SOLOPOS.COM - Ilustrasi pedagang bakso. (JIBI/Semarangpos.com/Dok.)

Kuliner Jateng diperkaya Apmiso Jateng dengan memperkenalkan bakso kerbau.

Semarangpos.com, SEMARANGAsosiasi Pedagang Mi dan Bakso Jawa Tengah mengenalkan makanan bakso yang terbuat dari daging kerbau kepada masyarakat. “Selama ini masyarakat sudah biasa dengan bakso sapi, kami mencoba mengenalkan bakso kerbau,” kata Ketua Apmiso Jateng Lasiman di Kota Semarang, Jumat (14/7/2017).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut dia, jika dilihat dari cakupan gizinya daging kerbau tidak jauh berbeda dengan daging sapi. “Saya kira kadar gizi antara daging sapi dan kerbau itu sama, rasanyapun tidak jauh beda,” ujarnya.

Ia menyebutkan bahwa pedagang bakso kerbau di Jateng sudah mulai banyak, terutama di daerah Kabupaten Demak. “Sudah ada beberapa teman yang berjualan bakso dengan bahan baku dari daging kerbau,” katanya.

Selain menambah ragam kuliner dan jenis bakso, tujuan Apmiso Jateng mengenalkan bakso kerbau itu untuk meningkatkan kesejahteraan peternak kerbau. “Dengan adanya bakso kerbau, para peternak tidak binging menjual kerbaunya karena bisa diolah menjadi bakso,” ujarnya.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyambut baik inovasi yang dilakukan sejumlah pedagang bakso yang mengolah daging kerbau. “Penggunaan bahan dasar tidak terbatas pada daging sapi melainkan juga memakai daging kerbau, ayam, kelinci, hingga ikan,” katanya.

Kendati demikian, Ganjar meminta anggota Apmiso Jateng selalu menjaga kualitas agar tidak ditinggalkan oleh pelanggannya. “Saya juga berharap pedagang bakso tetap menjaga integritas dalam mengolah produk dan menjaga keamanan pangan sehingga apa yang dikonsumsi oleh pelanggan dapat memberikan manfaat dan kesehatan,” ujarnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya