SOLOPOS.COM - Ilustrasi rica-rica Mbok Usrek Boyolali (Youtube SoloposTV)

Kuliner Boyolali rica-rica ayam Mbok Usrek, Gagak Sipat  bikin ketagihan ini layak dicoba.

Solopos.com, SOLO – Belakangan ini kuliner bercita rasa pedas tengah naik daun dan semakin banyak bermunculan. Salah satu kuliner bercita rasa pedas yang banyak digemari masyarakat adalah rica-rica ayam. Rica-rica ayam merupakan salah satu masakan khas Manado, Sulawesi Utara. Kata rica berasal dari bahasa Manado yang berarti cabai.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Meski berasal dari Manado, rasa khas rica-rica ternyata disukai oleh masyarakat yang tinggal di Pulau Jawa. Saking populernya, sajian ini bisa ditemukan dengan mudah di berbagai tempat, termasuk di Boyolali. Salah satunya warung rica-rica legendaris milik Mbok Usrek, di Boyolali.

Warung sederhana yang terletak di Dukuhan, Kelipan, Gagaksipat, Ngemplak, Boyolali ini dikelola Wahyono dan istrinya ini sejak 2004. Warung ini sengaja diberi nama Mbok Usrek, sesuai dengan nama paggilan masa kecil istri Wahyono.

Harga murah dan rasa masakan yang nampol alias enaknya pas membuat warung ini selalu ramai dikunjungi pembeli. Cukup dengan uang Rp5.000, pembeli sudah dapat menikmati rasa khas satu potong rica-rica ayam buatan Mbok Usrek. Saking ramainya, warung rica-rica ayam Mbok Usrek setiap hari buka mulai pukul 09.00-24.00 WIB.

“Saya sering banget makan di sini. Rasanya enak, harganya merakyat. Kondisi warungnya juga enak buat makan,” tutur Andi, salah seorang pembeli seperti terekam dalam video unggahan Solopos TV di akun Youtube SoloposTV, Selasa (31/1/2017).

Meski lokasinya tidak strategis, dalam sehari warung sederhana ini mampu menghabiskan 100 Kg daging ayam dan 60 Kg beras. Warung yang telah berdiri selama 13 tahun ini diurus sendiri oleh Wahyono bersama istri dan keempat anaknya. Menurut Wahyono, dalam sehari ia bisa meraup omzet sebanyak Rp5 juta.

“Sehari bisa habis satu kuintal ayam, 60 Kg beras. Cabai biasanya 7-8 Kg,” tutur Wahyono.

Video tersebut kemudian dibanjiri komentar para pengakses Internet (netizen). Beberapa dari mereka merasa heran dengan harga rica-rica ayam yang ada di warung Mbok Usrek.

“5000? walah2 amat2 murahh, semoga berkah selalu dahh. Ambil untung gx terlalu besar,” tulis akun Golek Receh.

“Tetanggaku satu dusun nih, makin laris ya Pak Wahyono dan Mbok Usrek,” imbuh akun Real Design.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya