SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

[SPFM], Stasiun berita CNN baru-baru ini melansir 50 makanan terlezat didunia. Rendang dari Sumatra Barat serta nasi goreng menempati urutan pertama dan kedua makanan terlezat di dunia mengalahkan makanan-makanan populer seperti Neapolitan Pizza dari Italia atau Cheeseburger dari  Amerika Serikat.

Ekspedisi Mudik 2024

Survey itu dilakukan dengan menjaring lebih dari 35.000 suara melalui Internet. Hasil survei itu sendiri dimuat situs CNN, 7 September 2011. Selain rendang dan nasi goreng, sate, juga menjadi makanan terlezat di dunia nomor 14. Sebuah potensi yang layak untuk dimanfaatkan sebaik mungkin oleh Pemerintah untuk menunjang pariwisata tanah air.

Namun selama ini Pemerintah dinilai masih belum memaksimalkan potensi kuliner Indonesia. Rendang misalnya justru dipasarkan perusahaan Malaysia ke Belanda, bahkan bakal menembus pasar Eropa. Indonesia juga kalah langkah soal pematenan produk tempe yang diklaim oleh Jepang.

Padahal Indonesia dikenal sebagai surganya makanan lezat. Hampir tiap daerah punya jenis kuliner dengan kelezatan dan kekhasan masing-masing. Kuliner sendiri selama ini dikenal masuk sebagai intangible herritage alias warisan budaya tak benda.

Apa komentar Anda terkait hasil survey CNN ini?

Dari sekian banyak makanan asli Indonesia, apa saja yang menurut Anda layak dipatenkan?

Sampaikan pendapat dan komentar Anda melalui Dinamika 103 edisi  Senin (11/9) pukul 08.10-10.00 WIB dengan mengirim SMS ke 0817444103, 081226103103, atau telpon [0271] 739389, 739367, atau melalui akun facebook Soloposfm Solo Surakarta.  [SPFM/dtp]

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya