SOLOPOS.COM - Annis Wijayanti menunjukkan menu tongseng ikan (JIBI/Harian Jogja/Joko Nugroho)

Annis Wijayanti menunjukkan menu tongseng ikan (JIBI/Harian Jogja/Joko Nugroho)

SLEMAN—Masakan ikan air tawar kini mulai banyak peminat. Berbagai macam kreasi masak ikan budidaya ini juga mulai tercipta, mulai dari bakar, goreng hingga asam manis. Namun ada yang lain di Rumah Makan Sido Mekar. Mereka menciptakan tongseng ikan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Hampir tiga tahun berdiri, Sido Mekar kini punya menu andalan tongseng ikan Gurami dan Nila. Bumbu tongseng ini juga tidak jauh berbeda dengan tongseng daging sapi atau kambing.

Pemilik Rumah Makan Sido Mekar, Annis Wijayanti mengatakan, menu tongseng ikan Nila dan Gurami ini tercipta dua tahun silam. Awalnya idenya itu dicoba karyawan Sido Mekar untuk dikonsumsi sendiri karena bosan dengan masakan yang sudah ada.

“Karena saya rasa enak dan hanya perlu memperbaiki penyajian saja, saya beranikan untuk memasukkan dalam menu. Rupanya banyak sekali peminat tongseng ikan ini,” kata Annis di Rumah Makan Sido Mekar, Sleman, Selasa (11/9).

Kini, menu tongseng ikan ini semakin diminati pelanggan Sido Mekar. Keunggulan tongseng ikan Gurami dan Nila ini terletak pada kandungan kolesterol yang minim. Sebab cara memasak tongseng ini tidak memakai santan sedikitpun. Bahan santan diganti dengan kemiri yang memiliki kekentalan dan rasa gurih yang hampir sama dengan santan.

Satu porsi tongseng ikan Gurame dibanderol seharga Rp45.000 dengan ikan seberat tujuh ons. Satu porsi bisa disantap tiga orang.

“Kalau ikannya kecil bisa lebih murah lagi. Untuk ikan tiga ons harganya Rp20.000 per porsi,” kata Annis.(ali)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya