SOLOPOS.COM - Tom Yam

Captain Black Canyon Coffe, Ruri Wulandari memperlihatkan Pad Thai, Kamis (20/12/2012).

“Sawas dee krap, sawas dee kha.” Sapaan dalam bahasa Thailand yang artinya selamat datang untuk laki-laki dan perempuan tersebut keluar dari mulut pegawai Black Canyon Coffee ketika pengunjung masuk ke restoran di Solo Paragon Mall tersebut. Resto itu menyajikan masakan khas Thailand.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Selain Black Canyon Coffee, ada restoran Phuket yang terletak di Jl Ir Sutami 120, Jebres, Solo yang jadi alternatif untuk menikmati masakah Thailand.

Jangan khawatir, masakan Thailand di kedua restoran tersebut harganya masih terjangkau dan halal. Asisten Manajer Phuket, Wiwi, dan Captain Black Canyon Coffe, Ruri Wulandari, kepada Espos, Kamis (20/12), menjamin kehalalan masakan.

Asisten Manajer Restoran Phuket, Wiwi menyajikan sup Tom Yam, Kamis (20/12/2012).

Lantas bagaimana soal rasanya apakah benar-benar mirip masakan yang dibuat di Thailand? Menurut pemilik Black Canyon Coffee, Martono, pengunjung yang pernah ke Thailand mengaku masakan di Black Canyon Coffee berasa seperti di Thailand.

“Karena bumbu yang kami gunakan memang kami pesan langsung dari Thailand sehingga masakan yang disajikan sama seperti aslinya,” terang Martono kepada Espos.

Karena mendapat referensi dari teman yang pernah menikmati masakan dari Negeri Gajah Putih, Espos langsung menanyakan menu pad thai.

Ternyata pad thai, menurut Ruri Wulandari, menjadi menu favorit dan direkomendasikan untuk dicoba. “Rasa yang paling dominan dari pad thai ini adalah manis. Agar pengunjung tidak terkejut, selalu kami sampaikan di awal pemesanan,” terang Ruri, sapaan perempuan berjilbab ini kepada Espos.

Pad thai adalah masakan yang menjadi ikon Thailand setelah sup tom yam. Pad thai, satu-satunya makanan yang menggunakan kata thai di belakangnya ini tidak lain adalah kuetiauw goreng khas Thailand.

Pad dalam bahasa Thai memang berarti goreng. Bedanya, pad thai menggunakan mi gepeng tidak selebar mi di kuetiauw. Yang sama adalah memakai taoge dan kucai.

Tom Yam

Selain itu, pad thai yang disajikan di Black Canyon Caoffe diisi udang, tahu kuning padat yang diiris kecil-kecil dan telur yang diorak-arik. Selain taoge yang tidak dicampur, ada juga taburan kacang tanah goreng yang ditumbuk kasar serta jeruk nipis.

Makanan lainnya adalah tom yam berisi udang (tom yam goong), tom yam berisi daging ayam (tom yam gai) dan tom yam berisi udang, cumi-cumi, kerang, bakso ikan dan jamur atau seafood (tom yam talae).

Menurut Asisten Manajer RM Phuket, Wiwi, didampingi kepala koki, Ngatman, tom yam memiliki ciri khas rasa asam pedas. “Sup tom yam paling banyak yang pesan terutama yang seafood,”  tutur Wiwi ketika ditemui Espos, di RM Phuket, Kamis.

Untuk melengkapi makan pad thai, pengunjung bisa memesan minuman teh hijau atau teh asli Thailand yang dicampur susu atau yang biasa disebut teh tarik. Minuman ini bisa disajikan hangat atau dicampur es.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya