Kuliah Perdana UNS Solo Via Zoom: Mahasiswa Harus Kuasai 16 Keterampilan, Apa Saja?
Tangkapan layar kuliah perdana UNS Solo melalui aplikasi Zoom, Senin (31/8/2020). (Solopos/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO — Universitas Sebelas Maret atau UNS Solo menggelar kuliah perdana tahun ajaran 2020/2021 secara online melalui aplikasi Zoom dan siaran langsung melalui Channel Youtube UNS, Senin (31/8/2020).

Rektor UNS Solo, Jamal Wiwoho, menyampaikan materi Kampus Merdeka & Merdeka Belajar, pembelajaran daring, dan pemeringkatan UNS. Jamal menjelaskan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan telah mengeluarkan lima paket kebijakan yang terkenal dengan Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka sejak awal tahun.

Kebijakan atau ide besar tersebut menghadapi tantangan yakni penguasaan keterampilan oleh mahasiswa. “World Economic Forum yang berlangsung di Dubai Maret 2015 fokus pada pendidikan. Mereka merilis paper [penelitian] keterampilan yang penting untuk abad 21,” katanya.

Hore! Bus Trans Jateng Solo-Sangiran-Sumberlawang Gratis 9 Hari Mulai Besok

Jamal dalam kuliah perdana UNS Solo itu menyampaikan ada 16 keterampilan yang terbagi dalam tiga bidang. Semuanya dengan proses pembelajaran yang berfokus pada pembangunan literasi dasar, pengembangan kompetensi, dan dampak dalam kualitas karakter.

Menurut Jamal, mahasiswa dapat menerapkan literasi, literasi numerik, literasi keilmuan, literasi teknologi informasi dan komunikasi, finansial, dan literasi budaya. Mahasiswa membutuhkan kompetensi untuk dapat berpikir kritis dan memberikan solusi, kreatif, komunikasi, dan kemampuan bekerja sama mencapai tujuan.

Selanjutnya, kualitas karakter mahasiswa dalam menghadapi keadaan lingkungan yang selalu berubah dengan memiliki rasa ingin tahu, inisiatif. Juga kegigihan, kemampuan beradaptasi, kepemimpinan, dan memiliki kepedulian sosial.

13 Warga Manahan Solo Positif Virus Corona, Tertular Pasien Yang Meninggal

Pembelajaran Yang Relevan

“Implementasi merdeka belajar setidaknya ada pembelajaran yang relevan dengan dunia usaha. Ada hak tiga semester selain program studi bagi mahasiswa,” paparnya.

Dalam kuliah perdana UNS Solo yang berlangsung online itu, Jamal juga menyampaikan delapan contoh kegiatan belajar untuk mewujudkan merdeka belajar.

Contoh tersebut seperti program pertukaran pelajar yang berbeda program studi maupun berbeda kampus. Juga program magang, asistensi mengajar pada satuan pendidikan, penelitian, kegiatan wirausaha, proyek independen, dan membangun desa melalui kegiatan kuliah kerja nyata tematik.

Positif Covid-19, Kepala MTs Negeri 2 Solo Meninggal Dunia

Jamal menjelaskan dalam pembelajaran dalam jaringan (daring), kampus memberikan fasilitas dan perkuliahan berjalan sesuai jadwal. Kegiatan kuliah dua satuan kredit semester (SKS) dengan gambaran materi 30 menit, perkuliahan panggilan tatap muka video atau presentasi 40 menit, dan diskusi selama 30 menit.

Pada sesi terakhir kuliah perdana itu, Jamal membagi informasi pemeringkatan UNS Solo yang menurut Uni Rank masuk delapan besar. Kemudian menurut Rank Web of Universities masuk 10 besar, dan menurut Klasterisasi Pendidikan Tinggi Kemendikbud masuk 11 besar.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom