SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Harianjogja.com, SLEMAN-Anda penggemar sate klathak? Sate kambing khas Jogja. Nah, jika biasanya sate klathak bisa dinikmati di daerah Imogiri, Bantul, sekarang tidak perlu jauh-jauh.

Kini sate klathak khas Jejeran telah hadir di Sleman, tepatnya di Jalan Nologaten No 46 Depok, Caturtunggal, Sleman. Nama warungnya sate Pak Jede. Jika dari arah barat, sebelum Ambarrukmo Plaza belok ke kiri arah Pasar Nologaten. Tempat ini buka setiap hari mulai pukul 10.00-24.00 WIB.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sate klathak adalah sate yang ditusuk dengan jeruji besi. Ketika  dibakar daging berbunyi klathak-klathak. Inilah kenapa makanan ini terkenal dengan nama sate klathak.

Saya sudah pernah menikmati sate klathak Imogiri. Nah, sate klathak Pak Jede tidak kalah enaknya dan juga memiliki rasa yang khas.

“Dagingnya tidak  kering dan terkesan masih mentah,  tapi rasanya  bener–bener empuk serta tidak a lot,” tutur Rifki,  salah satu pelaggan saat ditanya Harianjogja.com pekan lalu.

Hal serupa diungkapkan Erwin yang baru kali ini menikmati sate klatahak Pak Jede. “Pokoknya rasanya mantep dan jos,” jelasnya.

Dari segi pengolahan, sate klathak memang  sedikit berbeda dengan sate yang biasa kita nikmati. Untuk mengolah sate klathak cukup sederhana tapi membutuhkan keahlian khusus.

Haris Hermawan, pengelola sate klathak Pak Jede, memaparkan mengolah sate klathak cukup merendam daging dengan air hangat yang sudah dicampur bawang. Lalu ditusuk pakai besi dan  dibakar tanpa dikasih kecap ataupun bumbu lain.

Sate ini disajikan dengan kuah gulai yang khas dan inilah sumber kenikmatannya. “Kuah gulai inilah yang menentukan rasa sate klathak,” papar pria asli jejeren tersebut.

Di tempat ini, aneka makanan daging kambing seperti sate, tengkleng, kicik dan tongseng dibanderol Rp14.000. Gulai cukup dibanderol Rp10.000,00. Bagi pencinta rasa pedas dapat mencoba kicik, makanan mirip tongseng tetapi ekstra pedas dan  airnya sedikit atau nyemek-nyemek . Anda tertarik?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya