SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO — Berbicara soal karya kuliner, Jawa Tengah memiliki banyak sekali makanan khas. Dengan 35 kabupaten dan kota, tentu ada karya kuliner andalan di masing-masing daerah di Jateng.

Namun di antara banyaknya karya kuliner di provinsi pimpinan Ganjar Pranowo tersebut, ada beberapa yang memiliki nama unik. Berikut adalah beberapa karya kuliner dengan nama unik yang bisa dinikmati jika ingin wisata kuliner di Jateng:

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

1. Sayur Becek

Sayur becek. (Solopos-Dok.)
Sayur becek, mendengar nama salah satu karya kuliner khas Grobogan ini mungkin membuat tak bergairah untuk menikmatinya. Namun siapa sangka, di balik namanya yang terkesan memiliki konotasi yang menjijikkan itu, sayur becek ternyata memiliki rasa yang lezat.

Ekspedisi Mudik 2024

Sayur becek hampir mirip dengan sop iga. Hidangan ini didominasi tulang iga sapi dengan kuah yang cukup berlimpah. Jika dimasak dengan tepat, cita rasa iga yang gurih ditambah segarnya kuah terasa begitu menggoda.

Jika ingin menikmati sayur becek, dapat langsung menuju kawasan Kecamatan Purwodadi dan Kecamatan Kradenan yang banyak terdapat warung makan sayur becek. Jika mengunjungi kawasan Kradenan, pengunjung dapat menikmati karya kuliner khas Grobogan ini sambil melihat keunikan alam yang dikenal dengan Bleduk Kuwu. Di dekat kawasan wisata Bleduk Kuwu yang terdapat di Kecamatan Kradenan, terdapat beberapa warung yang menyajikan sayur becek khas Grobogan.

2. Tahu Gimbal

Tahu Gimbal. (Solopos-Dok.)
Mendengar kata gimbal, pasti langsung terpikir dengan rambut lebat panjang dan tidak teratur. Berbeda dengan rambut gimbal, tahu gimbal adalah karya kuliner nikmat khas Kota Semarang. Makanan ini terdiri atas potongan tahu goreng, rajangan kol mentah, lontong, taoge, telur, dan udang yang kemudian dicampur dengan bumbu kacang yang khas.

Kata gimbal adalah sebutan untuk udang yang digoreng dengan tepung dan terlihat seperti bakwan udang. Tahu gimbal ini sekilas hampir seperti pecel, namun yang membedakan adalah bahan yang digunakan.

warung tahu gimbal yang patut dicoba berada di Taman KB atau yang kini disebut dengan Taman Menteri Supeno, Jl. Menteri Soepeno, Mugassari, Semarang Selatan, Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng).

Warung tahu gimbal yang terkenal berada di Jl. Plampitan, Bangunharjo, Semarang Tengah, Kota Semarang. Warung yang menyajikan karya kuliner khas ibu kota Jateng itu buka pada siang hari dan tutup pukul 21.00 WIB. Hanya saja, warung ini sering tutup cepat karena ramai diserbu pelanggan.

3. Bajingan

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo (kedua dari kiri) bersama istrinya, Siti Atikoh (kiri), menyantap bajingan. (Instagram-@ganjar_pranowo)
Bukan kata makian, Bajingan di wilayah Kabupaten Temanggung, Kabupaten Magelang, dan sekitarnya merupakan nama makanan yang terbuat dari singkong. Singkong diolah bersama santan serta gula merah. Rasa manis dan gurih pun berpadu pada makanan yang memiliki nama seram tersebut.

Kenikmatan bajingan pernah dipuji Gubernur Jateng Ganjar Pranowo pada 2017 silam melalui akun Instagramnya, @ganjar_pranowo. Menurutnya, rasa bajingan sangat nikmat, tak seseram nama dan bentuknya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya