SOLOPOS.COM - FH UKSW adakan kuliah umum bahas tantangan dan peluang G20. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO-Pusat Studi Hukum Ekonomi (PSHE) Fakultas Hukum (FH) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW)  Salatiga menyelenggarakan kegiatan Kuliah Umum mengangkat tema Peluang & Tantangan G20 dalam Transformasi Ekonomi Berbasis Digital dan Transisi Menuju Energi Berkelanjutan, belum lama ini.

Kegiatan yang diikuti sedikitnya 200 peserta ini diadakan secara online dengan platform Zoom Meeting. Kegiatan dibuka oleh Dekan FH UKSW Salatiga Dr. Marihot J. Hutajulu, S.H., M.Hum., yang juga sekaligus menjadi moderator.

Kuliah umum FH UKSW ini menghadirkan Duta Besar Indonesia untuk Austria Dr. (iur). Damos Dumoli Agusman, S.H., M.A. sebagai narasumber tunggal. Dalam sambutannya, Dekan  FH UKSW Dr. Marihot J. Hutajulu mengucapkan terima kasih karena Dr. (iur) Damos Dumoli Agusman berkenan berbagi pengalaman dan pengetahuan bagi semua peserta. Dirinya berharap dari kuliah umum ini mahasiswa mendapatkan tambahan pengetahuan dibidang hukum dan juga hubungan internasional.

Baca Juga: Dua Prodi FTI UKSW Berhasil Raih Predikat Akreditasi Unggul

Menurut Marihot J. Hutajulu tema yang diangkat dalam kuliah ini dipilih melihat pesatnya perkembangan yang terjadi di dunia internasional, yaitu isu mengenai G20. Dalam kesempatan ini, narasumber memaparkan tujuh isu penting menyambut G20 antara lain selayang pandang perkembangan, posisi strategis, capaian signifikan, presidensi Indonesia, peluang dan tantangan presidensi Indonesia dan juga isu tentang Ukrania.

Salah satu poin yang dikupas dalam kuliah umum FH UKSW itu adalah posisi Indonesia sebagai satu-satunya negara ASEAN yang menjadi anggota G20. Menurut Dr. (iur). Damos Dumoli Agusman, dengan posisi ini Indonesia memiliki kesempatan untuk menunjukkan kepemimpinannya dalam hal pemulihan ekonomi global.

Baca Juga: 3 Robot R2C Karya Mahasiswa UKSW Melenggang ke KRI Tingkat Nasional

“Selain itu, Indonesia di G20 dapat menunjukkan berbagai kemajuan yang telah dicapai kepada dunia dan menjadi titik awal pemulihan keyakinan pelaku ekonomi pasca pandemi, baik dari dalami dan luar negeri,” papar Dr. (iur). Damos Dumoli Agusman dikutip dari siaran pers yang diterima Solopos.com pada Kamis (30/6/2022).

Baca Juga: Komitmen Pemenuhan SDGs, UKSW Masuk RankingTimes Higher Education

Terakhir, Dr. (iur). Damos Dumoli Agusman yang merupakan lulusan dari Goethe University of Frankfurt ini menyebut di sisi lain ada sejumlah tantangan yang dihadapi Indonesia. Tantangan tersebut diantaranya adalah dalam hal transformasi digital yang melahirkan digital talent gap yang perlu ditangani. Selain itu juga tentang sustainable energy transition yang memerlukan upaya inovatif seperti green bonds dan komitmen dana investasi untuk mendukung proyek energi terbarukan.

 

Rekomendasi
Berita Lainnya