SOLOPOS.COM - Ilustrasi nasi tiwul. (detikcom)

Kuliner Blitar yang cukup terkenal ialah masakan tradisional berupa nasi tiwul.

Madiunpos.com, BLITAR – Salah satu kuliner Blitar yang banyak diburu para pemudik Lebaran 2015 ialah nasi tiwul. Salah satu warung yang masih setia menjajakan menu nasi tiwul adalah Warung Betet Permai yang berada di lereng Gunung Betet, Kecamatan Sutojayan, Blitar. Warung ini sengaja menyajikan nasi tiwul sebagai menu utama kuliner Blitar.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Yoana, salah satu pemudik asal Blitar mengaku selalu menyempatkan menikmati nasi tiwul kesayangannya semasa kecil itu. Warga yang kini menetap di Bandung ini mengaku kangen makanan yang berbahan dasar ketela itu. “Harus itu mampir ke sini [warung nasih tiwul], nasi tiwulnya bikin kangen,” kata Yoana, 57, saat ditemui Detikcom di Warung Betet Permai, Senin (20/7/2015).

Nasi tiwul Warung Betet Permai dipadu dengan urap-urap, trancam (potongan kacang panjang dan mentimun di campur bumbu parutan kelapa), berbagai sayur blendi yang sangat pedas. Kemudian lauknya ada berbagai pilihan, dari gorengan ikan wader, lele dan jendil. Bagi yang belum tahu nasi tiwul ini, memang terkesan aneh.

Bahan baku nasi tiwul ialah ketela pohon yang sudah dikeringkan selama sepekan agar menjadi gaplek. Selanjutnya gaplek dihaluskan menjadi tepung. Setelah ditaburi garam dan gula merah, tepung tiwul kemudian dikukus selama setengah jam dan siap dihidangkan.

Fani, penikmat nasi tiwul dari Bengkulu, menilai nasi tiwul ini enak dan gurih. Meskipun baru kali pertama mencoba, ia mengaku menyukainya. “Saya baru kali ini mencobanya, gurih manis. Dipadu dengan sayur pedas dan ikan asin, jadi pas,” tambah Fany yang ikut suaminya mudik Lebaran 2015 ke Blitar ini.

Untuk menikmati satu piring nasi tiwul lengkap dengan lauk dan sayurnya, tak perlu dalam-dalam merogok kocek untuk menebusnya dengan nilai Rp10.000/porsi. Murah bukan? Di sepanjang lereng Gunung Betet juga banyak ditemui warung yang menjajakan aneka kuliner tradisional. Bagi yang enggan mencoba nasi tiwul, ada juga nasi jagung sebagai alternatif kuliner Blitar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya