SOLOPOS.COM - Sandwich pecel raksasa seberat 75 kg dihidangkan di lobi Hotel Aston Madiun, Jumat (18/3/2016). (Abdul Jalil/JIBI/Madiunpos.com)

Kuliner Madiun berupa sandwich pecel bisa dibuat di rumah.

Madiunpos.com, MADIUN — Pecel merupakan salah satu makanan khas Madiun yang banyak diburu orang. Warung kelas kaki lima hingga restoran berlomba-lomba menawarkan sajian tradisional tersebut.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Aston Madiun Hotel & Conference Center pada Jumat (18/3/2016) meluncurkan sandwich pecel sebagai perpaduan makanan modern dan makanan tradisional. Menu terbaru ini bisa dinikmati di Hotel Aston Madiun dengan harga satu porsi Rp48.000.

Chef Hotel Aston Madiun atau penemu sandwich pecel, Subadri, menyampaikan resep dan cara pembuatan makanan inovatif itu.

Chef Hotel Aston Madiun mendemonstrasikan pembuatan sandwich pecel di lobi Hotel Aston, Jumat (18/3/2016). (Abdul Jalil/JIBI/Madiunpos.com)

Chef Hotel Aston Madiun mendemonstrasikan pembuatan sandwich pecel di lobi Hotel Aston, Jumat (18/3/2016). (Abdul Jalil/JIBI/Madiunpos.com)

Subadri mengatakan untuk membuat sandwich pecel , siapkan berbagai bahan untuk pembuatan pecel antara lain daun singkong, daun papaya, daun bayam, kenikir, bunga turi, tauge, kubis, tempe/tahu, telur, paru, serta sambal pecel/sambal kacang.

Sedangkan roti tawar yang digunakan membuat sandwich bisa menggunakan roti tawar jenis apa pun. Sediakan pula dua jenis sambal pecel yaitu satu jenis sambal pecel yang diberi air dan satu jenis sambal yang menggumpal/kadar airnya sedikit.

“Sayur yang sebagai bahan untuk pembuatan pecel harus dimasak terlebih dahulu hingga matang, kemudian ditiriskan. Pembuatannya sama seperti membuat pecel pada umumnya,” kata dia kepada Madiunpos.com.

Dia mengatakan setelah semua bahan telah matang dan siap ditata, ambil tiga potong roti tawar di piring.

Kemudian satu potong roti tawar diolesi dengan sambal pecel yang kadar air sedikit secara merata di permukaan roti.

Setelah itu, di ermukaan roti yang diolesi sambal pecel diberi tempe yang diiris secara tipis dan memenuhi permukaan roti dan diolesi sambal pecel. Setelah itu ditutup dengan satu potong roti tawar.

Selanjutnya, roti tawar itu ditutup dengan campuran sayur-sayuran yang telah dipotong kecil-kecil dan dicampur dengan sambal pecel cair. Pastikan sayur menutupi seluruh permukaan roti tawar.

Letakkan telur dadar/telur ceplok di permukaan sayuran itu dan ditambah potongan paru goreng yang diiris tipis.

Terakhir, olesi dengan sambal pecel dan ditutup dengan irisan kubis serta ditutup dengan roti tawar. Jadilah sandwich pecel yang penuh protein dan serat.

Subadri mengatakan sandwich pecel ini bisa dijadikan menu saat sarapan maupun makan siang. Tetapi, kuliner inovasi ini harus disajikan secara fresh karena olahan pecel hanya bertahan sampai dua jam setelah itu basi.

“Makanan ini penuh gizi, vitamin, dan serat, sehingga sangat baik untuk tubuh,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya