Tutup Iklan

Kudus Mulai Aman Covid-19, Kamar Hotel Terisi Tamu

Tingkat hunian kamar hotel di Kabupaten Kudus mulai naik sepekan terakhir dari 15 persen menjadi 60 persen, menyusul penurunan kasus Covid-19. 

 Ilustrasi hotel di Kabupaten Kudus. (Antara)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi hotel di Kabupaten Kudus. (Antara)

Solopos.com, KUDUS — Tingkat hunian kamar hotel di Kabupaten Kudus mulai naik sepekan terakhir dari 15 persen menjadi 60 persen, menyusul penurunan kasus Covid-19.

“Kenaikan hunian hotel berlangsung sejak Kudus mengalami penurunan level penerapan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) dari level empat menjadi level tiga dan kini turun lagi menjadi level 2,” kata Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kudus Tri Suyitno, seperti ditulis Antara, Minggu (29/8/2021).

Hal tersebut, mendorong masyarakat dari berbagai daerah mulai berani berkunjung ke Kudus untuk berbagai kepentingan. Mulai dari kepentingan bisnis hingga wisata, ini membuat tingkat hunian kamar hotel di Kudus pun saat ini merangkak naik secara bervariasi.

Baca Juga : Petani Kudus Minta Alat Pengolah Cabai Bubuk

Terlebih lagi sejak Kudus menerapkan PPKM level 2 semua objek wisata diperbolehkan buka dengan protokol kesehatan ketat, sehingga nantinya juga akan berdampak pada hunian hotel.

Ia berharap tingkat vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Kudus juga semakin meningkat agar secepatnya bisa tercapai herd immunity sehingga bisa menjadi ajang promosi masyarakat luar daerah.

Penerapan efisiensi pengelolaan hotel, katanya, masih diberlakukan karena kondisinya saat ini baru pulih 30-an persen, karena tingkat hunian di hotel yang dikelola juga belum mencapai angka 50 persen.

Baca Juga : RS di Kudus Mulai Nonaktifkan Ruang Isolasi Covid-19

Sales Marketing Manager Hotel @Hom Kudus by Horison, Tika Encim, mengakui sejak sepekan terakhir tingkat hunian hotel memang melonjak menjadi 60 persen. Hal itu tidak terlepas dari penanganan kasus Covid-19 di Kabupaten Kudus yang saat ini tingkat temuan kasusnya semakin menurun, sehingga Kudus pun melaksanakan PPKM level dua.

Meskipun semua tempat wisata sudah dibuka, mayoritas tamu yang menginap saat ini merupakan tamu bisnis yang memang memiliki kepentingan bisnis di Kabupaten Kudus.

Promosi juga mulai digencarkan dengan sasaran instansi pemerintah yang biasanya memiliki agenda kegiatan yang membutuhkan ruangan berukuran luas. Jika tingkat hunian kamar mulai meningkat, untuk restoran masih belum pulih secara signifikan karena kelonggaran aturan juga belum lama berlaku.

Meskipun ada kelonggaran, penerapan protokol kesehatan mulai dari mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan tetap diberlakukan untuk semua tamu, termasuk pengunjung restoran.


Berita Terkait

Berita Terkini

Ditinggal Suami Merantau, Istri Main Serong dengan Oknum Polisi Pati

Seorang TKI asal Pati melaporkan oknum polisi dari Polsek Cluwak, Pati dengan tuduhan berselingkuh dengan istrinya sejak saat ia merantau ke Jepang.

Mbah Minto yang Tebas Pencuri Ikan Dituntut 2 Tahun Penjara

Pengacara Mbah Minto menilai tuntutan JPU tak mempertimbangkan hukum sebab akibat. Apalagi usia Mbah Minto sudah sepuh.

Tuntut UMK Naik 16%, Buruh Jateng Ancam Geruduk Istana Presiden

Massa dari Aliansi Buruh Jawa Tengah (Jateng) menggelar aksi unjuk rasa atau demo menuntut UMK Jateng 2022 naik 16%.

Pemkab Grobogan Ajukan Raperda Yang Berlaku 30 Tahun, Tentang Apa?

Pemerintah Kabupaten Grobogan mengajukan rancangan peraturan daerah (Raperda) yang masa berlakunya 30 tahun ke DPRD Grobogan.

Hutan Pinus Sigrowong, Wisata Temanggung yang Bikin Hati Tenang

Hutan pinus Sigrowong di Desa Gesing, Kecamatan Kandangan, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah merupakan tempat wisata yang membuat hati dan pikiran tenang.

Diburu! Sopir Truk Tronton yang Picu Kecelakaan Karambol di Salatiga

Aparat Polres Salatiga saat ini tengah memburu sopir truk tronton yang menyebabkan kecelakaan karambol di Jalan Lingkar Selatan atau JLS Salatiga.

Gas Pol, Baznas dan Korpri Banjarnegara Gelar Vaksinasi Sasar 700 Warga

Baznas sekaligus mendistribusikan bantuan sembako untuk masyarakat kurang mampu yang hadir. Bentuknya bahan makanan pokok seperti beras, minyak, dan gula.

Tanggul Sungai Jebol, Desa di Kudus Tergenang Banjir

Sejumlah desa di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah (Jateng), tergenang banjir akibat meluapnya Sungai Dawe akibat hujan lebat pada Selasa (30/11/2021) dini hari.

Penipuan Modus Gendam di Semarang Diungkap, Korban Rugi Rp3 Miliar

Aparat Ditreskrimum Polda Jateng menangkap tersangka sindikat penipuan dengan modus gendam yang menggasak uang korbannya di Semarang mencapai Rp3 miliar.

Legenda Syekh Subakir & Asale Gunung Tidar Pakunya Tanah Jawa

Asale Gunung Tidar yang disebut sebagai paku bumi di Tanah Jawa diyakini berkaitan dengan sosok ulama bernama Syakh Subakir.

Misteri Gunung Tidar: Pakunya Tanah Jawa

Gunung Tidar yang berlokasi di Magelang, Jawa Tengah, diyakini sebagai paku bumi Tanah Jawa.

Jateng Belum Berniat Tutup Tempat Wisata saat Libur Nataru

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah atau Pemprov Jateng belum berencana menutup destinasi wisata di wilayahnya saat libur akhir tahun atau Nataru nanti.

Dua Pekan Operasi Zebra Candi 2021, 605 Kecelakaan Terjadi di Jateng

Ditlantas Polda Jateng mencatat selama dua pekan pelaksanaan Operasi Zebra Candi 2022 terdapat 605 kejadian kecelakaan di Jateng, dengan jumlah korban meninggal mencapai 31 orang.

Kronologi Kecelakaan Karambol Salatiga yang Sebabkan 1 Polisi Meninggal

Kecelakaan maut berupa tabrakan karambol terjadi di Jalan Lingkar Selatan (JLS) Kota Salatiga, Jawa Tengah (Jateng), Senin (29/11/2021) malam.

Kecelakaan Karambol di Salatiga, Truk Tabrak 5 Mobil, 1 Meninggal

Kecelakaan karambol yang melibatkan truk dan lima kendaraan lain terjadi di Jalan Lingkar Selatan atau JLS Salatiga, Senin (29/11/2021) malam.