Kuliner Khas Jateng dengan Nama Unik

 Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLOPOS.COM - Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO — Berbicara soal karya kuliner, Jawa Tengah memiliki banyak sekali makanan khas. Dengan 35 kabupaten dan kota, tentu ada karya kuliner andalan di masing-masing daerah di Jateng.

Namun di antara banyaknya karya kuliner di provinsi pimpinan Ganjar Pranowo tersebut, ada beberapa yang memiliki nama unik. Berikut adalah beberapa karya kuliner dengan nama unik yang bisa dinikmati jika ingin wisata kuliner di Jateng:

1. Sayur Becek

Sayur becek. (Solopos-Dok.)
Sayur becek, mendengar nama salah satu karya kuliner khas Grobogan ini mungkin membuat tak bergairah untuk menikmatinya. Namun siapa sangka, di balik namanya yang terkesan memiliki konotasi yang menjijikkan itu, sayur becek ternyata memiliki rasa yang lezat.

Sayur becek hampir mirip dengan sop iga. Hidangan ini didominasi tulang iga sapi dengan kuah yang cukup berlimpah. Jika dimasak dengan tepat, cita rasa iga yang gurih ditambah segarnya kuah terasa begitu menggoda.

Jika ingin menikmati sayur becek, dapat langsung menuju kawasan Kecamatan Purwodadi dan Kecamatan Kradenan yang banyak terdapat warung makan sayur becek. Jika mengunjungi kawasan Kradenan, pengunjung dapat menikmati karya kuliner khas Grobogan ini sambil melihat keunikan alam yang dikenal dengan Bleduk Kuwu. Di dekat kawasan wisata Bleduk Kuwu yang terdapat di Kecamatan Kradenan, terdapat beberapa warung yang menyajikan sayur becek khas Grobogan.

2. Tahu Gimbal

Tahu Gimbal. (Solopos-Dok.)
Mendengar kata gimbal, pasti langsung terpikir dengan rambut lebat panjang dan tidak teratur. Berbeda dengan rambut gimbal, tahu gimbal adalah karya kuliner nikmat khas Kota Semarang. Makanan ini terdiri atas potongan tahu goreng, rajangan kol mentah, lontong, taoge, telur, dan udang yang kemudian dicampur dengan bumbu kacang yang khas.

Kata gimbal adalah sebutan untuk udang yang digoreng dengan tepung dan terlihat seperti bakwan udang. Tahu gimbal ini sekilas hampir seperti pecel, namun yang membedakan adalah bahan yang digunakan.

warung tahu gimbal yang patut dicoba berada di Taman KB atau yang kini disebut dengan Taman Menteri Supeno, Jl. Menteri Soepeno, Mugassari, Semarang Selatan, Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng).

Warung tahu gimbal yang terkenal berada di Jl. Plampitan, Bangunharjo, Semarang Tengah, Kota Semarang. Warung yang menyajikan karya kuliner khas ibu kota Jateng itu buka pada siang hari dan tutup pukul 21.00 WIB. Hanya saja, warung ini sering tutup cepat karena ramai diserbu pelanggan.

3. Bajingan

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo (kedua dari kiri) bersama istrinya, Siti Atikoh (kiri), menyantap bajingan. (Instagram-@ganjar_pranowo)
Bukan kata makian, Bajingan di wilayah Kabupaten Temanggung, Kabupaten Magelang, dan sekitarnya merupakan nama makanan yang terbuat dari singkong. Singkong diolah bersama santan serta gula merah. Rasa manis dan gurih pun berpadu pada makanan yang memiliki nama seram tersebut.

Kenikmatan bajingan pernah dipuji Gubernur Jateng Ganjar Pranowo pada 2017 silam melalui akun Instagramnya, @ganjar_pranowo. Menurutnya, rasa bajingan sangat nikmat, tak seseram nama dan bentuknya.


Berita Terkait

Berita Terkini

Picu Kerumunan, Padang Rumput Tegalharjo Wonogiri Ditutup

Padang rumput luas di wilayah Desa Tegalharjo ini ramai dikunjungi warga setelah viral di media sosial Instagram.

Polisi Memaksa Periksa HP di Jalan, Kompolnas: Tolak!

Kewenangan polisi dalam memeriksa identitas dan ranah privasi seseorang harus dilakukan sesuai prosedur.

Miris! Pemuda Ini Meninggal Gegara Duburnya Dipompa Teman yang Jail

Nasib malang menimpa seorang pemuda yang dijaiil temannya dengan memompa kompresor ke duburnya.

Disebut Sombong, Peraih Medali PON Papua Ingin Tinggalkan Kota Madiun

Susi Dewi Wulandari, atlet Kota Madiun yang tampil di PON XX Papua berencana pindah kependudukan dari Kota Madiun.

Besok, Sekolah-Sekolah di Sleman yang Gelar PTM akan Di-Swab

Disdik Sleman akan menggelar sampling tes swab bagi siswa dan guru di sekolah yang menggelar PTM. Tes swab ini akan digelar di tiga kapanewon (kecamatan).

Bupati Kuansing Tiba di Gedung KPK, Diperiksa Sebagai Tersangka

Suap terkait perpanjangan izin Hak Guna Usaha (HGU) sawit

Semarang Level 1, Ini Pesan Wali Kota Hendi ke Warga

Kota Semarang, Jawa Tengah, menjadi salah satu daerah yang masuk level 1 dalam perpanjangan PPKM Jawa Bali.

Hujan Abu Tipis di Selo Boyolali, Aktivitas Warga Tetap Normal

Gunung Merapi mengeluarkan awan panas pada Selasa malam pukul 19.41 dan 19.48 WIB.

11 Siswanya Terpapar Covid-19, Ini Penjelasan Kepala SMPN 8 Solo

Klaster penularan Covid-19 di sekolah yang menggelar PTM di Solo meluas ke jenjang SMP, yakni SMPN 8 dan SMPN 4 dengan total 12 siswa positif.

Polisi Usut Video Mesum Pemain Game Online

Wanita dalam video itu disebut merupakan salah satu gamers atau pemain game online dengan nama samaran Lele.

Ditangkap! Pengasuh Ponpes di Mojokerto yang Cabuli Santriwati

Polres Mojokerto menangkap seorang pengasuh ponpes yang dilaporkan mencabuli santriwatinya beberapa kali.

Skandal Aborsi Aktor Kim Seon Ho dan Kisah Babybox di Korea Selatan

Penggemar drama Korea Selatan sedang dihebohkan dengan skandal aktor Kim Seon Ho yang mendorong kekasihnya untuk aborsi.

Covid-19 Melandai, Penumpang KRL Jogja-Solo Capai 5.488 Orang Per Hari

Jumlah penumpang KRL Jogja-Solo mengalami peningkatan signifikan imbas dari penurunan kasus harian Covid-19 di Kota Jogja dan Solo.

Melihat Produksi Ikan Asap di Sidoarjo Jatim, Terapkan Zero Waste

Memanfaatkan sisa sampah perut ikan untuk pakan lele

Lorong Misterius di Bawah Kodim Banyuwangi, Semisterius Apa?

Kodim 0825 Banyuwangi dulunya adalah kediaman warga Belanda, lorong bawah tanah diduga tempat persembunyian,