makan di restoran Aston Madiun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya